5 Tips Mengelola Emosi Negatif, Patut Kamu Terapkan!

Hai, Takaiters!

Emosi negatif merupakan kondisi dimana kita merasa takut, sedih, marah, atau kecewa setelah mendengar atau mengalami kondisi tertentu yang tidak mengenakkan. Perasaan ini bahkan bisa muncul secara tiba-tiba lho. Situasi seperti ini tentu akan mempengaruhi aktivitas kita.

Pasalnya, ketika seharusnya kita bisa berpikir tenang, emosi negatif membuat pikiran kita menjadi kalut dan banyak beban. Hal ini jika dibiarkan akan berpengaruh pada psikologis, misalnya berdampak pada stres atau bahkan depresi.

Lalu bagaimana sih cara mengelola emosi negatif tersebut? Simak informasi tips mengelola emosi negatif berikut ya!

1. Jangan Langsung Meluapkan Perasaan Marah atau Sedih

cara mengelola emosi negatif
Foto: Pexels.com

Emosi negatif perlu diekspresikan agar tidak menjadi beban. Meskipun begitu, jangan langsung melakukan suatu usaha yang justru merugikan diri sendiri dan orang lain.

Misalnya memarahi orang lain, menjerit, menangis, atau yang lebih parah membanting barang-barang yang ada di sekitar. Sikap seperti itu, justru akan membuat emosimu semakin tak terkendali bahkan memiliki konsekuensi yang fatal lho.

Untuk mengendalikan emosi tersebut, coba untuk melakukan aktivitas seperti bersikap tenang, menarik nafas dalam-dalam, atau bercerita dengan seseorang yang kamu percaya.

2. Hindari untuk Selalu Berpikir Buruk Tentang Masalah yang Terjadi

cara mengelola emosi positif
Foto: palu.tribunnews.com

Solusi yang satu ini terdengar klise, namun kamu memang sangat perlu untuk tidak selalu berpikir buruk ketika emosi negatif datang menghampiri. Pasalnya, ketika otak sudah terkoneksi pada pikiran-pikiran buruk, akan sulit menemukan jalan keluar. Hal seperti ini tentu akan membuat kamu semakin terpuruk.

Setiap permasalahan pasti akan ada kemungkinan terburuknya. Namun, kamu bisa kok mengendalikan perasaan khawatir tersebut yaitu dengan berhenti memikirkan kemungkinan-kemungkinan buruk selalu menghantui.

Pada dasarnya setiap permasalahan akan terlalui apabila kamu mampu bersikap tenang dalam menyelesaikannya.

3. Berusaha untuk Selalu memancarkan Emosi Positif

cara mengendalikan emosi positif
Foto: sehat.com

Tetap berpikir positif ketika mengalami kondisi tertentu yang nggak mengenekkan, memang bukan perkara mudah. Namun, hal ini perlu dilakukan agar emosi negatif tersebut tidak selalu membebani pikiran. Tentu kamu harus menunggu hingga pikiran lebih tenang dan jernih terlebih dahulu.

Dengan selalu berpikir positif, maka kamu bisa mengambil pelajaran dari setiap kejadian. Misalnya ketika kamu diremehkan orang lain, mendapat musibah, atau kegagalan, berarti itu adalah waktu dimana kamu bisa intropeksi diri untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi.
Mencoba untuk Berlapang Dada

4. Menerima Keadaan yang Tidak Bisa Dikendalikan

mengelola emosi negatif
Foto: idntimes.com

Berlapang dada menerima keadaan menjadi solusi terbaik ketika kita diliputi emosi negatif. Bagaimanapun kita nggak bisa mengendalikan apa yang terjadi, baik itu keadaan menyedihkan, menakutkan, atau omongan orang yang menyakitkan. Dengan cara bersikap tenang dan menerima keadaan, maka emosional kamu akan lebih stabil.

Itulah diatas 5 tips mengelola emosi negatif yang baik. Kamu harus lebih berhati-hati dan bijak dalam menyikapi setiap emosi negatif agar nantinya tidak berdampak pada sesuatu yang tidak kamu inginkan.