Halo, Takaiters!

Salah satu cara antisipasi yang diterapkan pemerintah agar penyebaran COVID-19 tidak meluas di masyarakat adalah dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Kementrian Kesehatan RI.

Semua aktivitas masyarakat makin dibatasi. Hal ini membuat banyak orang makin cemas dan kebosanan pun mulai terasa karena kita tidak bisa melakukan aktivitas di luar rumah dengan leluasa atau jalan-jalan ke tempat-tempat ramai. Apalagi, saat ini, kita sudah memasuki bulan puasa, kita harus mempunyai kegiatan yang menyenangkan agar minggu pertama puasa tidak terasa berat.

Berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kebosanan di masa PSBB ketika bulan puasa.

1.Menikmati Indahnya Kebun

Foto: Koleksi pribadi

Menikmati indahnya kebun, membuat kamu dekat dengan alam. Selain itu, hal tersebut juga dapat menghilangkan rasa bosan saat masa PSBB seperti sekarang ini.  Kamu bisa ngabuburit sambil menikmati keindahan kebun atau kamu juga bisa berkebun di rumah. Berkebun merupakan salah satu kegitan alternatif bagi kamu yang mulai merasa bosan karena imbauan stay at home terus diperpanjang.

2. Membaca Buku

Foto: pexels.com

Buku adalah gerbang ilmu pengetahuan.  Membaca buku merupakan salah satu aktivitas yang menghasilkan banyak manfaat. Kamu bisa membaca buku fiksi maupun nonfiksi. Selain dapat memperluas pengetahuan, membaca buku juga dapat menghilangkan stres, Takaiters!

3. Menulis

Foto: pexels.com

 

Jika kamu bosan, menulislah. Menulis bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan menghilangkan rasa bosanmu. Kamu bisa menulis puisi, cerita pendek,  lirik lagu, atau membuat bank ide artikel atau buku. Menulis pun tidak hanya terbatas di kertas, kamu bisa menuangkan ide di gawai,  notebook, laptop atau komputer.  Tinggal kamu pilih mana yang menurut kamu lebih nyaman digunakan untuk  menulis.

4. Berlatih Fotografi

Foto: idntimes.com

Jenuh di rumah dan kamera kamu  tidak digunakan? Lingkungan rumah bisa jadikan tempat kamu mendapatkan gambar-gambar bagus, lo,  Takaiters!

Kamu bisa mengambil berbagai macam gambar,  seperti beraneka ragam tanaman dan hewan peliharaan atau semua hal yang  menurut kamu unik untuk diabadikan dan dibagikan di sosial media sosial atau blog.

5. Bermain dengan Hewan Peliharaan

Foto; eifelnomads.com

Bermain dengan  hewan  peliharaan  menyenangkan.  Manfaat bermain dan memelihara hewan dapat  menumbuhkan perhatian  kepada hewan peliharaan. Tidak hanya sebagai teman, tetapi juga memberikan hal yang positif bagi kamu. Selain itu, menjadikan  kamu bertanggung jawab terhadap hewan peliharaannya. Tentu saja hal tersebut juga dapat mehilangkan rasa bosan karena kamu dapat melihat tingkah lucu si hewan peliharaan.

6. Meditasi

Foto: Tiktak.id

Meditasi adalah salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah. Meditasi sering dianggap sepele oleh banyak orang karena aktivitas meditasi dilakukan dengan cara duduk dan diam sehingga kegiatannya dianggap kurang mengasyikkan dibanding olahraga.

Meditasi tidak hanya sebatas menyehatkan mental saja, tetapi juga dapat bermanfaat  untuk kesehatan fisik. Manfaat lain meditasi,  dapat  meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan mengatasi insomnia. Apabila kamu rutin  meditasi, organ-organ  dan sel tubuh berfungsi dengan  baik dan dapat bekerja  dengan teratur.

7. Berzikir

Foto: masjidalihsan.or.id

Jika kamu merasa bosan, isi waktu luang kamu dengan berzikir. Zikir adalah mengingat Allah  dalam hati. Manfaat zikir,  menimbulkan ketenangan,  sabar, dan semangat yang tinggi.  Selain itu,  tubuh dan pikiran kamu tetap sehat. Kemudian kamu  terbebas dari penyakit fisik dan psikis.

Nah, Takaiters, demikian beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa bosan ketika harus tinggal lama di dalam rumah. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.