Hai Takaiters!

Dalam kurun waktu beberapa bulan ini, penyebaran virus corona kian meluas. Atas hal tersebut juga, pemerintah telah menginstruksikan agar warganya tetap dirumah dan melakukan segala jenis pekerjaanya di rumah atau lebih sering kita sebut sebagai Work From Home (WFH).

Begitu pun dengan sekolah, proses belajar mengajar telah ditiadakan dan diganti dengan model pembelajaran secara daring. Yuk ikuti 6 tips ampuh belajar efektif dan menyenangkan berikut, Takaiters!

1. Rutin belajar namun jangan terlalu lama

Biasanya, kebanyakan dari kita menyelesaikan proses belajarnya dalam satu waktu. Padahal, itu tidak efektif lho. Padahal, proses belajar yang efektif itu adalah belajar dengan durasi yang tidak lama namun sering Takaiters lakukan.

Contohnya saja, jika Takaiters belajar jam 15.00 selama 20-25 menit, maka Takaiters bisa belajar lagi sekitar pukul 20.00 dengan durasi yang sama.

2. Perbanyak latihan soal

Dengan memperbanyak latihan soal, otakmu jadi akan terus diasah untuk terus berlatih dan terbiasa mengenali hal-hal baru dengan cepat. Selain itu, seringnya kamu dalam berlatih soal juga akan menambah wawasan Takaiters.

Apalagi jika soal yang coba Takaiters kerjakan bersifat analisis, kemampuan problem solving pun akan terasah dengan baik.

3. Buatlah rangkuman

Agar Takaiters lebih mudah membacanya kembali jika lupa, buatah rangkuman materi dari yang sedang Takaiters pelajari. Merangkum juga akan lebih cepat membuat Takaiters hafal akan suatu hal lho.

Hal tersebut terjadi karena saat Takaiters merangkum, Takaiters juga harus membaca dan mencari sesuatu inti yang penting yang harus dicatat.

4. Gunakanlah video sebagai media belajar

Jika Takaiters adalah tipe pelajar yang senang dan lebih paham jika diterangkan secara visual, maka belajar dengan menggunakan media video sangat tepat dilakukan.

Takaiters bisa mencari materi belajar di platform seperti Youtube atau aplikasi berbayar lain seperti quipper dan ruang guru.

5. Belajar sambil mendengarkan musik

Mendengarkan musik juga jadi salah satu cara belajar efektif yang ampuh, lho. Tapi jangan dengarkan musik yang ada liriknya, ya. Cukup alunan musik yang membangkitkan mood seperti musik klasik. Konon, nada-nada dalam musik klasik ini bisa membangkitkan bagian-bagian tertentu supaya otak bisa mencerna lebih baik saat belajar.

6. Siapkan makanan dan minuman ringan

Belajar sudah pasti menguras energi tubuh dan otak Takaiters bukan? Dalam keadaan lapar seperti itu juga kalian tidak mungkin konsentrasi belajar.

Oleh karena itu, siapkan dahulu makanan dan minuman ringan. Dengan menyiapkan makanan dan minuman, barangtentu akan membuatmu lebih nyaman dan juga kalian akan lebih berkonsentrasi sehingga materi yang sedang kalian pelajari lebih mudah dicerna.

Itulah 6 tips ampuh belajar efektif meskipun di rumah saja. Kira-kira, cara yang mana yang sudah Takaiters terapkan sekarang? Jika belum satupun, yuk coba terapkan agar belajarmu tetap efektif walaupun tengah belajar di rumah.