Sumber : Sumber : https://lifestyle.kontan.co.id/

6 Tips Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah yang Harus Diketahui

ai, Takaiters!

Siapa sih yang tidak mau menjadi siswa berprestasi di sekolah? Pasti semua siswa mau mengiginkan. Namun, pada kenyataanya hanya sedikit saja yang mau melakukannya. Prestasi yang di capai siswa tidak hanya berupa nilai akademik tapi juga bisa dengan bakat-bakat yang ada.

Untuk menjadi siswa berprestasi dibutuhkan kerja keras dan disiplin yang tinggi. Namun hasilnya akan terbayar ketika siswa meraih rangking di kelas. Bagi kalian yang ingin berprestasi di sekolah kalian bisa mengikuti tips menjadi siswa berprestasi berikut ini, Takaiters!

1. Aktif pada Saat Belajar di Kelas

tips menjadi siswa teladan
Foto: ruangguru.com

Untuk menjadi siswa berprestasi di sekolah kamu harus aktif belajar. Salah satunya dengan cara bertanya kepada guru apabila tidak paham dengan materi. Ketika kamu bertanya hal ini akan membuat kamu lebih paham mengenai materi pelajaran yang baru saja dijelaskan.

Aktif saat belajar juga penting. Karena dengan itu, guru kamu akan menilai mu sebagai orang yang serius dan namamu akan selalu di ingat. Sehingga nilai mu akan tetap tinggi.

2. Memiliki Motivasi Belajar yang Tinggi

Foto: kaksetosurabaya.com

Sebelumnya kamu harus tahu dulu apa yang membuat kamu termotivasi untuk menjadi siswa berprestasi. Hal ini penting diketahui agar nanti ketika kamu malas belajar. Kamu bisa mengingat apa saja hal yang membuatmu termotivasi sehingga bisa mengatasi kemalasan. Dengan kita memiliki motivasi yang tinggi. kita akan menjadi lebih antusias dalam menghadapi pembelajaran.

Untuk itu, kamu harus menuliskan apa saja yang menjadi motivasi dan menuliskannya di sebuah kertas. Agar nantinya ketika kamu malas belajar kamu bisa membuka kertas tersebut dan membacanya. Hal ini akan membuatmu lebih semangat lagi.

3. Mengerjakan Tugas yang Diberikan Guru

cara menjadi siswa teladan
Foto: rijal09.com

Mengerjakan tugas yang diberikan menjadi hal penting apabila ingin berprestasi di sekolah. Dengan mengerjakan tugas atau pr yang diberikan akan membuat nilai kita menjadi lebih maksimal. Usahakan mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan nilai yang bagus. Selain itu mengerjakan tugas juga akan membuat kita lebih bertanggung jawab.

4. Disiplin Mengatur Waktu

cara menjadi siswa berprestasi
Foto: halodoc.com

Mengatur waktu untuk belajar menjadi bagian penting apabila ingin berprestasi. Kalian harus mampu mengatur waktu baik itu untuk bermain,bersosialisai,maupun belajar. Apalagi bagi kalian yang memiliki kegiatan yang banyak, hal ini wajib kalian terapkan.

Dengan mengatur waktu belajar secara efektif akan membuat kalian lebih maksimal dalam menyerap pelajaran. Hal ini akan membawa kalian menjadi siswa berprestasi.

5. Mengulangi Pelajaran yang Telah Dipelajari

tips menjadi siswa berprestasi di sekolah
Foto: salurankita.com

Mengulangi materi yang telah dipelajari akan membuat kita menjadi lebih mahir dan paham lagi. Apabila ini dilakukan secara terus-menerus akan membuat kita lebih mudah menjawab soal ketika terjadi ulangan. Mengulangi pelajaran juga membuat ingatan kita menjadi semakin kuat dan tidak mudah lupa. Untuk itu kebiasaan ini penting dilakukan bagi setiap pelajar.

6. Menyukai Mata Pelajaran

 cara menjadi siswa berprestasi di sekolah
Foto: alodokter.com

Pelajaran yang sulit memang menjadi salah satu masalah yang dihadapi para siswa dalam belajar. Untuk itu kalian perlu berusaha untuk menyukainya. Sebagai siswa yang ingin berprestasi kalian harus berusaha menyukai suatu pelajaran. Ketika kalian menyukainya, hal ini akan membuat kalian tidak merasa terbebani dalam belajar.

Banyak manfaat yang didapatkan apabila menjadi siswa berprestasi di sekolah. Salah satunya adalah mudah untuk mendapatkan beasiswa. Prestasi akan menjadi nilai tambah ketika mendaftar beasiswa.

Dengan prestasi yang kita peroleh akan membuat kita lebih diperhitungkan. Prestasi juga akan membuat kita lebih mudah dalam memilih sekolah atau kampus. Yuk, terapkan tips menjadi siswa berprestasi ini, Takaiters!