Hi, Takaiters!
Workshy, sebuah istilah yang lekat sekali dengan mereka yang malas dalam bekerja ini sebaiknya kita hindari betul. Terlebih lagi ketika kita bekerja dalam sebuah tim yang membutuhkan kekompakan.
Seharusnya semua punya peran aktif dan jangan sampai ada yang malas hingga membawa kerugian dalam tim.
Menjadi seorang yang malas atau workshy dalam suatu tim tidak hanya merugikan tim itu sendiri, tetapi juga untuk dirinya lho. Adapun 6 akibat buruk workshy di antaranya:

1. Selalu bergantung pada orang lain termasuk pada pimpinan tim

akibat buruk workshy dalam bekerja
Foto: intisari.grid.id

Salah satu kerugian menjadi seorang yang malas dalam tim adalah bisa menjadikan kita mudah sekali bergantung pada rekan yang lain atau bahkan pimpinan. Selalu mengandalkan orang sekitar agaknya akan membuat kita menjadi pribadi yang lemah dan tidak berkembang.

Ada saatnya kita harus bisa melakukan segala sesuatunya sendiri karena tidak semua orang bisa tahan ketika sering kali dimanfaatkan oleh mereka seorang workshy.

2. Sering kali tidak punya pendapat sendiri dan tidak punya pendirian

Akibat buruk workshy dalam belajar
Foto: Pexels.com

Seorang yang malas atau workshy ketika ada pembicaraan dalam suatu tim sering kali bersikap diam dan jarang sekali punya pendapat hingga tidak punya suatu pendirian yang tegas. Ia akan lebih nyaman untuk bilang iya pada orang lain dari pada mempertahankan pendapatnya sendiri.

Hal ini akan membuat mereka mudah sekali disetir orang lain yang akhirnya bisa membawa kerugian pada dirinya sendiri. Selain itu, ia juga akan dengan mudah diremehkan orang-orang di sekitar mereka.

3. Jadi pribadi yang susah untuk berkembang dalam tim

akibat buruk workshy di kantor
Foto: yukepo.com

Mereka yang malas, ketika berada dalam sebuah tim biasanya akan menjadi pribadi yang susah berkembang. Banyak peluang yang akhirnya terlewatkan olehnya karena sifatnya yang memang sering kali tak punya semangat bekerja.

Hal ini akan sangat merugikan diri kita sendiri karena bisa saja kita mejadi seorang yang tidak mampu mengikuti perkembangan kedepannya baik itu dalam sebuah tim maupun perkembangan di luar tim.

4. Sering kali melewatkan peluang bagus dalam tim untuk kemajuan karir

akibat buruk workshy arau malas
Foto: Pixabay.com

Kerugian lain menjadi orang yang malas adalah sering kali melewatkan peluang bagus ketika ada kesempatan dalam tim untuk kemajua dirinya sendiri.

Seperti hal kecil dalam suatu meeting misalnya, ketika kita sering kali menolak tawaran untuk berbicara di depan banyak orang secara sadar atau tidak kita membuang kesempatan untuk bisa mengembangkan diri menjadi seorang pemimpin yang pastinya harus bisa pandai menghadapi orang banyak.

5. Dipandang tidak profesional bahkan sering diremehkan

Workshy itu apa
Foto: Pexels.com

Menjadi orang yang malas juga sering kali membuat kita menjadi seorang yang dipandang tidak profesional bahkan sering diremehkan. Hal ini akan sangat membawa kerugian pada diri kita.

Tidak hanya berpengaruh pasa mental, produktifitas kita bisa saja berkurang karena tidak adanya rasa percaya diri dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan. Bahkan rekan kerja kita ataupun atasan dalam tim bisa saja kurang mau mengandalkan kita dalam bekerja.

6. Sulit menentukan sikap dan mengambil keputusan

Foto: Pexels.com

Kerugian lain ketika menjadi seorang yang malas dalam tim adalah sulit menentukan sikap dan mengambil keputusan. Hal ini dikarenakan sering kali kita bergantung pada keputusan dan pendapat orang lain.

Sehingga membuat kita kurang bisa menentukan sikap ketika memang diharuskan mengambil keputusan sendiri. Pada akhirnya anggota lain dalam tim sering kali menganggap diri kita sependapat dengan mereka.

Itulah 6 kerugian yang akan kita dapatkan ketika menjadi seorang yang malas dalam tim. Semoga bisa jadi bahan renungan dari akibat buruk workshy ya, Takaiters.