Hai, Takaiters!

Ketika menginjak usia 30 tahun setiap wanita mulai resah dengan kondisi kulit wajah. Pada usia ini kulit wajah akan samar-samar terlihat garis halus. Agar terhindar dari kerutan di wajah ada tujuh kebiasaan sepele penyebabnya. Kebiasaan apa sajakah penyebab kerutan di wajah itu? Yuk disimak:

  • Tidak Menggunakan Kaca Mata Hitam

Atasi penyebab kerutan di wajah
Foto: Pexels.com

Menggunakan kaca Mata hitam saat beraktivitas di luar rumah sangat penting. Terutama pada siang hari saat sinar matahari sangat cerah. Kulit sekitar mata sangat rentang mengeriput akibat sinar matahari.

  • Tidak Menggunakan Sunscreen

Penyebab kerutan di wajah sejak dini
Foto: pexels.com

Selain menggunakan kaca mata untuk melindungi kulit sekitar mata, oleskan sunscreen pada wajah. Sunscreen bermanfaat untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari yang dapat menimbulkan garis-garis halus pada wajah dan flek hitam.
Dikutip dari Claire Chang, M.D, seorang dokter kulit bersertifikat di Union Square Laser Dermatology, melakukan kegiatan di bawah sinar matahari mengakibatkan wajah menjadi kusam, timbul garis halus, dan keriput sehingga terjadi penuaan dini.
Sunscreen selain digunakan pada kulit wajah oleskan juga pada leher, tangan, dan kaki.

  • Selalu Menggunakan Sedotan Saat Minum

Penyebab kerutan di wajah apa saja
Foto: pexels.com

Menyeruput minuman menggunakan sedotan memang nikmat. Tetapi sering menggunakan sedotan dapat menimbulkan garis halus atau keriput pada wajah, terutama di sekitar mulut. Penyebabnya adalah kontraksi otot bibir yang berulang.
Dikutip dari Sejal Shah, M.D, dermatologist di SmarterSkin Dermatology, New York, sering minum menggunakan sedotan dapat menimbulkan keriput dan merusak kolagen di area mulut sehingga kulit kendur secara permanen.

  • Kurang Tidur

Penyebab kerutan di wajah bagaimana
Foto: pexels.com

Tidur adalah kegiatan alami untuk beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas. Agar rasa letih dapat hilang maka waktu tidur harus mencukupi. Menurut sebuah studi tahun 2013, di University Hospitals Care Medical Center, waktu tidur yang sedikit dan kualitas tidur buruk dapat mempercepat tanda-tanda penuaan dini.
Dr. Rafael Pelayo, profesor klinis divisi pengobatan tidur di Stanford School of Medicine menjelaskan waktu tidur yang baik adalah antara 7-9 jam sehari.

  • Sering Tidur dengan Posisi Miring atau Tengkurap

Penyebab kerutan di wajah perawatan
Foto: pexels.com

Posisi tidur dapat mempengaruhi timbulnya keriput pada wajah. Bila sering tidur miring atau tengkurap wajah akan lebih banyak menerima tekanan sehingga berisiko terbentuk garis keriput terutama di daerah pipi dan mata.

  • Sering Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Solusi penyebab kerutan di wajah
Foto: pexels.com

Makanan cepat saji adalah makanan yang bergizi rendah dan tinggi MSG (monosolid glutamat). Lemak trans juga terdapat pada makanan cepat saji. Lemak trans ini dapat memperkeras arteri atau penyempitan pembuluh darah sehingga melemahkan aliran darah ke kulit. Hal tersebut merupakan penyebab dari kulit berkerut.

  • Sering Marah-marah

Foto: pexels.com

Orang yang suka marah sering ditegur nanti cepat tua. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Valencia, Spanyol, pada saat marah beberapa otot bekerja keras misalnya otot dahi, sekitar mata, dan mulut. Secara otomatis bagian wajah tersebut akan terlihat berkerut-kerut. Bila marah-marah tersebut berulang kali maka kerutan pada wajah akan jelas terlihat.

Agar terhindar dari kerutan di wajah mulai saat ini hindari kebiasaan sepele yang sering dilakukan. Terlebih sebagai penyebab timbulnya kerutan di wajah. Jangan sampai deh, muda tapi sudah banyak kerutan di wajah, ya, Takaiters!