Halo, Takaiters!

Buat kaum hawa, apalagi sudah memasuki usia 30 tahun, memperhatikan dan melakukan perawatan untuk kulit wajah sudah masuk ke kategori ‘prioritas’. Utamanya adalah anti aging atau penuaan dini.

Penuaan dini bisa menjadi sesuatu hal yang lebih menakutkan daripada film horor. Untuk menghindarinya, banyak di antara kita melakukan perawatan, mulai dari perawatan dengan cara alami hingga krim atau serum dari dokter kulit dan ahli kecantikan.

Nah, tahukah, Takaiters, sebenarnya ada beberapa hal yang tanpa kamu sadari sangat bermanfaat untuk kulit wajah, termasuk dalam hal anti aging. Enggakpercaya? Yuk, coba kita bahas 5 tips simpel yang bisa kamu terapkan atau bahkan sudah menjadi habits positif dalam kehidupan sehari-hari.

1. Bahagia dan Kelola Stres

Foto: pexels.com

Takaiters pernah mendengar ‘bahagia itu kita yang ciptakan’. Klise, namun ‘it’s a must’. Tidak ada orang yang hidupnya selalu bahagia, namun dengan tersenyum, ikhlas dan legowo, kebahagiaan dan ketenangan akan menghampiri. Contoh sederhananya, Takaiters merasa jenuh dan bosan dengan pekerjaan yang dijalani setiap hari.

Tekanan dari atasan dan deadline membuat kepala rasanya mau pecah. Sebelum mengeluh, coba kamu renungi, ada orang yang berharap ada di posisi kamu. Memiliki pekerjaan yang mapan dan gaji yang cukup untuk liburan ke luar negeri setiap tahun. Jika kamu terjebak dengan stres, maka hormon stres akan berpengaruh terhadap efek penuaan. Supaya tidak terlalu stres, kamu bisa melakukan aktivitas seperti gym, yoga, atau nongkrong bareng teman.

2. Cukup Tidur

Foto: pexels.com

Ada yang kesulitan dengan poin kedua ini? Susah-susah gampang, ya, Takaiters. Ada alasan lembur kerja, lembur mengerjakan tugas kuliah, atau perempuan yang sudah menikah dan memiliki bayi waktunya sudah pasti tersita untuk mengurus bayi, termasuk waktu istirahat di malam hari.

Tahukah Takaiters? Tidur menjadi penting karena memungkinkan tubuh untuk beregenarasi, termasuk kulit. Sudah terbukti, tidur yang cukup dan berkualitas akan membuat wajah segar dan terhindar dari lingkar hitam di bawah mata.

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

Hellosehat.com

Poin ketiga berhubungan dengan ‘perut’, apa yang kamu makan dan minum sehari-hari, dan bisa jadi berhungan dengan lifestyle. Sederhana? Tentu tidak. Semakin bertambah umur, tidak bisa dimungkiri, terkadang lidah lebih memilih seblak, bakso, kopi, serta makanan fast food.

Jika kamu mendambakan kulit yang sehat dan terhindar dari anti aging, ada baiknya kamu mengonsumsi sayur dan buah, terutama yang mengandung antioksidan, seperti vitamin B dan E. Antioksidan membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit.

Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin B6 dan B12 dengan mengonsumsi ikan, unggas, dan buncis. Sedangkan asupan vitamin E alami bisa didapat dari almond dan biji bunga matahari.

4. Hindari Merokok

Foto: pexels.com

Takaiters, sudah menjadi rahasia umum tentang bahaya rokok. Kenyataannya, rokok tetap saja diminati. Selain berbahaya bagi kesehatan, rokok juga memengaruhi penampilan dan berkontribusi terhadap terjadinya penuaan dini, serta meningkatkan keriput pada wajah. Masih mau?

5. Kunjungi dan Konsultasikan Kulit pada Ahlinya

Foto: maxine.id

Seiring berkembangnya zaman, dokter kulit dan kecantikan semakin mudah ditemui. Kamu bisa secara berkala konsultasi tentang perawatan anti aging yang digunakan sehari-hari. Tentu saja ini jauh lebih aman daripada kamu membeli produk yang dijual secara bebas di pasaran, apalagi produk tanpa ada izin dari BPOM.

Nah, Takaiters, 5 tips simpel yang telah kita bahas di atas bisa diterapkan dengan mudah. Tidak hanya bermanfaat untuk anti aging atau kesehatan kulit, tapi juga untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Semakin sehat pola hidup yang kamu terapkan, semakin bahagia dan berdampak positif di kehidupan sehari-hari.

Selamat Mencoba!