Hollaa, Takaiters!

Takaiters pernah merokok? Atau mempunyai kebiasaan merokok? Yapt, merokok merupakan kebiasaan yang buruk bagi kesehatan dan merugikan bagi finansial. Sejatinya memang setiap kebiasaan sangat susah ditinggalkan. Meninggalkan sebuah kebiasaan butuh niat, komitmen dan usaha keras untuk melakoninya. Berikut ini beberapa cara paling ampuh menghentikan aktivitas merokok.

1. Menjauhi segala hal yang berbau rokok, maka akan sangat membantu kamu untuk melupakan kebiasaan buruk tersebut

cara ampuh usir rokok
Foto : pexels.com

Kalau kita takut setan, maka jauhi. Inilah ungkapan gila yang melegenda pada anak-anak ,tetapi sarat akan makna. Segala hal yang berbau rokok harus dijauhi. Misalnya komunitas perokok, pertokoan, dsb. Ini sangat membantu Takaiters untuk melupakan kebiasaan buruk tersebut. Bukankah sesuatu yang jauh karena dijauhi itu membuat kita melupakannya?. Dengan demikian ketertarikan pada rokok akan menghilang.

2. Demi meredam keinginan untuk merokok lagi, cobalah melakukan perjalanan jauh tanpa rokok

cara ampuh usir rokok
Foto : pexels.com

Coba saja Takaiters putuskan untuk memutuskan perjalanan jauh misalnya, melaut atau ke hutan, dengan bermalam selama beberapa hari. Pastikan tidak membawa bekal rokok. Maka rentang waktu tanpa merokok akan membaik bagi kebiasaan.

Fokuskan perhatian di sekitar alam sehingga selera dan hasrat merokok akan hilang. Lakukan aktifitas yang sedikit ekstrim di sekitar alam yang membuat pikiran bekerja keras menerima reaksi stimulus baru yang susah dilupakan. Misalnya berenang sambil menyelam atau memanjat pohon tinggi.

3. Jadwal dirimu untuk olahraga “atur nafas” selama sebulan, maka usahamu untuk berhenti merokok semakin terbantu

cara ampuh usir rokok
Foto : pexels.com

Aktifitas merokok berhubungan proses respirasi yaitu menarik nafas kuat yang dalam dan melepas. Coba Takaiters duduk dibawah pohon atau di tepi laut atau dimana saja yang jauh dari komunitas merokok, lalu Takaiters menarik nafas kuat yang dalam dan melepaskannya secara perlahan. Jadwalkan kegiatan ini setiap hari selama sebulan. Insya Allah manjur.

4. “Say No” pada rokok, dan selalu berkomitmen apapun alasannya meskipun itu menyakitkan

cara ampuh usir rokok
Foto : pexels.com

Dengan mengatakan tidak pada sesuatu yang kita inginkan. Itu akan menyakitkan. Ketika teman kamu memberi rokok, maka katakan tidak, meskipun itu menyakitkan. Cobalah komitmen dengan selalu mengatan tidak ketika diberi dan melihat rokok.

5. Cobalah untuk mengunyah beberapa jenis daun-daunan bermanfaat, yang pada akhirnya akan menjadi kebiasaan baru bagi kamu

cara ampuh usir rokok
Foto : shutterstock

Perhatikanlah masyarakat Maluku dan Papua yang sebagian mengunyah daun sirih dan buah pinang. Mereka menjadikannya sebagai kebiasaan. Kamu bisa mengunyah daun jambu atau daun pisang dikala hasrat tiba-tiba muncul atau sengaja dijadwalkan.

Jangan berfikir bahwa ini adalah hal bodoh, tetapi sejatinya kegiatan ini bermanfaat bagi kekuatan gigi dan pengalihan stimulus otak pada kebiasaan baru tentunya. Mungkin permen juga bisa dikunyah tetapi berbahaya bagi keutuhan gigi.

6. Menggeluti hobi baru yang berbau olahraga fisik, yang memungkinkan bisa menahan hasratmu untuk merokok lagi

cara ampuh usir rokok
Foto : pexels.com

Temukanlah hobi baru dalam setiap kehidupan. Misalnya arum jeram, renang, futsal, atau Jogging. Fokuslah pada kegiatan tersebut sehingga perhatian pada rokok akan hilang. Kegiatan fisik yang dilakukan secara rutin terbukti dapat mengurangi keinginan pada nikotin loh, maka usahamu untuk berhenti merokok semakin terbantu.

Silakan dicoba, ya, Takaiters. Semoga artikelnya bermanfaat. Jangan untuk share dan komentar dibawah ya!