Halo, Takaiters!

Takaiters, bulan Ramadan akan segera tiba. Bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Di bulan Ramadan, umat Islam wajib menjalankan puasa selama satu bulan penuh. Pada hari-hari awal puasa akan terasa lemas. Hal ini wajar, karena tubuh menyesuaikan kebiasaan-kebiasaan dan pola makan yang baru.

Berpuasa bukan berarti bermalas-malasan dan berleha-leha dengan alasan lemas tak berenergi. Memiliki tubuh yang sehat dan bugar saat puasa sangat penting agar puasa berjalan lancar dan penuh berkah.

Berikut beberapa tips agar dapat menjalankan puasa dengan bugar dan fit.

1. Kuatkan dan Luruskan Niat

Foto: pinterest.com

Niat (niyyat dalam bahasa Arab) adalah keinginan dalam hati untuk melakukan suatu amalan atau tindakan yang ditujukan hanya kepada Allah. Kamu tentu pernah mendengar sebuah hadits yang artinya “sesungguhnya amalan itu tergantung niat”. Dengan niat yang kuat, akan mempengaruhi mind set kamu untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin, termasuk berpuasa.

Ada baiknya sebelum melakukan suatu amalan, kamu luruskan niat terlebih dahulu. Pastikan puasa yang kamu jalankan hanya untuk mengharapkan keridaan dari Allah SWT.

2. Jangan Lewatkan Makan Sahur

Foto: bilderbeste.com

Seperti halnya sarapan, makan sahur menjadi sumber energi untuk menjalankan aktivitas selama berpuasa. Supaya tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan penuh semangat, jangan lewatkan waktu makan sahur.

Mengonsumsi makanan yang bergizi lengkap dan seimbang dapat membantu menyediakan energi. Pilihlah makanan yang mengandung banyak serat, seperti sayuran dan buah-buahan. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti gandum dan beras merah, membuat kamu kenyang lebih lama.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Foto: blog.alamendiharto.my.id

Berpuasa seharian membuat tubuh tidak mendapat asupan cairan selama kurang lebih 14 jam. Meskipun demikian, kamu dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi delapan gelas air putih sehari agar terhindar dari dehidrasi. Hanya saja, kamu perlu mengatur polanya yaitu 2-4-2. Dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur.

Hindari minuman berkafein tinggi seperti kopi dan teh, karena akan mempercepat produksi air seni, sehingga kamu lebih sering buang air kecil dan kehilangan cairan tubuh.

4. Olahraga

 

Foto: dream.co.id

Olahraga tetap bisa dilakukan meskipun sedang menjalankan ibadah puasa. Pilih jenis olah raga yang sesuai dan intensitas ringan. Misalnya jogging, berjalan, bersepeda, dan peregangan. Tipsnya kamu dapat berolahraga satu jam sebelum waktu berbuka dan malam hari setelah berbuka.

5. Tidur yang Cukup

Foto: pexels.com

Selain memperhatikan asupan makasan, kamu juga perlu tidur yang cukup. Selama bulan Ramadan, terjadi perubahan pola tidur dari hari biasanya, karena harus bangun untuk mempersiapkan makan sahur. Namun, hindari kebiasaan langsung tidur setelah makan sahur. Tunggu 30-60 menit sampai perut tidak terlalu kenyang. Jika kamu adalah seorang pekerja, manfaatkan waktu istirahat siang dengan baik. Tidur 15-30 menit membuat tubuh kembali segar.

Selamat menjalankan ibadah puasa dengan penuh semangat, ya, Takaiters. Tetap fit dan bugar selama puasa, mengapa tidak?