Hai, Takaiters!

Musim hujan belum usai, bahkan curah hujan semakin intens mengguyur negeri kita tercinta ini. Pada musim hujan tentunya kamu akan merasakan udara yang dingin. Dinginnya udara akan membuat perut mudah sekali terasa lapar. Namun, tidak semua jenis makanan akan nikmat di santap di musim hujan. Makanan yang terasa nikmat disantap adalah makanan yang berkuah hangat. Yuk, kita intip makanan apa saja yang berkuah hangat dan lezat yang cocok di santap di musim hujan ini?

Bakso

Foto: masakapahariini.com

Kamu pastinya tidak asing lagi dengan makanan ini. Bakso menjadi makanan favorit saat musim hujan tiba. Kuahya yang gurih dengan rempah-rempah khas kuah bakso sangat menggoda selera untuk disantap. Apalagi jika disajikan panas dengan pelengkap kerupuk sangat yummy untuk disantap. Baksonya yang mantul dengan rajangan-rajangan khas dalam membuat lidah bergoyang. Tidak hanya nikmat disantap pada musim dingin, bakso juga tetap nikmat disantap pada cuaca apa pun.

Soto

Foto: masakapahariini.com

Ada banyak sekali varian soto yang ditemui di negeri ini. Seperti soto medan, soto Betawi, soto Sukaraja, soto Lamongan, soto Makasar, soto mi Bogor, soto tauco Pekalongan, soto lenthok, soto Kudus, soto Banjar, juga soto Madura. Semua jenis soto pada dasarnya sama yaitu sama-sama berkuah dan nikmat saat di santap di musim hujan. Kuah soto itu sendiri beragam. Ada soto yang kuahnya bening tanpa santan, ada soto yang kuahyna menggunakan santan encer dan juga santan kental. Untuk isinya biasanya disesuaikan dengan selera ada yang menggunakan ayam, daging, sayuran dan mie.

Sop

Foto: food.detik.com

Sop juga sangat nikmat disantap pada musim hujan, apalagi jika disajikan saat masih hangat. Sop yang selalu jadi favorit biasanya adalah sop iga, sop ayam, dan sop buntut. Kuah sop lebih segar dibandingkan kuah soto dan bakso apalagi isiannya banyak sekali sayurannya pastinya terasa lebih segar untuk disantap.

Mi Rebus

Foto: pengusahasukses.com

Mi instant rebus selalu jadi alternatif pilihan menu favorit saat musum hujan. Apalagi bagi yang malas ribet memasak di dapur atau keluar rumah untuk beli bakso atau soto. Biasanya bagi ibu-ibu akan selalu menyediakan mie instant di lemari dapurnya.

Bakmi Godog

Foto: idntime.com

Hampir sama dengan mi rebus, bedanya bakmi godog di masak dengan rempah-rempah yang di racik sendiri. Memasaknya dilengkapi dengan sayuran, telur dan irisan ayam. Sangat menggoda selera jika disantap saat masih panas dan pedas.

Tongseng

Foto: jawapos.com

Hampir sama dengan gulai, hanya saja bumbu rempahnya lebih tajam. Tongseng biasanya menggunakan daging kambing yang masih melekat pada tulang. Namun, ada juga yang menggunakan daging sapi atau iga sapi. Tongseng memiliki kuah yang kental dengan diberi kecap. Isiannya ada kol, tomat, dan sayuran lainnya. Saat masih panas tongseng sangat nimat disantap apalagi di musim penghujan ini.

Tekwan

Foto: idntime.com

Tekwan adalah masakan khas palembang yang terbuat dari daging ikan dan tapioka yang di bentuk menjadi bulatan kecil atau pipih. Kuah tekwan menggunakan kuah udang dengan rempahnya yang khas. Pelengkap tekwan adalah soun dan jamur. Tekwan sangat nikmat jika disantap saat masih hangat.

Gorengan

Foto: masakapahariini.com

Ternyata yang tidak berkuah juga enak disantap saat musim hujan. Apa itu? Gorengan, yup, gorengan bermacam-macam jenisnya ada tempe mendoan, bakwan, ubi goreng, pisang goreng, cucur dan lainnya. Gorengan memang lebih nikmat disantap saat masih hangat. Pas sekali jika dinikmati saat musim hujan tiba dengan secangkir teh yang menemaninya.

Takaiters, musim hujan begini sudah tidak bingung lagi, kan, jika perut keroncongan karena minta diisi? Banyak alternatif makanan-makanan yang lezat yang bisa menghangatkan badan sekaligus mengganjal perut yang lapar. Yup, kamu bisa memilih sesuai selera kamu, Guys.