Halo, Takaiters!

Setiap orang, apalagi kaum hawa pasti menginginkan kulit yang cantik, tidak hanya kulit wajah, tapi juga seluruh tubuh. Faktanya, merawat kulit bukan hanya untuk kecantikan tapi juga untuk kesehatan, lo. Kulit melindungi dari rasa panas dan dingin, sengatan matahari, goresan, debu dan paparan lain, serta melindungi dari virus dan bakteri. Serta fungsi utama kulit adalah sebagai indera peraba.

Seperti bagian tubuh lain, kulit bisa menjadi sehat atau tidak sehat. Kulit dapat ternutrisi dengan baik atau kekurangan nutrisi. Istimewanya adalah tidak seperti organ lain, kita dapat menggunakan obat, seperti pelembab, hand body, krim kecantikan atau kesehatan secara langsung ke kulit. Jadi, tidak ada alasan memiliki kulit kusam dan tidak sehat.

Takaiters, selain perawatan, kita juga dapat memiliki kulit sehat dan terhindar dari kulit kusam dengan mengikuti langkah sederhana berikut ini.

1. Hindari Mandi Air Panas Terlalu Lama

Foto: life.klikpositif.com

Mandi dengan air panas memang membuat tubuh rileks serta memberikan efek tenang dan nyaman. Namun, tahukah Takaiters, terlalu lama mandi dengan air panas dapat menghilangkan kelembaban dan menghilangkan minyak alami pada kulit. Sebaiknya, cukup mandi atau berendam selama 10 menit saja dengan air panas.

2. Rajin Mengonsumsi Makanan Berbahan Kacang Kedelai

Foto: lifestyle.okezone.com

Takaiters suka makan tahu atau tempe? Mengonsumsi makanan yang berbahan kacang kedelai dapat membuat kadar protein terjaga. Protein digunakan sebagai bahan pembuat kolagen, yaitu zat yang memelihara kesehatan kulit. Selain itu, isoflavon dalam kedelai bertindak sebagai antioksidan untuk menjaga kolagen dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas yang dapat memunculkan noda hitam, penuaan, serta dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mau mengonsumsi tahu atau tempe, ya.

3. Produk Kecantikan Harus Bersih dan Simpel

Foto: instyle.com

Takaiters, di zaman modern dengan segala kemudahan dan pilihan seperti sekarang ini,  kamu harus teliti dan hati-hati dalam memilih produk kecantikan yang akan digunakan. Satu hal penting lainnya, jangan terlalu banyak menggunakan produk kecantikan. Jangan sampai produk kecantikan yang digunakan malah menjadi boomerang bagi kulit, bukannya mempercantik apalagi menyehatkan, malah membuat kulit menjadi rusak bahkan berbahaya bagi organ tubuh lainnya.

4. Gunakan Beberapa Tetes Minyak Zaitun pada Kulit

Foto: tygpress.com

Siapa, sih, yang tidak pernah mendengar tentang minyak zaitun? Bahkan manfaat dari minyak zaitun ini sudah sangat tersohor. Nah, kamu bisa mengoleskan minyak zaitun pada bagian siku, dengkul, dan di balik lengan setiap hari. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang dapat menyegarkan dan menghidrasi kulit tanpa meninggalkan residu.

5. Gunakan Krim Pelembab dan Kaus Kaki

Foto: productnation.co

Adakah Takaiters yang bermasalah dengan kulit kakinya? Baik itu kulit kaki kering atau pecah-pecah, Kamu bisa oleskan lotion atau krim yang melembabkan kaki sebelum tidur kemudian pakai kaus kaki semalaman saat tidur. Jika kamu rutin melakukan hal sederhana ini, maka Takaiters akan memiliki kulit kaki yang lembab, bebas kusam, dan terhindar dari kulit kering atau pecah-pecah.

6. Gel Lidah Buaya untuk Kulit Super Kering

Foto: moodtree.blogspot.com

Tumbuhan satu ini sudah sangat teruji keampuhannya! Jadi, sepertinya kamu wajib memiliki tanaman ini di rumah. Takaiters, lidah buaya ampuh menghilangkan sel kulit mati dan mempercepat proses penyembuhan luka. Caranya sangat mudah, potong ujung lidah buaya dan olesi gelnya pada kulit kering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tidak cukup dilakukakan satu kali, ya.

7. Haluskan Kulit Siku yang Kasar dengan Jeruk Bali Merah

Foto: hellosehat.com

Takaiters tahu jeruk Bali merah? Kamu harus coba karena jeruk Bali merah ini mampu menghilangkan kulit siku yang kasar. Caranya, pertama basahi siku dengan air, kemudian potong setengah jeruk bali merah dan kompreskan potongan buah tersebut pada siku selama 15 menit. Asam pada jeruk akan memberikan kelembutan ekstra pada kulit.

Cukup mudah, bukan, Takaiters. Jika selama ini kamu hanya fokus pada kulit wajah, cobalah untuk lebih memperhatikan kesehatan kulit tubuh. Karena kulit tubuh yang sehat akan memancarkan aura dan tentunya untuk investasi jangka panjang. Jika selama ini kamu kurang peduli dengan kulit tubuh, yuk, lebih diperhatikan lagi. Lakukan langkah sederhana di atas yang tentunya memberikan manfaat luar biasa.

Selamat mencoba, Takaiters!