Hai, Takaiters!

Provinsi Jawa Barat terkenal dengan kulinernya yang enak-enak dan ngehit, banyak wisatawan yang berkunjung ke tanah Sunda ini untuk hanya sekadar mencicipi berbagai kuliner khas Jawa Barat khususnya kota Tasikmalaya.

Kota Tasikmalaya berada di bagian Tenggara wilayah Provinsi Jawa Barat. Kota ini dahulu adalah sebuah kabupaten, seiring perkembangan maka Tasikmalaya di bagi menjadi 2 pemerintahan yaitu Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya.

Kuliner apa saja yang ngehit di Tasikmalaya?

1. Karedok

Foto: unileverfoodsolution.co.id

Takaiters, karedok ini berbahan dasar sayuran mentah, seperti taoge, kol, kacang panjang, mentimun, daun kemangi, dan terong, lalu dicampur saus bumbu kacang yang di buat dari kacang tanah, kencur, cabai merah, air asam, gula jawa, garam, terasi, dan sedikit bawang putih. Disajikan dengan taburan krupuk dan goreng bawang.

2. Nasi Tutug Oncom

Foto: food.detik.com

Nasi tutug oncom atau disingkat nasi TO, nasi diaduk dengan oncom
tutug yang dalam bahasa Sunda artinya oncom tumbuk. Oncom ditumbuk bersama kencur, bawang merah, bawang putih, dan garam, lalu di goreng. Dalam penyajiannya dilengkapi dengan sambal, ayam goreng ditambah lalapan.

Seiring zaman, tutug oncom kini tersedia dalam bentuk instan, dikemas sehingga dapat dibawa menjadi oleh-oleh.

3. Serabi

Foto: travelingyuk.com

Serabi ini merupakan makanan tradisional yang terbagi menjadi 2 macam, yaitu serabi manis yang memakai kinca dan serabi asin yang memakai oncom pedas atau tanpa oncom.
Serabi mempunyai wangi dan rasa yang khas karena dimasak menggunakan tungku.
Seiring perkembangan zaman, serabi memakai toping  bervariasi seperti keju, sosis, maupun mayonaise.

4. Pepes

Foto: idtastemade.com

Pepes atau pais dalam bahasa Sunda diolah dengan menggunakan daun pisang untuk membungkus isinya. Isian pepes bisa ikan atau daging ayam yang dicampur bumbu rempah yang sudah dihaluskan, ditambah tomat, cabai, daun kemangi, daun salam, dan sereh. Bungkusan ini lalu dipanggang di atas api dan kemudian dikeringkan di atas bara api dari arang.

Selain ikan dan daging ayam;  jamur, telor asin, dan tahu enak juga untuk dipepes dan pengolahannya pun hampir sama.

5. Mi Bakso

Foto: travel.kompas.com

Mi bakso banyak ditemukan juga ditempat lain, namun kamu harus mencoba mi bakso  yang ada di Tasikmalaya, dijamin paling enak. Selain mi-nya yang lembut juga baksonya yang gurih, mi bakso di sini bervariasi, ada yang ditambah toping babat, daging ayam, tulang atau ceker ayam, juga pangsit.  Kamu bisa memilih baksonya sesuai selera, bakso urat atau bakso daging biasa yang teksturnya lebih halus. Jika kamupenyuka pedas, kuahnya bisa ditambah sambal yang disediakan dijamin tambah menggugah selera.

Dalam penyajiannya mi ditambahkan minyak yamin, sayurannya cukup sawi saja dan kuahnya dipisah kemudian ditambahkan toping babat atau cincang daging ayam. Itulah yang membedakan mi bakso Tasikmalaya dengan mi bakso di tempat lain, Takaiters.

6. Bubur Ayam

Foto: resepnusantara.id

Kota Tasikmalaya juga terkenal akan bubur ayamnya yang enak dan gurih.  Yang membedakan bubur ayam Tasik dengan bubur ayam di daerah lain adalah rasa dan wanginya yang khas karena memakai bumbu rempah seperti daun salam dan sereh, buburnya kental ditaburi toping suwiran daging dan ati ayam, cakwe yang melimpah, sedikit bawang daun atau sesuai selera serta kacang, tanpa memakai seledri.

Tidak sulit untuk mencari bubur ayam di Tasikmalaya, banyak gerobak hingga warung makan yang menjajakan makanan ini.

Nah, Takaiters, itulah kuliner khas Tasikmalaya, Jawa Barat, menggoda bukan? Dan makanan itu semua ramah di kantong, tapi soal rasa dijamin menggoyang lidah. Tasikmalaya memang surganya wisata kuliner, Guys. Jadi kapan, nih, kamu akan berkunjung ke  kota ini?