Hai, Takaiters!

Kamu pasti tahu, ya Guys, kalau Sawahlunto terpilih sebagai 7 warisan dunia oleh UNESCO. Kita sebagai masyarakat Indonesia patut bangga dengan pencapaian ini. Sawahlunto sendiri adalah kota kecil yang berada di propinsi Sumatra Barat, walau kota kecil Sawahlunto banyak memiliki sejuta pesona alam yang menakjubkan namun belum banyak diketahui orang.

Berjarak sekitar 95 kilometer dari kota Padang, kota tua nan indah ini memiliki pemandangan alam, nilai sejarah dan arsitektur bangunan lama yang membuat daya tarik berbeda.
Berbagai aktivitas wisata menarik dapat dilakukan di sini, mulai dari menyelusuri lubang tambang batubara yang bersejarah, mengunjungi bangunan tua peninggalan Belanda yang menjadi situs peninggalan cagar budaya, dan menikmati indahnya panorama alamnya disamping berburu foto yang sayang untuk dilewatkaan.

Jika Takaiters sedang berkunjung ke Sawahlunto sempatkanlah untuk singgah di 7 objek wisata ini, dijamin tak mengecewakan.

1. Terowongan Mbah Soero

Foto: traveling-indonesia.com

Terowongan ini merupakan objek wisata andalan Sawahlunto. Mempunyai panjang 1,5 kilometer terowongan bekas penambangan batubara ini diberi nama sesuai nama mandor tambang pada saai itu. Saat menjelajahi terongan ini kamu bisa belajar sejarah dari pemandu yang memandu sepanjang perjalanan. Sambil sekali-kali berswafoto, yang hasilnya dijamin instagenik dan unik.

2. Museum Goedang Ramsoem

Foto: news.klok.positif.com

Museum ini terletak di area bekas dapur umum pekerja tambang yang didirikan tahun 1918, walau sudah berumur satu abad lebih bangunan ini masih berdiri kokoh. Tempat ini sering menjadi latar untuk berswafoto oleh pengunjung karena memiliki spot-spot vintage menarik yang tak akan ditemukan di tempat lain.

3. Puncak Cemara

Foto: minangtourism.com

Berlokasi tidak jauh dari kota Sawahlunto dan berada di ketinggian menjadi tempat yang pas menikmati pemandangan kota Sawahlunto sambil bersantai. Sekali-kali akan dikunjungi monyet berekor panjang.

4. Danau Biru

Foto: marimembaca.com

Danau Biru tercipta karena bekas penambangan batu bara, walau mengakibatkan kerusakan lingkungan namun bekas pertambangan ini masih menyisakan pesona yang tak akan terlupakan. letak danau yang cukup sulit dan fasilitas yang kurang memadai menuju danau akan terbayar lunas saat sampai di lokasi. Jika ingin berkunjung ke sini, pastikan kamu membawa bekal yang cukup, ya, Guys!

5. Kota Tua dan Hotel Ombilin

Foto: poskotanews.com

Bangunan bergaya kolonial masih banyak kamu temui di kawasan kota tua Sawahlunto, mengabadikan seni dan arsitektur dengan kamera adalah aktivitas yang banyak dilakukan kaum milenial saat berkunjung ke sini.  Penat mengeksplorasi kota tua Sawahlunto yang terletak tidak jauh dari alun-alun lapangan segitiga terdapat hotel Ombilin, hotel tua yang sudah ada sejak penjajahan Belanda, banguan hotel ini unik dan beberapa bagiannya masih asli.

6. Desa Wisata Rantih

Foto: kinciakincia.com

Desa Rantih merupakan salah satu desa di Sawahlunto yang telah dikembangkan menjadi desa wisata. Objek wisata andalan desa ini adalah air terjun sungai Bikan yang berada di tengah hutan. Di sekitar air terjun terdapat perkemahan yang menjadi rumah bagi pecinta alam.selain itu kamu bisa menikmati hamparan sawah dan sensasi berjalan di jembatan gantung yang unik Sungai Bikan. Sekadar infomarmasi pada tahun 2012 Desa Rantih pernah menjadi tuan rumah pada kejuaraan silat internasional.

7. Taman Satwa Kandi

Foto: wonderfulsumbar.blogspot.com

Dulunya adalah areal penambangan PT. Bukit Asam, sekarang direklamasi menjadi taman flora dan fauna, selain bisa menikmat bebagai macam satwa, di sini berbagai aktivitas seru bisa dilakukan sepertiflying fox, berbagai macam permainan air hingga pointball.

Seru khan, Guys? Walau Sawahlumto kota kecil namun memiliki destinasi yang beragam, yang tak dapat dipandang sebelah mata. Yuk, berkunjung ke Sawahlunto, Takaiters!