Hai, Takaiters!

Buat kamu yang hobi masak, tentu sangat memerlukan bumbu dapur yang lengkap. Bumbu tersebut ada yang tahan lama semacam bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan merica. Masalahnya, tidak semua bumbu bisa disimpan lama dan tetap segar. Daun salam misalnya. Walaupun disimpan dalam wadah kemudian dimasukkan ke dalam kulkas, daun salam tetap akan kering. Daun salam kering ini tentu sangat berbeda aromanya dibandingkan dengan daun yang baru dipetik. Demikian juga dengan daun kunyit atau daun jeruk purut.

Bagi kamu yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga tentu tidak jadi masalah. Tinggal pergi ke warung yang dekat rumah, beres. Bagaimana dengan kamu yang sibuk bekerja? Tentu tidak bisa setiap saat menyempatkan diri berbelanja keperluan dapur.

Bagaimana supaya bumbu-bumbu tersebut tersedia setiap saat dalam kondisi segar? Caranya gampang banget. Kamu bisa menanam sendiri bumbu dapur tersebut karena sebagian besar tanaman bumbu dapur ternyata sangat mudah ditanam. Jika suatu saat membutuhkan tinggal memetiknya di kebun sendiri.

Berikut ini 7 bumbu dapur yang mudah ditanam di rumah.

1. Kunyit

Sumber : corongrakyat.co.id

Kunyit dimanfaatkan rimpang dan daunnya. Banyak jenis masakan yang memerlukan kunyit dalam bumbunya, seperti opor ayam, nasi kuning, gulai, dan sebagainya. Bagi penyuka rendang daun kunyit merupakan bumbu yang wajib ada untuk menambah aroma dan rasa.

Kamu dapat mencari bibit kunyit dari dapur. Pilih saja rimpang kunyit yang sudah ada tunasnya. Taruh dalam pot dengan media tanam tanah kompos dan sekam bakar. Sebaiknya, tanam sekaligus dalam jumlah yang agak banyak dalam pot besar.

2. Jahe

sumber : genpi.co

Jahe, selain digunakan sebagai bumbu penyedap dapat juga dipakai sebagai campuran minuman yang menyehatkan. Paduan jahe, sereh, dan kayu manis serta cengkeh yang direbus dengan gula aren sangat cocok diminum dalam cuaca dingin. Fungsinya untuk menghangatkan badan dan menambah stamina.

Bibit jahe juga mudah didapatkan di dapur. Jangan buang jahe yang sudah tumbuh tunas. Tanam dalam pot yang agak besar dengan media tanah kompos dan sekam bakar.

3. Lengkuas

sumber : republika.co.id

Hampir semua masakan Indonesia menyertakan lengkuas dalam bumbunya. Kelemahannya, lengkuas cepat sekali menjadi kering dan keras. Jika kamu bermaksud menanam lengkuas, sebaiknya pilih yang masih segar dengan ujung yang bertunas. Segera tanam dalam pot agak besar karena tumbuhan ini tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan bumbu dapur lainnya.

4. Serai

sumber :indrablogerbank.wordpress.com

Jika kamu membeli serai dari pasar segera rendam dalam wadah yang berisi air. Ini akan membuat serai tahan lama. Kamu bisa juga langsung menanamnya dalam pot.

5. Daun Salam

sumber : kampretnews.com

Daun salam juga merupakan bumbu wajib dalam hampir semua masakan Indonesia.
Kamu bisa menanam sendiri, lo. Bibit daun salam dapat kamu peroleh dari penjual tanaman. Pilih yang berdaun rimbun dan berbatang kokoh. Jangan lupa dicium dulu wanginya karena ada juga daun salam yang kurang wangi.

6. Jeruk Purut

sumber : pngdownload.id

Jeruk purut dimanfaatkan terutama daun dan buahnya sebagai penyedap masakan. Urap, gado-gado, pecel, dan rempeyek sangat mengandalkan daun jeruk purut supaya rasanya khas. Kamu jangan khawatir tanaman ini akan tumbuh besar dan tinggi karena jeruk purut ini termasuk tanaman perdu. Bibit tanamannya sangat mudah ditemukan di kios bunga atau tanaman. Pilih yang bercabang banyak dan rimbun. Tanaman ini juga memerlukan pot yang agak besar supaya pertumbuhannya maksimal.

7. Daun Pandan Wangi

sumber : genpi.co

Walaupun bukan termasuk bumbu wajib dalam masakan, daun pandan kerap dimanfaatkan dalam pembuatan kue dan kudapan karena aromanya yang harum. Kolak pisang, setup, kue bolu, susu kedelai akan lebih sedap dengan menggunakan daun pandan ini.

Karena pertumbuhannya yang sangat cepat, sebaiknya kamu menanam dalam pot kecil saja. Akar tunggangnya akan cepat sekali menjadi besar dan menjulang sehingga penampilannya menjadi tidak bagus. Bibit tanaman pandan sangat mudah kamu dapatkan di lingkungan sekitar.

Nah, Takaiters, itulah tujuh tanaman bumbu dapur yang sangat mudah ditanam di sekitar rumah kamu. Jangan lupa tempatkan tanaman tersebut di area yang terkena cahaya matahari supaya pertumbuhannya bagus.

Selamat bertanam bumbu dapur, ya.