Hai, Takaiters!

Kamu bosan dengan olahan daging ikan yang itu-itu saja? Yuk, kita coba olahan daging ikan khas palembang. Selain namanya yang unik rasanya juga recommended untuk dicoba. Penasaran? Yuk, diintip satu per satu.

1. Otak-Otak

Foto: Cookpad.com

Tuh, baru dengar namanya aja udah unik gitu, Takaiters, apalagi rasanya. Tapi, jangan dikira ini otak manusia ya. No, … bukan! Ini adalah olahan daging ikan giling yang dicampur santan, tepung sagu dan rempah-rempah. Lalu dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang di atas bara api.

Hmm, sudah terbayangkan bagaimana harumnya aroma yang keluar. Apalagi bila sampai di lidah. Rasanya gurih. Pokoknya enak banget.

Ditambah lagi makannya dicocol dengan cuka merah. Apa itu cuka merah? Cairan yang berbahan dasar gula merah, bawang putih, asam jawa, cabai rawit merah, cabai merah dan tauco. Rasanya? Pedas dan nikmat.

2. Celimpungan

Foto: food.detik.com

Makanan berbahan dasar ikan satu ini wajib kamu coba, Takaiters, biar kamu tak penasaran lagi. Celimpungan merupakan olahan daging dan tepung sagu yang berbentuk bola-bola berukuran agak besar, yang dimakan dengan kuah santan kental dan berbumbu khas. Biar lebih menggugah ditaburi dengan irisan bawang goreng. Terbayangkan, bagaimana menggodanya celimpungan?

3. Lenggang

Foto: travelingyuk.com

Olahan daging ikan satu ini cara memasaknyan sama seperti otak-otak. Dipanggang dan menggunakan daun pisang. Bedanya lenggang menggunakan daun pisang yang sudah dibentuk segi empat sebagai tempat dan cetakan membentuk adonan ikan, Takaiters.

Lenggang menjadi spesial karena menggunakan telur sebagai salah satu bahan bakunya. Setelah diangkat dari pemanggangan, Takaiters bisa lihat, nih, bagaimana warna kuning telur berbaur dengan adonan ikan dan tepung sagu. Belum lagi aroma yang keluar dari daun pisang yang dibakar. Terbayangkan bagaimana harum dan nikmatnya di lidah?

4. Tekwan

Foto: craftlog.com

Tekwan bentuknya mirip celimpungan, namun ukurannya lebih kecil, Takaiters. Dimakan dengan kuah berkaldu udang lengkap dengan potongan jamur, soun, irisan bengkuang yang berbentuk korek api. Plus, irisan daun seledri dan taburan bawang goreng pada toppingnya. Rasanya? Sangat menggoyang lidah, apalagi bila ditambah cabai dan dimakan selagi hangat. Kamu yang pecinta olahan ikan, harus mencobanya, Takaiters.

5. Model

Foto: harnas.co

Ini bukan model iklan atau model yang biasa berjalan di catwalk ya, Takaiters. Tapi ini makanan khas palembang yang harus kamu coba juga. Model mirip dengan tekwan yang berkuah kaldu udang, dan irisan bengkuang berbentuk korek api. Namun, model merupakan olahan daging ikan, dan sagu yang berisi tahu, ya, Takaiters. Bentuknya sebelum dipotong berupa segitiga. Biasanya disajikan dalam bentuk potongan memanjang sesuai selera. Dinikmati dengan irisan jamur, taburan daun seledri dan irisan bawang goreng pada bagian atasnya.

6. Laksan

Foto: palembang-foods.blogspot.com

Namanya aja udah khas begini, bagaimana lagi rasanya, ya, Takaiters. Laksan merupakan olahan daging ikan yang berbentuk panjang mirip pempek lenjer besar, dan diiris-iris. Dimakan dengan kuah santan kental yang bercampur bumbu rempah, dan cabai. Tak lupa irisan bawang goreng di atasnya, ya. Rasa ikan bercampur kuah santan yang pedas sangat memanjakan lidah, ya, Takaiters. Jangan sampai, Kamu cuma penasaran sama namanya, ya, harus banget dicoba.

Nah, semua nama di atas unik banget kan, Takaiters? Unik namanya maupun rasanya. Tak hanya itu, semua makanan ini berbahan dasar ikan yang kita semua tahu kaya akan manfaat buat tubuh.