Hai, Takaiters!

Wah, nggak terasa ya sekarang sudah memasuki momen Iduladha. Perasaan baru kemarin menyaksikan jamaah haji berangkat ke tanah suci. Eh, sekarang sudah lebaran.

Momen Iduladha sangat identik dengan sajian olahan daging. Mulai dari yang kering seperti sate dan yang berkuah seperti semur daging dan coto.

Sudah kebayang nggak, sih, enaknya hidangan di hari lebaran yang bakalan kamu santap? Ada juga olahan daging khas Sulawesi Selatan yang super lezat, bisa lupa diet pokoknya kalau berhadapan dengan makanan nikmat ini.

Nah, Takaiters! Ini dia enam jenis olahan daging khas Sulawesi Selatan yang wajib kamu coba.

1. Coto Makassar

Foto: jpnn.com

Coto Makassar merupakan ikon kuliner Sulawesi Selatan, lho, Guys. Bahan dasarnya adalah daging sapi yang dipotong berbentuk dadu. Kuahnya sendiri dibuat dari berbagai macam rempah, dan yang khas adalah kacang tanah sangrai yang membuat coto Makassar ini sangat gurih.

Kuah coto yang kental akan komplit dengan tambahan irisan daun bawang, bawang goreng, dan perasan jeruk nipis. Tak boleh ketinggalan, tambahkan cabai tumis untuk semakin melezatkan hidangan coto Makassar.

Coto Makassar ini biasanya disantap dengan menggunakan ketupat. Dengan hidangan yang super nikmat ini, yakin masih bisa diet?

2. Pallubasa

Foto: arsy.co.id

Setelah coto Makassar, salah satu makanan khas Sulawesi Selatan adalah pallubasa. Sekilas kedua makanan ini hampir sama, namun bila dicicipi akan terasa bedanya.

Kuah coto Makassar dicampur dengan kacang tanah sangrai, sedangkan kuah pallubasa dicampur dengan kelapa parut sangrai yang ditumbuk halus. Isi pallubasa adalah jeroan dan daging sapi.

Salah satu yang khas dari pallubasa ini adalah makanan ini dihidangkan bersama telur yang direbus setengah matang. Selain itu, jangan lupa santap dengan sepiring nasi biar kenyang, ya, Guys.

Pilihan Editor


3. Sop Saudara

Foto: makanan-khas-daerah.blogspot.com

Makanan yang satu ini tepatnya berasal dari Kabupaten Pangkep. Sop saudara adalah makanan yang berbahan utama daging sapi. Meski kuahnya tidak sekental coto Makassar, rasanya tidak kalah nikmat dari coto Makassar.

Makanan ini khas dengan campuran bihun dan perkedel kentang. Biasanya disajikan bersama ikan bolu bakar dan sepiring nasi hangat. Wah, kebayang sedapnya.

4. Sop Konro

Foto: cewekece.com

Setelah sop saudara, makanan khas Sulawesi Selatan yang lainnya yaitu sop konro. Sop ini berbahan utama iga sapi.

Rasa kuahnya lebih kuat dibanding sop saudara. Ini karena bumbu kuahnya terbuat dari campuran ketumbar, pala, kayu manis, cengkeh dan bumbu lain. Dan yang tak kalah khas dari kuah sop konro adalah campuran buah keluak yang membuat kuah sop konro ini berwarna hitam.

5. Sop Kikil

Foto: kompaswisata.com

Salah satu olahan daging khas Sulawesi Selatan yang wajib kamu coba di momen Iduladha adalah sop kikil. Bila sop konro berbahan dasar iga sapi, sop kikil ini bahan utamanya adalah bagian kikil sapi. Sangat cocok disantap dengan buras atau nasi hangat.

6. Daging Goreng-Goreng

Foto: lestariweb.com

Takaiters! Bila kelima olahan daging khas Sulawesi Selatan sebelumnya semua berkuah, beda halnya dengan daging goreng-goreng atau gore-gore.

Perpaduan rasa pedas, asam, manis dan empuknya daging yang direbus lama membuat olahan daging ini terasa lezat. Ditambah dengan taburan ubi jalar goreng, yummi! Benar-benar bikin lupa kenyang.

Nah, Takaiters! Sudah kebayang ‘kan nikmatnya olahan daging khas Sulawesi Selatan ini? Kamu paling suka yang mana?