Hai, Takaiters!
Buat kamu yang mau memulai bisnis makanan, namun sampai saat ini belum punya ide kira-kira jenis makanan apa yang unik, menarik serta mampu bersaing di tengah maraknya bisnis kuliner di Indonesia,  jangan khawatir, 7 jenis ide bisnis makanan ini bisa kamu coba, lo, konsepnya simpel, unik, dan menarik. Apa saja? Kita simak, yuk!

1. Berjualan Jajanan yang Sedang Viral

Foto: notepam.com
Kamu pasti sering banget lihat para food traveler atau bahkan mereka yang membuat vlog jajanan pinggir jalan, namun ternyata liputannya menjadi viral dan akhirnya banyak netizen yang mencoba berjualan jenis jajanan tersebut lalu meraup banyak pundi-pundi rupiah. Sebut saja misalnya ayam geprek, es kepal, dan pisang nugget. Ketiga jenis makanan tersebut pernah menjadi viral lalu akhirnya banyak mereka yang sukses karena menjadikan jajanan tersebut menu utama atau menu tambahan di bisnis kuliner mereka.

2. Kafe dengan Menu Mi Instan yang Dimodifikasi

Foto : mysweetescapediary.com
Mi instan, siapa, sih, yang tidak suka dengan makanan sedap dan gurih ini?
Banyak, lo, kedai atau kafe-kafe yang setiap harinya selalu dibanjiri pengunjung karena sukses memodifikasi rasa mi instan yang biasa kamu makan menjadi sebuah sajian unik, enak, dan kekinian.  Sebut saja misalnya menu mi instan carbonara, mi goreng mozarella, dan mi goreng sambal matah. Duh, mendengar menunya saja sudah cukup bikin ngiler, ya.

3. Kafe Makanan Kaki Lima dengan Desain Instagramable

Foto: arsitag.com
Beberapa tahun kebelakang ini, sepertinya kuliner sudah menjadi semacam trend di kalangan masyarakat. Tak hanya soal makanan, spot tempat makan pun menjadi salah satu pertimbangan penting bagi mereka, agar nantinya kegiatan kuliner ini bisa menjadi salah satu foto yang menghiasi galeri media sosial. Jika budget-mu terbatas, kafe kecil pun bisa menarik banyak pengunjung jika didesain secara unik dan instagramable. Pun dengan menu makanannya, kamu bisa membuat berbagai menu makanan atau jajanan kaki lima namun dengan citarasa yang enak tentunya.

4. Kantin Masakan Rumahan di Sekitar Kos-kosan

Foto: kompasiana.com
Kamu yang pernah nge-kos pasti sering kangen dengan masakan Ibu yang dibuat dengan penuh cinta. Nah, Kamu bisa, lo, menghadirkan “nuansa penuh cinta” itu ke dalam berbagai menu masakan. Masakan rumahan yang enak dengan cita rasa yang rumahan banget namun dengan harga yang pas di kantong.

5. Katering Bento untuk Sarapan

Foto : cateringdijogja.com
Entah itu Ibu rumah tangga, anak sekolah, maupun pegawai kantoran pasti sering mengalami suasana hectic di pagi hari hingga lagi-lagi telor ceplok dan nasi gorenglah yang menjadi andalan. Nah, catering bento lah solusi cerdasnya !. Kamu bisa berjualan di tempat-tempat yang sering dilewati mereka yang hendak pergi ke sekolah, kantor atau tempat tujuan lainnya. Bisa juga menjual catering bento ini ke teman-teman kantormu.

6. Jualan Makanan Bayi, Kenapa Tidak?

Foto: lifestyle.okezone.com
 Karena kesibukan mengurus bayi serta berjibaku denga aneka pekerjaan rumah yang tiada habisnya, terkadang membuat sebagian ibu tidak sempat membuat makanan sehat untuk bayi mereka. Nah, kamu bisa, lo, berjualan bubur atau nasi tim sehat beserta menu kudapannya seperti puding buah atau pancake khusus bayi. Namun, perhatikan juga higienitas makanannya ya! Agar makanan yang kamu buat terhindar dari infeksi bakteri yang membahayakan saluran cerna bayi, terlebih daya tahan tubuh yang masih lemah membuat bayi rentan terkena penyakit.

7. Makanan Tradisional yang Dimodifikasi Menjadi Sajian Kekinian

Foto: ide.openrice.com
Nah, kalau yang satu ini kamu butuh kreativitas tingkat tinggi untuk membuatnya, apalagi makanan tradisional saat ini sudah banyak dilupakan. Tapi jangan salah, lo, banyak mereka yang telah mencoba merintis bisnis makanan tradisional dan akhirnya sukses meraup pundi-pundi rupiah dengan menambah bahan-bahan makanan tertentu. Makanan tradisional disulap menjadi sajian kekinian yang disukai banyak orang, sebut saja misalnya singkong keju, kue cubit green tea, es cappucino cincau, dan surabi yang diberi berbagai macam topping.
Nah, gimana Takaiters, menarik bukan? Ayo, kamu tinggal pilih bisnis makanan yang sesuai dengan anggaran atau budget yang kamu punya. Tapi, tentunya ide yang unik dan kreatif tidak akan berarti apa-apa jika tanpa doa serta ilmu bisnis yang mumpuni. Jadi, kapan nih, kamu mulai berbisnis ?