Halo, Takaiters!

Cuaca panas menyebabkan beberapa masalah terutama pada kulit. Salah satu masalah kulit yang membuat kesal adalah jerawat. Hal tersebut disebabkan karena produksi keringat yang berlebih dan kondisi kulit kotor sehingga pori-pori pada wajah tertutup. Tentu Takaiters tidak ingin jerawat yang membandel ini menghiasi wajah kalian bukan?

Tetapi tenang saja ada beberapa cara untuk mengatasi dan meminimalisir jerawat tersebut. Bagaimanakah cara mengatasi jerawat membandel? Dikutip dari laman Cosmopolitan.co.id, berikut cara mengatasinya.

  • Jangan Dandan Terlalu Menor atau Tebal

cara mengatasi jerawat membandel di pipi
Foto: pixabay.com

Agar terlihat cantik dandan adalah cara yang paling sering dilakukan. Gak salah sih, tapi dandanan yang seperti apa dulu? Hindari deh dandanan yang terlalu tebal atau menor.

Cuaca panas menimbulkan keringat berlebih sehingga foundation yang tebal menyatu dengan keringat akan mengakibatkan pori-pori tersumbat. Hal tersebut menimbulkan jerawat. Untuk meminimalisir riasan dan masih terlihat cantik gunakan tinted moisturizer atau BB cream dengan mengaplikasikan secara ringan di wajah.

  • Segera Mandi

cara mengatasi jerawat membandel pada pria
Foto: pexels.com

Setelah melakukan aktivitas yang menguras tenaga maka keringat akan membasahi misalnya, habis berolahraga. Maka setelah melakukan kegiatan tersebut segera mandi, jika tidak maka akan timbul jerawat pada tubuh terutama pada punggung.

Jangan lupa keramas dengan sampo agar mencegah produksi minyak berlebih di kepala sehingga dapat menanggulangi jerawat membandel yang sering timbul di dahi.

  • Pakai Masker Terbuat dari Kain yang Menyerap Keringat, Lembut, dan Mengikat tidak terlalu kencang

cara mengatasi jerawat membandel di dagu
Foto: pexels.com

Saat pandemi covid-19, diwajibkan menggunakan masker. Pemakaian masker dapat menimbulkan jerawat di area wajah, maka gunakan masker yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat seperti katun.

Selain itu pilih bahan yang lembut, jika terjadi gesekan, tidak akan lecet melukai wajah. Ikatan masker juga perlu diperhatikan, jangan terlalu kencan supaya kulit sekitar mulut masih bisa terkena udara.

  • Gunakan Tabir Surya dengan SPF tepat

cara menghilangkan jerawat membandel dengan cepat
Foto: pixabay.com

Tabir Surya sangat dibutuh untuk melindungi wajah dari sengatan matahari. Namun ada beberapa tabir Surya yang mengandung formula yang dapat menyumbat pori-pori wajah.

Maka disarankan bagi Takaiters yang memiliki kulit wajah sensitif atau cenderung berjerawat gunakan tabir Surya dalam bentuk serum atau gel yang mengandung vitamin B3 karena dapat menghindari jerawat dan melindungi wajah dari sinar UV.

  • Batasi Asupan Produk Susu

Foto: pixabay.com

Saat cuaca sedang panas minum es krim sangat nikmat. Es krim rata-rata menggunakan bahan dasar susu. Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah mengonsumsi makanan berlemak.

Maka kurangi mengonsumsi es krim atau produk makanan yang berlemak. Perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah, karena sayuran dan buah dapat meningkatkan antioksidan tubuh dan mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat.

  • Menggunakan Produk Perawatan yang Benar

cara menghilangkan jerawat membandel di hidung
Foto: pexels.com

Setiap wajah memilik jenis kulit berbeda  maka dalam merawat wajah pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Takaiters. Jika memiliki kulit wajah cenderung berkeringat dan berjerawat disarankan menggunakan produk kecantikan yang tidak mengandung super acidit atau alkaline karena akan mengakibatkan wajah semakin berminyak.

  • Membersihkan Wajah pada Malam Hari

cara menghilangkan jerawat membandel di dahi
Foto: pexels.com

Setelah melakukan kegiatan seharian luangkan waktu untuk membersihkan wajah dari debu dan hiasan. Hal ini penting agar pori-pori wajah terbuka dan kulit wajah dapat bernapas.

Takaiters, cuaca panas jangan biarkan kulit mulus kamu ditumbuhi jerawat. Jerawat akan membuat kamu tidak percaya diri maka itu beberapa cara mengatasi jerawat membandel. Selamat mencoba.