Halo, Takaiters!

Salah satu kota wisata di propinsi Sumatera Barat yang menyajikan panorama alam dan peninggalan sejarah yang tidak hanya mengundang decak kagum, tetapi juga sangat instagramable adalah Bukit Tinggi. Kota yang pernah menjadi ibu kota negara pada masa pemerintahan darurat ini, cocok buat kamu yang hobi foto dan haus akan feed-feed instagram yang kece. Bonusnya adalah kamu bisa menikmati wisata kuliner yang mampu membuat angka di timbangan bergeser ke arah kanan.

Berikut ini 7 pilihan kuliner dengan predikat lamak bana yang bisa dinikmati di kota wisata Bukit Tinggi.

1. Itiak Lado Mudo

Foto: ksmtour.com

Kalau ke Bukit Tinggi jangan lupa untuk mencoba salah satu kuliner yang merupakan makanan khas Nagari Sianok dan Koto Gadang yang berada di kawasan Ngarai Sianok, yaitu itiak lado mudo.

Dalambahasa Indonesia, itiak lado mudo artinya itik (bebek) yang dimasak dengan baluran cabe hijau. Itik yang dipilih adalah itik muda yang berumur enam bulan. Proses memasaknya menghabiskan waktu 12 jam lamanya dan masih ada beberapa rumah makan yang mempertahankan untuk menggunakan kayu bakar saat proses memasak. Bisa dipastikan empuknya daging itik yang pedas disantap dengan nasi hangat mampu membuat keringat bercucuran.

2. Nasi Kapau

Foto: sumut.idntimes.com

Selama ini yang dikenal masyarakat adalah nasi Padang. Padahal, selain nasi Padang juga ada nasi kapau, lo. Banyak keunikan yang ditemui dari nasi kapau ini, mulai dari rumah makannya, penyajian yang menggunakan panci-panci besar yang disusun bertingkat dan cara mengambilkan lauk dengan menggunakan sendok bertangkai panjang yang terbuat dar tempurung kelapa.

Menuyang disajikan juga tidak tanggung-tanggung, bisa 15 hingga 20 macam dan pastinya ada gulai. So, tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bukit Tinggi tanpa menikmati nasi kapau.

3. Sate Padang

Foto: idntimes.com

Walaupun sate Padang telah terkenal seantero Indonesia hingga dunia, tetapi beda rasanya jika makan sate Padang di daerah asalnya dan dibuat langsung oleh orang Padang. Ada kenikmatan dan kebanggaan tersendiri. Guys, irisan daging yang besar dan empuk, dibakar dengan bara api terasa lezat dan wangi. Apalagi dialasi dengan daun pisang dan ditaburi dengan bawang goreng serta keripik balado. Onde mande, siapa yang bisa menolaknya!

Paduan rempah pada kuah, mulai dari kunyi, jahe, hingga pedasnya cabai mampu menyajikan kenikmatan kuliner khas Sumatera Barat. Lebih spesial kalau menikmatinya di malam hari di kawasan wisata fenomenal Jam Gadang. Kuy, cobain!

4. Teh Talua

Foto: womantalk.com

Ada yang belum tahu teh talua? Teh talua sederhananya adalah kuning telur ayam kampung mentah ditambah gula dan dikocok hingga berbusa, kemudian disiram dengan teh yang diseduh dengan air panas. Walaupun dibuat dari telur ayam kampung mentah, dijamin tidak ada aroma amis sama sekali.

Jika suka, bisa ditambahi perasan jeruk nipis yang menambah sensasi asam. Buih dari teh talua jangan dibuang, karena ada kenikmatan tersendiri saat dimakan. Wajib coba, apalagi konon katanya teh talua bisa menjadi penambah stamina.

5. Opak Kuah Sate dengan Taburan Bihun

Foto: cookpad.com

Opak atau kerupuk singkong yang sudah digoreng kemudian dilumuri dengan kuah sate padang dan ditaburi dengan bihun. Hmm, rasanya nikmat. Camilan satu ini banyak dijual di pinggiran jalan dan di tempat-tempat wisata di Bukit Tinggi.

Paduan kriuknya opak, rasa pedas kuah sate dan lezatnya bihun bercampur di mulut. Sederhana, tetapi jika dimakan hingga dua hingga tiga biji bisa membuat perut menjadi kenyang.

6. Lontong Sayur

Foto: twitter.com

Kali ini kita bahas tentang salah satu menu sarapan favorit, yaitu lontong sayur. Hampir di setiap daerah memiliki kekhasan dan cita rasa yang unik dengan lontong yang disajikan. Walaupun sama-sama berbahan utama lontong, tetapi gulai dan pelengkapnya berbeda. Begitu juga dengan lontong sayur Bukit Tinggi. Rugi kalau tidak mencicipinya.

Lontong sayur Bukit Tinggi identik dengan kuah santan yang dibuat dengan bumbu kental khas masakan Minang dan dengan taburan kerupuk merah jambu. Jika suka bisa menambahkan sepotong daging rendang, dijamin akan semakin mantap rasanya.

7. Keripik Sanjai

Foto: ksmtour.com

Salah satu oleh-oleh legendaris yang sudah ada sejak zaman dulu adalah keripik sanjai. Keripik sanjai dibuat dari bahan singkong yang diiris tipis sedang, ada yang berbentuk bulat dan memanjang. Keripik singkong dibalur dengan bumbu balado yang berwarna merah dengan cita rasa pedas manis. Banyak tempat yang menjual keripik sanjai ini. Tidak lengkap rasanya jika pulang melancong dari ranah Minang tanpa membawa oleh-oleh keripik sanjai.

Takaiters, ulasan di atas hanya membahas 7 kuliner favorit yang bisa dinikmati di Bukit Tinggi. Dan sayang dilewatkan jika berkunjung. Pokoknya, jika berkunjung ke Bukit Tinggi, lupakan diet dan nikmati kuliner asli urang awak.