Dengan semakin berkembangnya zaman, keteganggan antar negara-negara dunia  yang terjadi akhir-akhir ini semakin sering Kita dengar. Seperti masalah sengketa yang terjadi di Laut Cina Selatan yang melibatkan Tiongkok, Vietnam, Taiwan, Brunei, Malaysia, dan Filipina. Dan yang lebih parahnya lagi uji coba rudal baru-baru ini yang dilakukan oleh Korea Utara yang diyakini akan menghancurkan harapan perdamaian dunia dan berbuntut terjadinya peperangan.

Ketika negara-negara dunia saat ini sedang intens melakukan pengembangan dan penambahan alutsista yang berguna untuk memperkuat kekuatan militer negara tersebut, tetapi masih saja ada beberapa negara-negara yang tidak mempunyai kekuatan militer di dunia.

Negara-negara tanpa militer tersebut hanya mengandalkan polisi dan kemampuan diplomasi untuk menghindari terjadinya perang dengan negara-negara tetangga lainnya. Jadi penasaran bukan? masa iya sih ada negara yang tidak mempunyai kekekuatan militer di dunia. Berikut ini Takaitu telah menyiapkan infonya bagi Kalian semua.

Kosta Rika hanya memiliki Fuerza publica atau kepolisian untuk menjaga keamanan negara

negara yang tidak memiliki tentara di dunia
Foto : gogoo-tour.com

Sebelum seperti sekarang, negara Kosta Rika pernah memiliki angkatan bersenjata, tetapi di masa pemimpinan presiden Figueres Ferres undang-undang mengenai angkatan bersenjata dihapus. Setelah presiden Figueres Ferres menandatangani undang-undang penghapusan angkatan bersenjata di Kosta Rika.

Pilihan Editor

Penghapusan angkatan bersenjata tersebut merupakan buntut pasca terjadinya perang saudara yang mengakibat 2000 nyawa melayang. Saat ini Kosta Rika hanya memiliki kepolisian yang bertugas untuk menjaga keamanan negara, menegakkan hukum, dan mengawasi perbatasan.

Dan bagaimana jika negara Kosta Rika diserang oleh negara lain? Tenang saja, berdasarkan perjanjian Bantuan Respikoral Inter-Amerika 1947, jika Kosta Rika diserang maka akan ada 21 negara yang siap membantu seperti USA, Kuba, Chile.

Negara Samoa harus bergantung kepada negara Selandia Baru

negara yang tidak memiliki tentara di dunia
Foto : woowals.com

Samoa merupakan negara yang berada di kepulauan Samudera Pasifik, negara ini merupakan negara yang tidak mempunyai kekuatan militer yang memadai, dan sangat rentan diserang sewaktu-waktu.

Karna itu Samoa harus bergantung kepada kekuatan militer Selandia Baru yang telah diatur pada perjanjian 1962, isi perjanjian tersebut adalah Samoa boleh meminta bantuan kepada militer Selandia Baru. Tetapi perjanjian tersebut bisa sewaktu-waktu berubah, jika kedua negara menginginkannya.

Vatikan sebagai negara terkecil dunia hanya mengandalkan Gendarmerie Corps dan Garda Swiss yang bertugas menjaga keamanan

negara yang tidak memiliki tentara di dunia
Foto : lagazzettaitaliana.com

Negara yang berpredikat sebagai negara terkecil di dunia,  ini merupakan salah satu negara yang tidak mempunyai kekuatan militer di dunia. Untuk menjaga keamanan negara ini, Vatikan hanya mengandal Gendarmerie Corps dan Garda Swiss.

Garda Swiss bertugas sebagai pengamanan bagi Paus, sedangkan Gendarmerie Corps merupakan kelompak sipil yang bertugas menjaga ketertiban, mengatur lalu lintas, menyelidiki kasus kriminal, dan mengawasi perbatasan. Jika terjadi serangan negara ini mengandalkan kekuatan militer dari negara tetangga Italia.

Kepulauan Solomon harus menjalin kerja sama pertahanan dengan Australia

negara yang tidak memiliki tentara di dunia
Foto : 3.bp.blogspot.com

Kepulauan Solomon merupakan negara kecil yang berada di kepulauan Samudera Pasifik, negara yang tidak mempunyai kekuatan militer memadai ini harus menjalin kerja sama pertahanan dengan negara Australia. Jadi, jika terjadi serangan atau perang di Kepulauan Solomon, negara Australia menjadi negara terdepan yang akan memberikan bala bantuan militer dan perlindungan bagi negara tersebut.

Haiti tidak punya militer, pasca terjadinya kudeta yang dilakukan oleh militernya

negara yang tidak memiliki tentara di dunia
Foto : journalismgrants.org

Haiti saat ini merupakan negara yang tidak mempunyai kekuatan militer, hal ini disebabkan konflik politik yang terjadi antara pemerintah Haiti dan militer disana. Konflik politik tersebut berujung dengan kudeta yang dilakukan oleh militer Haiti terhadap presiden Jean Bertrand Arsitide pada tahun 1991.

Sehingga pada tahun 1994, PBB ikut turut tangan untuk meredahkan konflik tersebut dengan cara memaksa kekuasaan militer Haiti dinonaktikan dan mengangkat kembali presiden Jean Bertrand Arsitide. Setelah diangkat kembali, sang presiden pun memutuskan untuk membubarkan militer di Haiti, hingga saat ini keamanan negara tersebut diserahkan sepenuhnya ke tangan PBB.

Islandia hanya memiliki Icelandic Coast Guards untuk mengawasi wilayah udara dan laut

negara yang tidak memiliki tentara di dunia
Foto : cnnindonesia

Sistem pertahanan negara Islandia terdiri dari Icelandic Coast Guards, unit keamanan nasional, dan pasukan satuan khusus. Sebagai salah satu negara anggota NATO, negara Islandia merupakan satu-satunya negara yang tidak memiliki tentara tetap. Jika terjadi agresi di negara tersebut, Islandia sudah melakukan perjanjian dengan NATO dan USA yang akan memberikan bantuan militer kepada Islandia yang sewaktu-waktu.

Walaupun 6 negara diatas tidak mempunyai kekuatan militer yang memadai, tetapi negara-negara tersebut relatif aman dari ancaman perang. Dimana saat ini situasi di beberapa negara-negara dunia sedang memanas akibat gesekan politik, maupun ancaman perang dari negara tetangga.