Hai, Takaiters!

‘Membaca adalah jendela dunia’ quotes satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Namun nyatanya sampai detik ini membaca masih menjadi hal yang sulit dilakukan untuk sebagian orang.

Media sosial yang semakin canggih juga menjadi distraksi ketertarikan seseorang terhadap buku. Alasan lain yang sering dilontarkan untuk menghindari kegiatan membaca adalah ‘malas’. Padahal seperti kita tahu, salah satu cara untuk memperdalam pengetahuan adalah dari membaca.  

Jadi, bagaimana sih sebenarnya cara munculkan minat membaca buku di era modern sekarang ini? simak tips berikut ini.

1. Hadirkan Suasana yang Nyaman

cara ampuh munculkan minat membaca
Foto: Kaboompics.com

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk munculkan minat membaca adalah membuat diri kita merasa nyaman. Suasana yang tenang dan jauh dari keramaian seperti kamar atau perpustakaan bisa jadi pilihan.

Namun Coffee dan taman juga bisa jadi rekomendasi sebagai penambah mood saat membaca. Karena taman yang sejuk dan hijau bisa meningkatkan mood seseorang, sedangkan untuk coffee usahakan pilih coffee yang cozy.

2. Mulai Dari Genre yang Kamu Suka

cara menimbulkan minat membaca
Foto: pxhere.com

Membaca itu bisa mencakup banyak hal dan banyak tema, tergantung selera masing-masing orang. Jadi sebagai awalan untuk membangun minat dalam membaca tidak harus memilih tema buku yang berat. Coba pilih satu judul novel atau buku yang sekiranya menarik minat dan nikmati setiap kata yang berhasil dibaca.

3. Selesaikan Satu Buku

cara meningkatkan minat membaca
Foto: unsplash.com

Rasa bosan terkadang membuat seseorang untuk berhenti membaca buku yang tengah dibaca. Memilih judul lain biasanya jadi pilihan, atau bisa jadi kemudian memilih untuk tidak jadi membaca saja.

Padahal dengan menyelesaikan satu judul buku terlebih dahulu bisa membuat seseorang merasa lebih tertarik untuk membaca. Sedangkan kebiasaan tidak menyelesaikan satu judul buku dan memilih membaca judul buku lainnya sebenarnya akan menimbulkan rasa malas untuk membaca.

4. Membaca sambil Ngemil

Foto: harnas.co

Sambil ngemil juga bisa jadi pilihan untuk memunculkan minat membaca lho, Takaiters!. Makanan favorite pada dasarnya bisa meningkatkan mood, untuk itu ngemil juga bisa membuat kita lebih betah membaca.

5. Coba Ajak Teman Untuk Bertukar Referensi Buku

Foto: ukwms.ac.id

Memiliki teman atau pasangan yang satu frekuensi tentu adalah hal yang menyenangkan. Begitu juga dalam membaca buku, saling bertukar judul buku bisa dijadikan solusi untuk meningkatkan minat membaca.

Interaksi yang terjadi bersama teman saat bertukar informasi dan referensi buku juga akan memicu rasa penasaran kita untuk semakin mengulik berbagai macam judul dan tema buku.

6. Lawan Rasa Malas

cara munculkan minat membaca dari dini
Foto: Monalisa Darwin D

Malas adalah satu kata yang memiliki banyak efek negatif. Mood satu ini seringkali muncul tiba-tiba dan menghancurkan segala jadwal yang sudah tersusun rapi.

Untuk itu pentingnya memahami apa penyebab kita merasa malas dan meyakinkan diri supaya terhindar dari rasa malas adalah penting dilakukan. Begitu juga dalam membaca, coba tekankan pada diri sendiri untuk membuang segala bentuk rasa malas saat akan membaca buku.

Berikut tadi hanyalah segelintir cara sederhana untuk memunculkan minat membaca pada diri kita. Nyatanya membaca buku sebenarnya adalah kemauan, namun terkadang kemauan satu ini juga harus dibarengi dengan paksaan supaya dapat terjalankan. Membuat diri kita akhirnya merasa terbiasa untuk ‘mau’ membaca dengan tenang dan senang.

Itulah tips cara munculkan minat membaca yang bisa kamu terapkan. Jadi apakah kamu sudah membaca buku hari ini, Takaiters?