Hai, Takaiters!

Waktu sahur adalah salah satu waktu yang ditunggu pada saat bulan Ramadan selain waktu berbuka karena pada waktu sahur ini banyak sekali terdapat keberkahan. Memang untuk bangun pada waktu sahur terasa berat sehingga banyak orang yang malas untuk melakukannya.

Kebanyakan mereka memilih tidur dengan alasan cukup kuat melakukan puasa tanpa makan sahur. Pemikiran seperti itu seharusnya segera diubah karena Nabi Muhammad saw. sendiri menganjurkan untuk makan sahur. “Bersahurlah kalian karena di dalam sahur itu terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari Muslim)

Bukan hanya sekadar bangun dan makan di waktu sahur saja, manfaat sahur yang sesungguhnya adalah banyak sekali hal-hal positif yang bisa kamu dapatkan. Berikut ulasannya,

Teratur Melakukan Salat Malam

Foto: republika.co.id

Untuk melakukan makan sahur sudah pasti kamu akan bangun lebih pagi sebelum subuh. Usahakan bangun di waktu sepertiga malam terakhir sehingga kamu bisa melakukan salat Tahajud atau salat malam sebelum memulai makan sahur. Dengan rutin melakukan salat Tahajud maka insyaallah keberkahan akan makin banyak didapat.

Rutin Membaca Al-Qur’an

Fotot: Artikula.id

Selesai salat Tahajud, kamu masih punya waktu untuk membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an. Dengan membaca ayat-ayat Al-Qur’an di pagi hari maka otak kamu akan lebih fresh. Hati akan lebih tenang dan hidup akan terasa lebih nikmat.

Makin Dekat Dengan Keluarga

Foto: webmuslimah.com

Pada waktu sahur seluruh anggota keluarga akan bangun dan berkumpul. Gunakan waktu sahur untuk memupuk kedekatan anggota keluarga satu dengan yang lainnya. Ajak seluruh anggota untuk salat Tahajud dan mengaji bersama-sama.

Setelah itu, baru duduk di meja makan untuk bersama-sama menikmati hidangan makan sahur. Jika masih punya waktu luang gunakan untuk berdiskusi atau sharing dengan keluarga.

Salat Subuh Tepat Waktu

Foto: surabaya.tribunnews.com

Dengan bangun  pada waktu sahur maka salat Subuh juga akan menjadi tepat waktu. Salat Subuh bisa dilakukan di masjid. Namun, berhubung masih adanya pandemi corona, maka salat Subuh dilakukan berjamaah di rumah dengan anggota keluarga.

Tubuh Terasa Lebih Sehat dan Bugar

Foto: Pexels.com

Manfaat bangun pagi lainnya adalah tubuh akan terasa lebih sehat, segar, dan bugar. Nabi Muhammad saw. juga mencontohkan selalu bangun pagi untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Di waktu pagi, udara masih bersih dan belum tercemar polusi apa pun sehingga udara yang dihirup akan lebih fresh yang nantinya akan mengalir ke seluruh tubuh dan otak.

Pahala Berlipat

Foto: health.detik.com

Makan sahur dengan diniatkan ibadah juga dengan melakukan rangkaian ibadah mulai dari berwudu, salat Tahajud, mengaji, salat Subuh tepat waktu, insyaallah akan diberi pahala yang berlipat jika diniatkan dengan ikhlas karena Allah Ta’ala.

Takaiters, bagaimana masih malas-malasan untuk bangun waktu sahur? Kayaknya enggak bakalan malas lagi, deh, setelah tahu keberkahan-keberkahan bangun di waktu sahur dengan melakukan ibadah-ibadah lainnya. Yup, buat yang masih malas bangun sahur, masih banyak waktu Ramadan buat kamu mendapatkan berkah waktu sahur. Kuy, mulai manfaatin waktu sahur kamu yang dulu terlewatkan begitu saja!