Hai, Takaiters!

Tidak seperti bagian kulit lainnya, ternyata kulit bibir lebih tipis dan halus serta tidak memiliki kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan. Sehingga bibir lebih gampang mengering dan pecah-pecah.

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah ternyata dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk kurangnya kelembapan yang dapat memperburuk kondisi bibir kering.

Bibir yang kering dan pecah-pecah dapat menyebabkan kulit bibir terkelupas dan menimbulkan rasa sakit. Meskipun tidak menunjukkan masalah yang serius, tapi kondisi seperti ini akan membuatmu merasa tidak nyaman, mengurangi rasa percaya diri, dan juga membuat penampilan jadi terganggu.

Bibir kering dan pecah-pecah juga dapat menjadi tanda adanya alergi, dehidrasi, kekurangan vitamin, atau permasalahan lainnya. Oleh sebab itulah, kamu perlu mengetahui penyebab bibir kering dan pecah-pecah agar lebih mudah mencari cara mengatasinya.

1. Alergi

Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah
Foto: Pixabay.com

Salah satu hal yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah yakni adanya reaksi alergi terhadap pelembap, pasta gigi, lipstik, atau benda apa pun yang diaplikasikan pada bibir atau sekitarnya. Gejala lain yang dapat ditemui yakni adanya gatal-gatal dan iritasi, kekeringan parah, atau ruam akut pada bibir.

Apabila kamu mengalami permasalahan pada bibir setelah menggunakan produk bibir baru, cobalah untuk menghentikan pemakaiannya dan lihat apakah kondisi bibirmu membaik.

Terkadang alergi terhadap makanan juga dapat menyebabkan gangguan seperti ini. Dan kondisi ini pun akan terus berkelanjutan bila penyebab alerginya tidak teridentifikasi dan dihindari.

2. Dehidrasi

penyebab bibir kering dan hitam
Foto: Pixabay.com

Mata, bibir, dan mulut yang kering dapat menjadi tanda-tanda dehidrasi. Hal ini merupakan saat tubuh kekurangan sejumlah cairan. Banyak orang yang tidak cukup mengonsumsi air. Selain itu dehidrasi juga bisa disebabkan oleh diare, berkeringan hebat, muntah, dan sakit.

Gangguan berupa dehidrasi ini dapat menjadikan tubuh kesulitan untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Oleh karenanya kamu harus melakukan pencegahan dengan minum delapan hingga dua belas gelas air dalam sehari.

Sebab dehidrasi yang tidak diatasi akan sangat mengganggu keseimbangan mineral alami dalam tubuh yang dapat menjadikan kondisi kulit semakin buruk.

3. Bernapas melalui mulut

penyebab bibir kering dan gatal
Foto: Pixabay.com

Tidak banyak yang menyadari bila tidur dengan mulut terbuka lebar ternyata bukan hanya bisa menyebabkan merembesnya air liur, tapi juga dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Mungkin kamu tidak memperhatikan keadaan ketika hidung tersumbat dan kamu harus bernapas melalui mulut agar bisa tidur dengan lebih nyaman. Padahal, hal tersebut juga dapat menjadikan bibir pecah-pecah lho.

4. Kurangnya vitamin

penyebab bibir kering saat hamil
Foto: Pixabay.com

Vitamin B2, atau riboflavin diperlukan untuk proses metabolisme lemak, mempertahankan kadar asam homocystein dalam darah agar tetap normal, dan hal-hal seperti fungsi sel. Kekurangan vitamin B dapat menjadi penyebab dari berbagai permasalahan kulit seperti bibir pecah-pecah, ruam, kekeringan, bahkan jerawat pada wajah. Hal ini dikarenakan vitamin B sangat berperan untuk menjadikan kulit tetap sehat.

5. Konsumsi makanan pedas dan asam

Foto: Pixabay.com

Apabila kamu mengalami bibir kering dan pecah-pecah, cobalah untuk kembali memperhatikan makanan yang sudah dikonsumsi. Sebab terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan asam ternyata dapat menjadikan bibir kering dan pecah-pecah.

Diketahui kandungan garam yang terdapat pada makanan asin bisa mengiritasi kulit bibir dan juga menarik kelembapan air sehingga kulit jadi lebih mudah kering. Begitu pun dengan makanan bercita rasa pedas yang kamu konsumsi.

6. Paparan sinar matahari

Foto: Pixabay.com

Ternyata paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Hal tersebut dikarenakan sinar ultraviolet (UV) dapat menyebabkan kulit bibir menjadi rusak dan kering.

Selain itu, paparan sinar matahari yang terlalu lama juga akan mengakibatkan kondisi medis cheilitis aktinik. Kondisi tersebut dapat menyebabkan bibir bukan hanya kering dan pecah-pecah, tapi juga terasa sangat kasar. Ini merupakan kondisi prakanker yang biasanya berpengaruh pada bibir bawah.

Itulah beberapa penyebab bibir kering dan pecah-pecah yang harus Takaiters pahami. Dengan begitu kamu akan lebih mudah menghindari penyebab terjadinya gangguan pada bibir, sehingga kesehatan bibirmu akan tetap terjaga.