Hallo, Takaiters!

Sumatra Barat tidak hanya memiliki ragam kuliner yang memanjakan lidah, namun juga keindahan alam yang masih asri dan belum banyak terjamah. Jika Takaiters pencinta keindahan dan suka dengan ketenangan yang damai mungkin danau bisa menjadi alternatif destinasi wisata yang akan dikunjungi. Pada kesempatan ini Takaitu akan berbagi informasi tentang 8 danau nan eksotik di Sumatra Barat yang sayang untuk dilewatkan bila kamu sedang berkunjung ke sana.

1. Danau Singkarak

Foto: history.com

Danau Singkarak adalah danau terluas di Sumatra Barat terbentang antara dua Kabupaten, yaitu Solok dan Tanah Datar. Berjarak sekitar 70 km dari kota Padang. Dengan luas sekitar 1.000 hektar berada di ketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut.

Dari sini ikan bilih yang terkenal lezat berasal. Ikan endemik yang cuma ada satu di Indonesia. Danau Singkatan juga menjadi Icon Sumatra Barat dalam perhelatan akbar TdS. Bagi pecinta sepeda juga bisa mengikuti event tahunan terbesar Sumatra Barat, Tour de Singkarak atau disingkat TdS, event balap sepeda yang digabungkan dengan pariwisata.

2. Danau Maninjau

Foto: pesona.travel

Danau ini terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat ini merupakan danau terbesar kedua di Ranah Minang. Berjarak sekitar 36 km dari Bukit Tinggi, berada di ketinggian 461 m di atas permukaan laut. Terkenal juga dengan Puncak Lawang dan Kelok Ampek-ampek atau 44. Sebelum menikmati keindahan danau ini, kamu akan menemukan tikungan tajam yang berjumlah 44 yang cukup memompa adrenalin.

Birunya langit yang dihiasi arak-arakan awan putih, perbukitan yang memagari danau, bentangan persawahan penduduk bak permadani, sungguh lukisan alam yang keindahannya tiada tara. Yang menawarkan ketenangan dan kesejukan luar biasa sehingga menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat rutinitas. Di sini juga terdapat makanan khas yaitu pensi, sejenis kerang air tawar yang berukuran kecil.

3. Danau Diatas

Foto: padang.tribunnews.com

Terletak di Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Danau Diatas tidak sendirian, ia mempunyai kembaran yakni Danau Dibawah yang berjarak sekitar 300 m. Sangat mudah dijangkau karena terletak pinggir jalan Padang Muara Labuh.

4. Danau Dibawah

Foto: klcbs.net

Walau berada dekat dengan kembarannya namun Danau Dibawah berada lain kecamatan, tepatnya di Nagari Bukit Sileh Kecamatan Lembang Jaya. Danau ini mempunyai luas 1,690 meter persegi dengan kedalaman 886 meter, cukup dalam untuk ukuran sebuah danau. Di kelilingi banyak bukit menjadikan danau ini lebih sulit dijangkau dari pada kembarannya. Namun keindahannya masih bisa dinikmati.

5. Danau Talang

Foto: buletintravel.com

Berada di kawasan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Pengunjung danau ini masih sedikit dibanding danau lainnya, namun justru hal ini kita dapat menikmati suasana tenang dan keindahan danau.

6. Danau Biru

Foto: wisatatren.com

Terletak di Parambahan Tumpuak Tangah, Talawi, Sawah Lunto. Danau yang terbentuk karena bekas pertambangangan batu bara ini terjadi karena ceruknya terisi air hujan dan uniknya terlihat seperti danau alami dengan warna airnya yang biru.

7. Danau Ajaib Tarusan Kamang

Foto: ksmtour.com

Terletak di kaki Bukit Panjang di antara dua Jorong yakni, Jorong Bukik Babukik dan Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak Kecamatan Kamang Magek, kabupaten Agam. 17 km dari Kota bukit Tinggi. Hal unik dari danau ini, air bisa surut sewaktu-waktu tanpa diketahui sebabnya, berbagai biota yang hidup hilang bersama surutnya air.

8. Danau Laut Tinggal

Foto: echopedian.blogspot.com

Terletak di Jorong Sitabu, Nagari Rabi Jonggor , Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat. Berdasarkan ekspedisi yang dilakukan peneliti dari Jerman, yang bernama Dr. Renata Rabenstern dan Herwig Zahorka, di mana mereka mengetahui dari pantauan setelit bagian utara Sumatra Barat terlihat adanya danau yang belum terjamah. Penelitian ini mendokumentasikan Pemandangan yang indah dan hujan tropis yang masih perawan. Berada pada ketinggian 1.940 meter dari permukaan laut.

Nah! Demikianlah ulasan Takaitu tentang 8 danau nan eksotik di Sumatra Barat, tertarik untuk mengunjungi salah satunya? Kamu akan disambut hangat dan dimanjakan dengan wisata kulinernya, berani mencoba?