Foto:koran-jakarta.com

5 Tradisi Unik Perayaan Hari Raya Idul Adha dari Berbagai Negara di Dunia,Takaiters!

Hai, Takaiters, Selamat Hari Raya Idul Adha!

Salah satu hari raya paling suci dalam Islam adalah Idul Adha. Umat ​​Islam di seluruh dunia selalu menantikan perayaan ini untuk memperingati ketaatan Nabi Ibrahim kepada Allah hingga ia siap mengorbankan segalanya. Idul Adha adalah hari yang membahagiakan. Ada berbagai cara untuk merayakan Idul Adha di seluruh dunia.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima tradisi unik perayaan Idul Adha dari berbagai negara:

1. Salty Eid dan Pasar Malam – Inggris

Foto: Hipwee.com

Islam adalah agama terbesar kedua di Inggris. Perayaan Idul Adha di Inggris sering disebut dengan julukan “salty eid“. Ini karena sebagian besar hidangan yang disajikan hari itu rasanya enak. Setelah hewan kurban disembelih, masjid atau kelompok lain dapat mengatur makan bersama.

Hidangan paling populer adalah kebab, haleem, dan biryani. Untuk hidangan penutup, hidangan manis seperti kue kering dan kue seperti baklava Turki biasanya disajikan. Dan perayaan Idul Adha diakhiri dengan kunjungan ke pasar malam atau festival di berbagai kota.

2. Menghias hewan sembelihan -Turki

tradisi unik perayaan idul adha
Foto: Travellingyuk.com

Perayaan Idul Adha di Turki dimulai dengan doa bersama, mengunjungi makam anggota keluarga, mengunjungi tetangga, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan yang disembelih dan dimakan bersama.

Di beberapa provinsi, hewan yang disembelih dihias terlebih dahulu sebelum disembelih. Hewan dimandikan sampai bersih, dicat dengan heena atau selotip. Warna warni.

Dan proses penyembelihan dan pemotongan daging kurban dilakukan oleh ahlinya kemudian dimasak dan dikonsumsi bersama keluarga atau tetangga terdekat.

3.Bazar Idul Adha – Singapura

tradisi unik perayaan idul adha di negara lain
Foto: tokopedia.com

Menjelang Idul Adha, masyarakat Singapura akan menggelar bazar. Area yang biasa dijadikan lokasi bazar adalah Geylang Serai dan Kampong Glam. Para pedagang di bazar ini sering menjual banyak bumbu dapur untuk memasak daging kurban dengan harga murah. Selain warga lokal, bazar juga sering dikunjungi turis asing.

4.Pemandian Hewan Sembelihan – Pakistan

tradisi unik perayaan idul adha di Pakistan
Foto: Suara.com

Festival Unik Idul Adha selanjutnya adalah tradisi memandikan hewan kurban di Pakistan. Sebelum menyembelih, umat Islam di Pakistan menginginkan hewan kurban mereka bersih dan rapi.

Mereka memperlakukan hewan yang disembelih dengan hormat dan senang. Umat Islam di Pakistan menggunakan tempat cuci mobil yang biasanya digunakan untuk mencuci mobil menjadi tempat memandikan hewan yang disembelih.

Menjelang Idul Adha. Seperti dilansir Reuters, biaya memandikan hewan yang disembelih adalah 200-300 rupee Pakistan atau setara dengan Rp4.060.000 sekali cuci.

5.Mempersiapkan Perayaan Sebelum Hari H- China

tradisi unik perayaan idul adha di china
Foto: Okezone.com

Secara historis, Cina adalah salah satu tempat pertama di dunia yang memeluk Islam. Saat ini negara ini memiliki populasi yang cukup besar sekitar 21 juta orang dan tersebar di seluruh wilayah.

Tidak seperti biasanya, umat Islam di China selalu mempersiapkan perayaan Idul Adha berminggu-minggu sebelum hari H untuk memenuhi semua pesanan makanan yang disajikan sebelum dan sesudah shalat Idul Fitri.

Pagi hari sebelum salat Idul Fitri, muslim Tionghoa berduyun-duyun ke masjid dan kemudian kembali ke rumah untuk bersenang-senang dan waktu keluarga.

Itulah 5 negara yang memiliki tradisi unik perayaan Idul Adha, Takaiters! Di tempat kamu bagaimana?