menjadi orang sukses
Foto : pixabay.com

8 Keahlian yang Perlu Kamu Miliki Jika Ingin Menjadi Orang Sukses dan Kaya

Hai, Takaiters!

Meskipun berhasil menggapai pendidikan tinggi, kalian tetap membutuhkan beberapa keahlian khusus atau soft skill jika ingin menjadi orang sukses atau kaya. Keahlian ini berbeda dengan hard skill yang memang bisa dipelajari di sekolah atau kampus.

Soft skill merupakan keahlian yang lebih bersifat individual, bahkan tidak ada satupun lembaga pendidikan formal yang mengajarkannya. Pengetahuan ini justru lebih sering didapat melalui pengalaman dan praktik secara langsung.

Yuks, simak keahlian yang perlu kita miliki untuk menjadi orang sukses dan kaya, Takaiters!

1. Mempengaruhi orang

menjadi orang sukses
Foto : pixabay.com

Syarat utama yang harus bisa kalian penuhi untuk mewujudkan cita-cita sebagai orang sukses dan kaya adalah kemampuan dalam mempengaruhi orang lain. Tapi tentu saja, saran ini bukan bermaksud mengajak menipu atau melakukan tindakan negatif lainnya. Misalnya minta dukungan dari keluarga saat ingin menjalankan bisnis atau mengajak investor untuk bekerja sama membangun suatu usaha.

2. Membaca pikiran orang lain

Ken McElfroy merupakan seorang CEO dari MC Companies. Melalui Linkedlin, dia mengasih saran untuk belajar membaca pikiran orang lain jika ingin sukses.

Caranya adalah dengan mempertajam insting, sehingga dapat lebih mengenal siapa saja yang pantas jadi teman bisnis, mitra kerja, konsumen dan sebagainya. Agar bisa menguasai keahlian ini, kalian harus bisa mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka.

3. Jiwa kepemimpinan

Jiwa kepemimpinan yang baik akan mengantarkan kalian menjadi sosok sukses saat menekuni suatu bidang. Aspek ini mengutamakan kemampuan dalam membuat keputusan.

Terutama ketika menghadapi masalah sulit, datang secara tiba-tiba dan berpengaruh besar terhadap banyak orang. Ketika menjadi ketua atau kepala suatu lembaga, keahlian ini merupakan kebutuhan penting.

4. Memanfaatkan orang

Maksud dari pernyataan ini adalah mencari orang yang bisa membantu kalian untuk mengembangkan karir atau bisnis. Entah itu sahabat dekat, teman kerja, orang yang memiliki channel pemasaran, keluarga dan sebagainya. Jangan sungkan minta tolong pada mereka dengan tetap menaati aturan yang ada dan hindari praktik KKN.

5. Komunikasi

keahlian yang dimiliki menjadi orang sukses
Foto : pixels.com

Kemampuan berkomunikasi dapat membantu kalian untuk maju dan berkembang. Caranya, belajarlah memposisikan diri sebaik mungkin dalam berbagai kondisi dan situasi. Misalnya mengetahui kapan harus bicara sopan, santai atau menentukan waktu terbaik untuk mengemukakan pendapat.

Selain itu pelajari pula bagaimana cara mengetahui gaya bicara orang lain, bahasa tubuh, melakukan negosiasi, bicara di depan orang banyak dan sebagainya. Selain itu yang tak kalah penting, dapat tampil sebagai pendengar yang baik ketika ada yang ingin bicara dengan kalian.

6. Menyelesaikan masalah

Kemampuan dalam menyelesaikan masalah merupakan keahlian yang selalu jadi syarat utama saat ada perusahaan yang ingin mencari karyawan baru. Karena itu rajinlah berlatih menghadapi berbagai masalah dengan tenang, tanpa menimbulkan kekalutan dan ketakutan pada rekan kerja. Kemudian apabila punya bisnis sendiri, usahakan agar masalah tersebut tidak membuat bawahan jadi bingung.

7. Mempelajari hal-hal baru

Ketika bekerja di perusahaan atau menjalankan bisnis sendiri, kalian harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan bersedia mempelajari hal-hal baru. Melalui langkah ini, kalian akan mempunyai daya kritis yang tinggi dan keberanian untuk berkreasi. Selain itu juga lebih mudah menemukan cara kerja secara lebih fleksibel dan hemat dari segi waktu maupun biaya.

8. Berani berkata tidak

Berikutnya yang terakhir, kalian harus memiliki keberanian berkata tidak. Misalnya ketika ada yang mengajak melakukan kegiatan yang kurang memberi manfaat baik atau hanya membuang waktu saja, jangan sungkan untuk menolak. Kalian bisa menjadi orang sukses jika pintar mengatur waktu dan memilih kegiatan yang punya nilai manfaat tinggi.

Nah, dari soft skill diatas, apakah sudah kamu miliki, Takaiters?