Hallo, Takaiter!

Kopi hitam merupakan minuman yang dikonsumsi semua lapisan masyarakat. Kedai kopi sampai kafe yang menjual aneka jenis kopi sangat mudah ditemui. Selama ini kopi dipercaya dapat menyebabkan insomnia yang berakibat buruk pada kesehatan.

Namun ternyata, jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas, kafein yang terdapat pada kopi hitam sangat baik bagi kesehatan. Berikut enam manfaat kopi hitam bagi kesehatan, Takaiters!

  1. Baik Untuk Diet

manfaat kopi hitam untuk wajah
Foto: bongkar86.com

Kafein yang terkandung dalam kopi hitam dapat menurunkan berat badan 3-11%. Cara kerja kafein adalah memberi sinyal kepada sel lemak untuk segera memecah lemak-lemak jahat yang ada di tubuh. Kafein juga menjaga agar metabolisme dalam tubuh terjadi dengan baik sehingga tidak ada penumpukan lemak yang menyebabkan kegemukan.

  1. Meningkatkan Kerja Otak

manfaat kopi hitam bagi wanita
Foto: timesindonesia.co.id

Kafein merupakan stimulan yang sangat baik. Dengan minum kopi hitam daya kerja otak akan meningkat karena mendapat stimulus dari kafein yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Cara kerja kafein adalah menjaga agar otak tetap aktif. Kafein juga menjaga kita  dari penyakit demensia, yaitu menurunnya fungsi otak.

  1. Mengandung Antioksidan

manfaat kopi hitam untuk kulit
Foto: bp-guide.id

Penuaan dini pada kulit dapat terjadi karena polusi dan rusaknya sel kulit. Kafein yang terkandung dalam kopi hitam banyak mengandung antioksidan yang dapat menangkal racun pada tubuh dan menghambat kerusakan kulit sehingga tubuh awet muda.

Selain kafein, kopi hitam juga mengandung potasium, magnesium dan vitamin B yang sangat diperlukan tubuh.

  1. Anti Stres

manfaat kopi hitam bagi pria
Foto: indonesiainside.id

Secangkir kopi hitam dapat membuat kamu lebih rileks sehingga terhindar dari stres. Cara kerja kopi hitam adalah dengan merangsang pembentukan zat-zat dalam tubuh yang berpengaruh pada suasana hati seperti dopamin, neurotransmiter dan noradrenalin.

  1. Mencegah Diabetes

Foto: lifestyle.kompas.com

Penyakit diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah yang tinggi. Secara alami hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas dapat mengontrol kadar gula darah dengan memecah karbohidrat menjadi energi.

Hormon insulin yang tidak bekerja secara sempurna atau jumlahnya dalam tubuh kurang akan menyebabkan diabetes. Kopi hitam dapat meningkatkan daya kerja insulin sehingga terhindar dari penyakit diabetes.

  1. Mencegah Kanker Kulit

Foto: fin.co.id

Kanker kulit terjadi karena rusaknya jaringan kulit. Kafein yang terkandung dalam kopi hitam dapat mencegah terjadinya kerusakan kulit karena sinar matahari. Dengan takaran  yang tepat, minum kopi hitam dapat mencegah terjadinya kanker kulit.

Takaiters, masih takut minum kopi hitam? Asal diminum dalam takaran yang pas, manfaat kopi hitam akan baik untuk kesehatan kita.