Hallo, Takaiters!

Mie merupakan makanan pokok di beberapa Negara tertangga, salah satunya yaitu Negara Cina dan juga Jepang. Di Indonesia, makan mie juga ternyata sangat digemari, karena memberikan nutrisi berupa karbohidrat yang dapat menghilangkan rasa lapar, seperti mie ayam, mie baso, mie goreng dan lain-lain.

Mie yag disajikan ternyata sekarang sangat menarik, karena mie yang kita makan memiliki banyak warna. Namun, warna tersebut bukan dari bahan kimia. Mie dengan bermacam-macam warna ini, ternyata terbuat dari bahan alami yang memang dapat menyehatkan.

Ada 6 macam warna mie yang sehat perlu diketahui dengan bahan dasar alami yaitu sebagai berikut :

  1. Mie Pelangi

warna mie yang sehat
Foto: tokomesin.com

Mie pelangi ini memiliki variasi warna, mulai dari merah, hijau dan orange. Bahan pewarna yang dipakai adalah dari bahan alami yaitu bayam, yang akan memberikan warna hijau;  buah bit, yang akan memberikan warna merah, dan wortel yang akan memberikan warna orange. Mie pelangi ini disajikan bersama bakso. Warnanya seperti pelangi karena ada merah, orange dan hijau.

  1. Mie Hitam

Cara membuat macam warna mie yang sehat
Foto: fimela.com

Mie hitam memiliki warna hitam dari tinta, namun tinta yang dipakai adalah tinta hitam yang diambil dari cumi-cumi. Bahan ini tidak berbahaya, meskipun terlihat hitam. Mie hitam juga disajikan bersama bakso. Rasanya ternyata enak juga lho!

  1. Mie Orange

Cara membuat warna mie yang sehat
Foto: shopee.com

Mie orange memiliki warna orange dari sayuran wortel. Wortel tersebut memiliki kandungan vitamin A yang bisa menyehatkan mata. Jika makan mie ini, maka selain menghilangkan rasa lapar, ternyata dapat memberi nutrisi untuk mata kita.

Pembuatan mie yang dilakukan adalah dengan mencampur hasil perasan wortel yang telah dibuat jus kemudian dimasukan ke daam adonan terigu, sehingga memberikan warna orange.

  1. Mie Hijau

Cara membuat mie sehat
Foto: cookpad.com

Mie hijau memiliki warna hijau dari sayura bayam. Selain bayam, bisa juga menggunakan brokoli, dan caisim, sehingga memberikan warna hijau. Sayuran tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung serat dan mengandung antioksidan.

  1. Mie Ungu

Foto: cookpad.com

Mie ungu memiliki warna ungu dari bahan ubi ungu. Ubi ungu memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Warnanya sangat menarik sehingga menggugah selera untuk mengkonsumsi mie tersebut. Mie ini sudah banyak disajikan bersama bakso, juga untuk hidangan mie ayam.

  1. Mie Merah

Foto: cookpad.com

Mie merah memiliki warna merah dari buah bit. Buah bit ini bisa memberikan tambahan mineral zat besi yang bisa menambah jumlah sel darah. Mie merah ini selain rasanya enak, tetapi juga menyehatkan. Tampilan mie ini sangat menerik, apalagi kalau digabung dengan mie bihun yang berwarna putih, dapat menjadi mie merah putih. Keren, kan? Bisa dipakai dalam acara peringatan hari kemerdekaan negara kita.

Nah, Takaiters! Itulah 6 macam warna mie yang sehat dapat menghilangkan rasa lapar dan juga dapat menyehatkan tubuh, karena pewarna yang dipakai pada adonan mie adalah berasal dari bahan alami. Selamat mencoba yah! Pasti seru deh, melihat warna-warni dari mie yang kita makan!