Hai, Takaiters!

Di saat kondisi tidak menentu sekarang ini, semua orang dalam kondisi kegalauan di mana pendemi COVID-19 sudah menyebardi hampir semua kota. Masyarakat masih disibukkan mencari hand sanitaizer dan masker yang sudah langka. Padahal hal yang lebih penting terabaikan oleh masyarakat kita yaitu meningkatkan imunitas tubuh baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

Imunitas berpengaruh besar  untuk melawan virus yang berkembang saat ini. Jika imunitas kita lemah maka akan mudah terserang virus berbahaya ini. Penyebaran virus ini akan berkembang dengan cepat melalui media tubuh kita.

Simak beberapa cara meningkatkan imunitas tubuh berikut ini.

1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

sauted mixed vegetables
Foto: freepik.com

 

Untuk meningkatkan imunitas tubuh disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh kita untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh melawan virus dan bakteri.

Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian bahwa orang yang rajin mengonsumsi sayur dan buah tidak mudah diserang penyakit.  Buah dan sayur sangat mudah didapatkan di lingkungan kita tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

2. Minum Lebih Banyak Air Putih Hangat

Foto: layarberita.com

Air merupakan kebutuhan pokok dalam sirkulasi peredaran darah di tubuh kita. Jika kita kurang mengonsumsi air putih maka tubuh akan menimbulkan keluhan penyakit lainnya. Di tengah merebaknya virus sekarang ini air putih hangat lebih bagus diminus setiap hari agar virus dan bakteri yang berada di tenggorakan kita mati. Usahakan minum air putih  hangat sesering mungkin untuk menghindari tenggorokan kering.

3. Hindari Stres

Foto: pexels.com

Semakin banyak pemberitaan penyebaran virus COVID-19 maka tingkat stres kita semakin meningkat. Bila tingkat stres meningkat maka daya tahan tubuh melemah. Nah, ini akan menjadikan kita rentan terserang virus dan bakteri.

Oleh karena itu, hindari stres dan perbanyak ibadah serta berdoa kepada Allah Swt. Berserah dirilah kita kepada Sang Pencipta, sambil berikhtiar. Jangan lupa  untuk menjaga diri dan mengikuti arahan yang telah diberikan oleh pemerintah dan dinas kesehatan.

4. Minum Rebusan Air Jahe dan Sereh

Foto: cookpad.com

Jahe dan sereh merupakan bumbu masak kita di dapur juga bisa kita olah menjadi minuman yang memberi khasiat bagi tubuh kita. Bahan yang murah meriah, gampang didapatkan, dan juga gampang mengolahnya mampu menjaga imun tubuh.

Bagi kita yang rentan dengan batuk pilek sangat bagus meminum rebusan jahe dan sereh serta  plus madu untuk menambah khasiat lebih. Kandungan jahe sebagai anti peradangan dan sereh  sebagai anti inflamasi yang sangat cocok untuk penderita batuk dan flu.

5. Minum Suplemen vitamin C dan E

Foto: pexels.com

Selain sayur dan buah-buahan, tubuh juga butuh asupan suplemen vitamin untuk pengawal imun tubuh kita. Kadang kala sumber vitamin yang dari buah dan sayur belum  mencukupi untuk kebutuhan tubuh, maka perlu disuplai dengan suplemen vitamin C dan E. Terutama Vitamin C yang sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Kondisi saat sekarang ini vitamin C sangat bagus untuk meningkatkan imun tubuh kita.

6. Pola Hidup Sehat

Foto: pexels.com

Pola hidup sehat sudah dituntun dalam Al-Qur’an dan hadist Nabi. Namun, pada praktiknya banyak diantara kita yang  masih kurang melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kondisi pendemi ini gerakan cuci tangan dan kebersihan lingkungan sendiri kembali di slogankan. Sebenarnya bagi umat Islam berwudu adalah salah satu cara kebersihan diri yang sudah dilaksanakan, malah  disunatkan selalu dalam keadaan berwudu dan bersih diri di mana saja berada.

Yuk, Takaiters mari tingkatkan imunitas tubuh kita dan keluarga. Lakukan tips di atas insyaallah tubuh kita mampu melawan virus yang bertebaran. Mulai dari sekarang dan dari diri sendiri  serta keluarga, dan jangan lupa berbagi ilmu dengan sesama.