Hai, Takaiters!

Kamu pasti pernah dengar hadist berikut : ”Sahur itu suatu berkah. Maka janganlah kamu meninggalkannya, walaupun hanya dengan meneguk seteguk air, karena sesungguhnya Allah dan malaikat- Nya bershalawat atas orang yang bersahur. [HR. Ahmad].”

Makan sahur dapat memberikan energi untuk kita, supaya dapat beraktivitas selama berpuasa. Namun kadang, karena rasa kantuk membuat kita malas untuk bangun sahur. Untuk membangkitkan nafsu makan sahur, kita perlu menyiapkan menu yang menggugah selera. Makanan berkuah bisa mejadi pilihan Takaiters. Berikut enam jenis menu makanan berkuah yang bisa kamu pilih.

Sayur Bening

Foto: food.detik.com

Menu berkuah yang paling praktis adalah sayur bening. Sayur bening memiliki rasa yang ringan karena tidak banyak bumbu rempah di dalamnya. Menu ini cocok menjadi pendamping berbagai jenis lauk. Contoh kombinasi sayur bening misalnya bayam dan jagung, bayam dan wortel, oyong dan putren, oyong dan misoa, daun kelor dan juga daun katuk.

2. Soto

Foto: unileverfoodsolution.co.id

Di Indonesia ada berbagai macam jenis soto. Masing-masing punya ciri khasnya tersendiri misalnya soto betawi, soto lamongan, soto kudus, soto padang, soto klaten, soto banjar dan lain sebagainya. Bahan dasar soto biasanya adalah daging sapi, kambing, ayam, babat dan juga ceker. Ada dua jenis soto yaitu soto bening dan soto bersantan. Kuah soto yang gurih dipadu dengan perasan jeruk nipis mampu membangkitkan selera makan, terutama di saat sahur.

3. Sayur Asem

Foto: cintaihidup.com

Bosan makanan bersantan dan lebih suka kuah yang segar? Bagi kamu yang suka rasa asem, asin, dan gurih, sayur asem adalah pilihan yang tepat. Perpaduan rasa di dalamnya sangat unik. Campuran sayuran di dalamya dapat disesuaikan misalnya jagung, labu siam, pepaya muda, terong, daun so, kacang panjang, melinjo, dan kacang tanah. Kamu juga bisa menambahkan tetelan untuk kaldunya supaya lebih gurih.

4. Sayur Sop

Foto: cookpad.com

Sayur sop sangat sering dijadikan pelengkap menu sehari-hari. Rasanya gurih dan segar. Untuk kaldunya bisa berasal dari daging tetelan, tulang iga, dan juga ceker ayam. Sayuran yang bisa dibuat menjadi sop misalnya wortel, kentang, buncis, daun bawang, seledri, dan juga kol. Sebagai pelengkapnya kita bisa menaburkan bawang goreng supaya makin gurih.

5. Sayur Lodeh

Foto: id.tastemade.com

Bahan campuran sayuran lodeh hampir sama dengan sayur asem. Yang membedakannya adalah kuahnya. Sayur lodeh menggunakan santan, tetapi tidak menggunakan asam. Rasanya yang gurih sangat cocok disantap dengan sepiring nasi hangat.

6. Bakso

Foto: fimela.com

Menu berkuah selanjutnya adalah bakso. Siapa yang tidak suka bakso? Bisa dikatakan bakso adalah makanan favorit sejuta umat. Hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini. Kuahnya yang segar, gurih, dan pedas serta aroma khasnya sangat menggugah selera. Daging yang bisa dibuat menjadi bakso misalnya daging saspi, ikan, daging ayam, dan udang. Sebagai pelengkapnya, bisa ditambahkan sayuran seperti sawi, tauge, kol. Untuk karbohidratya bisa ditambah dengan mie kuning, bihun maupun soun.

Nah, Takaiters, dari keenam menu berkuah di atas, mana yang menjadi favorit Takaiters?