Hai, Takaiters!!

Bulan Ramadan akan segera tiba. Seluruh umat muslim di dunia siap menyambutnya dengan suka cita. Maka tidak heran jika di berbagai negara melakukan penyambutan yang luar biasa menjelang bulan Ramadan.

Namun percayalah, Guys!  Hanya di negara kita lah kamu bakal menemukan tradisi-tradisi unik dalam menyambut bulan Ramadan di setiap daerahnya.

Tradisi apa sajakah itu?  Simak, yuk, Guys!

1. Munggahan

Foto: fimela.com

Masyarakat Islam suku Sunda menyambut datangnya Ramadan dengan munggahan, acara ini dilakukan akhir bulan Syakban. Bentuk pelaksanaannya umumnya berkumpul bersama keluarga, kerabat atau teman hanya sekadar untuk makan bersama, berdoa bersama atau mengunjungi tempat wisata, berziarah ke makam orang tua. Tradisi ini bertujuan untuk rasa syukur kepada Allah.

2. Meugang

Foto: news.detik.com

Tradisi unik meugang ini dilakukan oleh masyarakat Nangroe Aceh Darusslam, di gelar dengan menyembelih kambing atau sapi sebelum memasuki bulan Ramadan, lalu mereka memakannya bersama-sama, tradisi ini dilakukan oleh seluruh masyarakat, jika ada yang tidak mampu maka mereka akan bergotong-royong untuk membantu.

3. Jalur Pacu

Foto: zipoer7.wordpress.com

Jalur pacu merupakan tradisi menyambut bulan Ramadan di provinsi Riau. Mereka mendayung perahu mirip dengan lomba, di gelar di sungai-sungai yang ada di Riau, menggunakan perahu tradisional.
Tradisi ini paling seru karena perahu tradisional dihiasi dengan berbagai macam hiasan warna-warni sehingga menambah semarak suasana. Mereka sangat antusias dan bersukacita terlihat dengan banyaknya warga yang ada di pinggir sungai dan yang ikut menjadi peserta.

4. Balimau

Foto: ngeksplore.com

Balimau adalah tradisi yang unik masyarakat Minangkabau untuk menyambut datangnya Ramadan. Balimau adalah acara mandi bersama-sama di tempat pemandian atau di aliran sungai yang memakai limau atau jeruk nipis. Konon katanya, sebelum mengenal sabun, masyarakat Minangkabau memakai limau untuk membersihkan diri.

5. Nyorog

Foto: merahputih.com

Nyorog merupakan tradisi masyarakat Betawi untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan, nyorog ini membagi bagikan makanan kepada orang terdekat, tradisi ini sudah berlangsung sejak zaman dahulu. Tujuannya mempererat silaturahmi menjelang puasa dan saling mengingatkan bahwa Ramadan akan segera datang.

Biasanya makanan yang di bagikan itu berupa lauk-pauk dan nasi, tetapi seiring perkembangan zaman isinya berupa makanan pokok.

6. Padusan

Foto: news.detik.com

Padusan merupakan tradisi menjelang bulan Ramadan bagi masyarakat Boyolali, mereka beramai-ramai mandi dan berendam di tempat sumber air yang dianggap keramat. Menurut kepercayaan mereka, air keramat dianggap bisa mensucikan diri sebelum masuk bulan Ramadan.

7. Dandangan

Foto: jateng.tribunnews.com

Dandangan adalah tradisi menyambut datangnya bulan Ramadan masyarakat Kudus, Jawa Tengah. Tradisi dandangan ini awalnya tempat berkumpulnya para santri untuk menunggu pengumuman dari Sunan Kudus tentang penentuan awal puasa, digelar di depan masjid Menara Kudus. Namun, para pedagang memanfaatkan untuk berdagang hingga akhirnya masyarakat mengenal sebagai pasar malam setiap menjelang bulan Ramadan.

Takaiters, itulah  7 tradisi unik yang hanya ada di Indonesia, karena Indonesia memiliki keberagaman suku, tradisi maka Indonesia kaya akan budaya. Tradisi ini  intinya bermakna rasa syukur terhadap sang pencipta dan mempererat silaturahmi. Marhaban ya Ramadan.