Hi, Takaiters!

Faktor penunjang karir terkadang menjadi hal yang kurang diperhatikan oleh sebagian orang, namun sebenarnya bisa mempengaruhi kesuksesan seseorang. Memiliki karir yang baik, jabatan yang tinggi hingga pendapatan yang banyak pasti menjadi keinginan semua orang.

Banyak cara dilakukan dari bekerja keras, kerja cerdas, hingga yang lainnya. Akan tetapi ada faktor penunjang karir lainnya yang seharusnya tak luput dari perhatian.

Ketika kita punya modal yang baik untuk perkembangan karir kita, sebaiknya kita manfaatkan dengan baik, pantang untuk kita sia-siakan jika ingin sukses. Beberapa faktor penunjang karir tersebut perlu sekali kita ketahui. Yuk langsung saja kita simak!

1. Hard skill dan soft skill yang dimiliki 

Faktor penunjang karir
Foto: pixabay.com

Salah satu faktor penunjang karir yang penting ialah hard skill dan soft skill yang dimiliki. Hard skill berkaitan dengan ketrampilan yang dimiliki seseorang seperti ketrampilan dalam bidang teknologi, pengetahuan hingga yang lain. Ketrampilan ini perlu sekali diasah dan dikembangkan setiap waktu.

Sementara soft skill mengarah ke attitude yang baik untuk mendukung karir. Kedua hal ini tidak patut untuk disia-siakan, karena bisa menjadi modal utama untuk mencapai karir yang cemerlang. Tidak semua orang memiliki hard skill dan soft skill yang baik, pertahankan, kembangkan dan jangan disia-siakan.

2. Kesempatan dari perusahaan untuk berkembang

faktor penunjang kesuksesan dalam karir
Foto: pexels.com

Adanya peluang dan kesempatan untuk berkembang dari perusahaan juga menjadi salah satu faktor penunjang karir yang tidak seharusnya kita sia-siakan. Manfaatkanlah peluang dan kesempatan untuk mengembangkan diri secara maksimal, karena akan mempengaruhi kesuksesanmu di masa yang akan datang.

Seperti misalkan ketika diberi peluang untuk mengikuti suatu pelatihan demi mengembangkan skill yang ada, ambil kesempatan tersebut dan manfaatkan sebaik mungkin untuk karir yang lebih baik di perusahaan.

3. Relasi yang banyak dan pergaulan yang luas 

Faktor penunjang karir berupa relasi
Foto: pixabay.com

Tidak semua orang mampu bergaul dengan banyak orang, ketika kamu justru menjadi pribadi yang supel hingga mempunyai banyak relasi dan pergaulan yang luas. Tidak seharusnya hal ini juga kamu sia-siakan. Faktor penunjang karir inilah yang turut menjadi penentu kesuksesan di masa yang akan datang.

Akan ada banyak pengalaman baru, atau bahkan kesempatan maju yang terbuka dengan punya banyak relasi tersebut. Misalnya saja ketika kita bekerja di bagian pemasaran produk, kita akan dengan mudah mendapatkan pelanggan jika punya banyak relasi dan pergaulan yang luas.

4. Jago membuat rencana dan pandai mengatur waktu 

Faktor penunjang karir berupa perencanaan
Foto : Pexels.com

Faktor penunjang karir lainnya yang juga tak semestinya kita sia-siakan adalah ketika kita jago membuat rencana dan pandai mengatur waktu. Hal ini berkaitan erat dengan manajemen diri yang akan membuat kita maksimal dalam bekerja dan punya orientasi terhadap target.

Misalnya saja ketika kita punya banyak pekerjaan, kita akan dengan mudah menyelesaikannya sesuai rencana yang ada. Kita juga bisa membagi waktu antara pekerjaan mana yang harus didahulukan atau yang bisa dikerjakan belakangan.

5. Semangat kerja dan sikap profesional

Profesional
Foto: tezzen.com

Kali ini berhubungan dengan niat, ketika kita punya semangat hingga profesional kerja yang baik juga harusnya tidak kita sia-siakan. Tanpa kedua hal ini juga kita tidak bisa dengan mudah untuk sukses dalam karir.

Misalnya saja ketika kita diberi jabatan dengan pekerjaan yang rumit dan butuh ketekunan tinggi. Tanpa kita mempunyai semangat atau bahkan profesional dalam bekerja secara baik, kita bisa saja terus merasa malas hingga tidak produktif.

6. Rasa tanggung jawab dan cinta pada pekerjaan

Bekerja
Foto: Pexels.com

Poin rasa tanggung jawab dan cinta pada pekerjaan juga menjadi salah satu hal yang tidak seharusnya kita sia-siakan dalam karir kita. Modal penting ini berkaitan dengan semangat kerja yang akan terjaga ketika kita sudah punya rasa tanggung jawab dan juga cinta akan pekerjaan.

Dengan tanggung jawab, kita akan terus diingatkan akan kewajiban yang harus kita lakukan. Sementara dengan cinta, kita akan selalu senang dalam menjalani setiap proses penyelesaian pekerjaan.

Faktor penunjang karir seperti tersebut di atas sebaiknya kita perhatikan betul demi kemajuan karir kita. Akan ada saat dimana kita menyesali kegagalan karena menyia-nyiakan berbagai faktor penunjang yang sudah semestinya kita kembangkan dengan baik.

Jangan disia-siakan ya, Takaiters!