Hallo, Takaiters!

Ikan merupakan bahan makanan yang baik untuk kesehatan. Selain mengandung kalsium, ikan juga banyak mengandung vitamin dan fosfor sehingga baik untuk pertumbuhan. Ikan juga dapat mencegah penyakit seperti jantung, diabetes dan alergi.

Banyak olahan berbahan dasar ikan yang dapat dibuat. Jambi adalah salah satu daerah yang kaya akan kuliner berbahan ikan. Berikut 6 kuliner berbahan ikan khas Jambi, cocok disantap di hari Idul Fitri. Yuk, simak, Takaiters!

1. Gulai Tempoyak Patin

kuliner berbahan ikan khas Jambi
Foto: kompas.om

Tempoyak merupakan makanan yang unik karena dibuat dari durian yang sudah difermentasikan. Tempoyak dapat dimakan langsung bersama nasi sebagai lauk atau digunakan untuk bumbu.

Ikan yang biasa dimasak dengan bumbu tempoyak adalah ikan patin. Cara membuat tempoyak cukup mudah. Daging durian dicampur dengan garam dan cabai yang sudah digiling. Kemudian simpan dalam wadah tertutup selama 3 hari untuk menunggu proses fermentasi.

Rasa khas tempoyak adalah asam manis pedas. Setelah tempoyak jadi, gunakan sebagai bumbu untuk memasak gulai tempoyak ikan patin.

2. Kerutup Ikan

kuliner khas Jambi berbahan ikan
Foto: cookpad.cm

Ikan yang biasa digunakan untuk bahan kerutup adalah ikan emas. Masakan ini cukup unik. Biasanya masakan yang dibungkus daun pisang adalah otak-otak yang dibakar, atau pepes dan garang asem yang dikukus. Berbeda dengan kerutup, dalam pengolahannya ikan dibungkus daun pisang kemudian digoreng.

Cara membuat kerutup cukup mudah. Setelah ikan dibersihkan, lumuri dengan perasan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan aroma amisnya. Kemudian ikan dibaluri dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbu yang digunakan adalah cabe rawit, bawang merah, bawang putih, garam, ketumbar, kemiri dan kunyit yang sudah dibakar.

Setelah ikan dilumuri bumbu, simpan dalam kulkas sekitar 30 menit agar bumbunya meresap. Setelah itu bungkus ikan dengan daun pisang. Jangan lupa tambahkan sisa bumbu yang digunakan untuk membaluri ikan. semat dengan lidi. Goreng ikan dalam minyak yang sudah panas sampai matang. Jangan lupa, tutup penggorengan selama proses memasak.

3. Gulai Tepek Ikan

kuliner khas jambi berbahan ikan
Foto: cookpad.com

Sekilas wujud gulai tepek ikan seperti pempek yang diberi kuah gulai. Ikan yang biasa digunakan untuk membuat gulai tepek ikan adalah tengiri dan gabus. Cara membuatnya cukup mudah. Ikan dihaluskan kemudian dicampur sagu dan bawang putih yang dihaluskan. Beri sedikit garam. Goreng sampai matang. Setelah matang tepek ikan disiram dengan kuah gulai.

Berbeda dengan kuah gulai biasanya, dalam penyajian kuah gulai untuk gulai tepek ikan ditambah irisan nanas sehingga rasanya menjadi asam segar. Agar lebih segar, tambahkan daun kemangi.

4. Pempek Sambal

kuliner khas jambi olahan ikan
Foto: dapurzahra.com

Pempek sambal khas Jambi hampir mirip dengan pempek Palembang. Bedanya pada kuah yang digunakan. Jika pempek Palembang menggunakan kuah cuko yang rasanya asam manis, pempek sambal dihidangkan dengan kuah sambal.

Bahan untuk kuah sambel berupa cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan garam yang dihaluskan jadi satu. Setelah  halus bahan tersebut ditumis dengan api kecil sampai matang.

5. Otak-otak

Foto: rctiplus.com

Otak-otak adalah salah satu olahan berbahan ikan yang cara pembuatannya dengan dipanggang. Biasanya otak-otak dimakan sebagai camilan. Bahan otak-otak adalah ikan tengiri, telor, tepung tapioka, maizena  dan santan.

Sedang bumbunya adalah bawang merah, bawang putih dan garam. Cara membuatnya adalah campur semua bahan dan bumbu, aduk sampai rata. Jangan lupa tambahkan daun bawang yang sudah diiris kecil-kecil.

Ambil adonan sekitar dua sendok dan bungkus dengan daun pisang. Bentuk bungkusan dengan menggulung daun pisang sehingga memanjang. Semat dengan lidi dan panggang sampai matang.

6. Gangan Palapa

Foto: jambi.tribunnews.com

Gangan palapa adalah makanan khas daerah Muaro Jambi. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan baung dan ikan patin. Sekilas masakan ini hampir sama dengan gulai namun yang membedakan adalah tidak menggunakan santan. Aroma gangan palapa sangat khas karena banyak menggunakan rempah sebagai bumbu.

Selain ikan, bahan untuk membuat gangan palapa adalah kangkung, singkong dan kacang panjang. Bumbu yang digunakana adalah cabai, kunyit. daun kunyit, sereh, daun salam, daun ruku-ruku, kemiri, terasi dan asam.

Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan semua bumbu kemudian masukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Masukkan singkong  dan daun salam. Setelah singkong masak, masukkan ikan, kangkung, kacang panjang dan asam. Gangan palapa siap untuk di santap.

Ikan merupakan bahan mkanan yang mudah didapat dengan harga cukup murah. Khasiat ikan untuk kesehatan tidak diragukan lagi. Kamu dapat menyiapkan salah satu dari 6 kuliner berbahan ikan khas Jambi yang cocok untuk disantap di Hari Idul Fitri nanti.