Halo, Takaiters!

Kota Blitar adalah salah satu wilayah di Jawa Timur. Kota kecil ini ternyata memiliki banyak destinasi wisata yang sangat indah, tidak hanya tempat makam Bung Karno. Dengan pesona yang tak kalah indah dengan kota-kota lain. ingin tahu apa saja destinasi wisatanya? Yuk, simak penjelasan ini untuk destinasi pesona wisata Blitar yang bisa Anda kujungi.

  1. Masjid Ar-Rahman

wisata blitar jawa timur
Foto: seringjalan.com

Masjid ini tepatnya berada di Jalan Ciliwung No.2, kota Blitar. Yang membuat istimewa dari Masjid ini adalah gaya arsitektur yang mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid ini dibangun oleh seorang pengusaha bernama Abah Hariyanto atas dasar pengalaman spiriyual saat melaksanakan ibadah haji pertama kali di Masjid Nabawi.

Beliau takjub dan ingin membangun masjid seperti masjid di Madinah tersebut. Akhirnya 25 Dessember 2019 Masjid ini resmi dibuka. Ciri khas gaya bangunan ini mengusung model kontemporer klasik Utsmaniyah Mamluk. Hal itu bisa langsung dilihat dari bentuk pilar yang berbentuk melengkung dengan motif hitam putih.

Jika kamu berkunjung maka akan disambut dengan keindahan 11 pintu masuk setinggi tiga meter dan lebar dua meter, dilengkapi dengan keindahan ukiran kaligrafinya.

  1. Pantai Tambakrejo

Foto: wikipedia.com

Pantai ini tepatnya berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Jalan menuju pantai ini masih lumayan sulit karena letaknya yang berkelok-kelok menuju lokasi.

Tetapi rasa lelah akan terbayar jika sudah sampai di sana. Karena kita akan disuguhkan akan keindahannya yaitu pasir putih yang menawan, kuliner aneka makanan laut (seafood) tersedia. Karena pantai ini juga termasuk tempat pelelangan ikan.

  1. Pantai Peh Pulo
wisata blitar 2020
Foto: jejakpiknik.com

Pantai ini terletak di Desa Sumbersih, Panggungrejo, Blitar. Pantai ini dijuluki Raja Ampat Mini dari Blitar, karena didekatnya terdapat gugusan pulau kecil sehingga dari kejauhan terlihat seperti Raja Ampat.

  1. Goa Embultuk

wisata blitar terbaru 2020
Foto: KSMTtour.com

Gua Embultuk ini tepatnya berada di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Hiasan di dalam Gua Embultuk dipenuhi dengan stalagmit dan stalaktit. Yang membuat gua ini menarik, jika memasukinya kita harus rela basah-basahan karena gua ini penuh dengan air setinggi dada orang dewasa.

Air di dalam gua ini menembus ke pantai selatan. Di penghujung perjalanan kita bisa istirahat di sebuah kubah yang menyerupai aula besar. Kubah ini bisa menampung ribuan orang. Konon gua ini dulunya pernah dijadikan sebagai tempat persembunyian gerakan sebuah partai terlarang (PKI).

  1. Kampung Cokelat

wisata blitar kampung coklat
Foto: travelingyuk.com

Wisata ini terletak di jalan Benteng Blorok 18, Desa Plosorejo, Kademangan, Blitar. Lokasi ini  merupakan tempat pembudidayaan tanaman cokelat yang dikelola oleh warga setempat. Jika Anda main ke sini maka akan dimanjakan berbagai kuliner yang olahannya semua berbahan  cokelat.

  1. Kebun Teh Serah Kencong

wisata blitar apa sudah buka
Foto: kompasiana.com

Perkebunan ini terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Selain disuguhkan hamparan tanaman teh, suasana nan asri sangat enak dinikmati bagi Anda yang ingin melepas penat. Tak hanya tanaman teh, di tempat ini juga terdapat air terjun. Sehingga menambah keindahan dan semakin lengkap untuk merefresh otak.

Bagaimana, Takaiters? Indah bukan? Sempatkan diri Anda mengunjungi beberapa destinasi tersebut jika singgah di kota Blitar.