Hai, Takaiters!

Jika kamu ingin berwisata di Kebumen, ada satu destinasi yang bisa kamu kunjungi, yaitu Bukit Pentulu Indah Karangsambung, Kebumen. Lokasi wisata hutan pinus ini berada di Karangsambung, Kebumen. Sekitar 16 km dari pusat Kota Kebumen. Sebenarnya hutan pinus ini dikelola oleh Perhutani dan belum lama dibuka menjadi tempat wisata oleh masyarakat setempat. Dulu sebelum menjadi tempat  wisata, hutan pinus sering dieksploitasi  karena kaya mineral batuan. Oleh masyarakat hutan pinus disulap menjadi tempat adem buat piknik, lokasinya yang berada di atas bukit membuat tempat wisata ini dikenal dengan sebutan Bukit Pentulu Indah.

bukit pentulu indah karangsambung
Pemandangan Bukit Pentulu Indah

Sebelum berkunjung ke Bukit Pentulu Indah. Coba simak 5 tips berikut ini:

  • Gunakanlah Kendaraan yang Kuat Nanjak

bukit pentulu indah kebumen
Menggunakan sepeda motor yang kuat nanjak/perlengkapanotomotif.com

Daerah Karangsambung, Kebumen merupakan daerah perbukitan jadi jika kamu ingin berkunjung gunakanlah kendaraan yang kuat dijalan tanjakan ya. Pengunjung yang berwisata disini banyak yang menggunakan motor pribadi, tetapi tidak jarang juga yang mengendarai mobil. Akses jalan cukup bagus lho, sayangnya untuk akses bus pariwisata belum diperbolehkan masuk. Tapi tenang saja, bagi kamu yang suka datang rombongan dan tidak mau melewati keseruan saat berkunjung kesana, bisa juga lho naik sepeda bareng-bareng. Bisa berolahraga sekaligus berwisata, cukup menyenangkan bukan?

  • Datang Sepagi Mungkin

Pemandangan kabut di deretan perbukitan Karangsambung dilihat dari gardu pandang/datoel_toel
bukit pentulu indah karangsambung kebumen
Pemandangan menakjubkan Bukit Pentulu Indah/datoel_toel

Jika kamu ingin berburu foto saat sunrise dengan berlatar deretan perbukitan dan hutan pinus, kamu wajib menambahkan Pentulu Indah ke daftar list tempat wisata impianmu! Destinasi ini menawarkan pemandangan menakjubkan saat pagi hari. Ada gardu pandang yang dibangun di atas pohon pinus. Kamu bisa menikmati deretan perbukitan Karangsambung yang masih berbalut kabut tebal dari atas gardu pandang ini. Ditambah matahari menyembul diantaranya. Suasana pagi yang menakjubkan! Kapan lagi menikmati pemandangan indah serasa naik gunung.

  • Coba Piknik Sambil Bangun Tenda

wisata bukit pentulu indah
Kemping ceria di Bukit Pentulu Indah/kebumenekspres.com

Susah bangun pagi? Merasa menyesal datang kesiangan terus ketinggalan momen sunrise? Jangan khawatir! Kamu masih bisa kok menikmati pemandangan indah bahkan serasa naik gunung. Karena di lokasi bukit ini juga menawarkan areal berkemah bagi pengunjung yang ingin naik gunung tapi ngga capek lho. Cocok banget buat yang ingin latihan naik gunung pastinya.

  • Berkunjung Saat Hari Kerja

lokasi bukit pentulu indah kebumen
Foto di atas gardu pandang/datoel_toel

Berkunjung saat hari kerja ke Pentulu Indah merupakan pilihan yang tepat. Saat weekend pengunjung  akan banyak yang datang. Sulit mencari suasana tenang jika ramai, apalagi sampai antre foto.

  • Patuhi Protokol Kesehatan

foto bukit pentulu indah
Pemandangan sunrise indah di Bukit Pentulu Indah/inibaru.id

Saat datang berkunjung ke Bukit Pentulu Indah tetap patuhi protokol kesehatan ya! Tips kelima ini harus dipatuhi pengunjung di masa pandemi COVID-19 ini. Pengunjung diharuskan menggunakan masker, jaga jarak dan selalu membawa handzainitaizer atau mencuci tangan dengan sabun untuk menghindari resiko tertular penyakit ini. Pengelola juga menyediakan tempat cuci tangan, letaknya tidak jauh dari loket masuk. Jika  ingin berkunjung tetapi mengalami demam hingga 37°C lebih baik tunda hasrat bepergiannya dulu.

Jadi, kapan kamu mau berwisata kesini, Takaiters?