Hai, Takaiters!

Saat pandemi COVID-19 ini, obat herbal jadi populer. Salah satunya ramuan empon-empon yang terdiri dari beberapa tanaman rempah-rempah seperti jahe, temulawak, daun pandan, kencur, kunyit, kayu manis, dan sereh.

Nah, karena kita sekarang diimbau #dirumahaja, daripada bengong, bingung, dan suntuk mau ngapain, lebih baik cari informasi yang bermanfaat. Yang bisa berguna. Coba ambil smartphone, lalu searching via google. Cari informasi tentang tanaman yang mudah tumbuh di sekitar rumah yang bisa jadi obat atau punya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Coba data tanaman apa saja, lalu kulik cara tanamnya. Biasanya tak ribet. Tak butuh perawatan khusus. Asal tersedia media untuk menanam. Bisa pakai pot, jika halaman rumah tak ada ruang terbuka untuk menanam.

Jika tata cara menanam sudah paham, tinggal cari informasi tambahan lainnya. Misalnya, bagaimana cara meracik tanaman yang mau di tanam.  Di dunia maya, ada banyak informasi yang bisa didapat tentang bagaimana menanam tanaman obat dan bagaimana pula meraciknya agar kamu bisa memperoleh khasiat dari tanaman tersebut.

Berikut 5 tanaman yang mudah tumbuh di sekitar rumah yang dipercaya punya khasiat bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu coba tanam di halaman rumah kamu.

Tanaman Kencur

Sumber foto: Kampustani.com

Tanaman kencur, terutama bagian rimpangnya mengandung minyak atsiri, alkaloid, mineral, flavonoid, pati, dan gom. Rimpang jahe kencur bisa jadi bahan ramuan untuk menghangatkan badan juga untuk pelangsing, penyegar, obat sakit kelapa, menghilangkan rasa sakit (analgesik), membantu mengeluarkan gas dari perut, dan bermanfaat untuk mengeluarkan dahak. Daun mudanya, bisa juga jadi lalap, lo.

Tanaman Kumis Kucing

Sumber foto: Detik.com

Tanaman kumis kucing juga gampang di tanam. Bisa di tanam di halaman rumah. Daun, akar dan bunganya, kerap dipakai sebagai ramuan obat. Tanaman Kumis kucing sering jadi obat untuk penyakit batu ginjal, rematik, sakit pinggang, radang ginjal, masuk angin, dan demam.

Tanaman Lidah Buaya

Sumber foto: Dettol.co.id

Lidah buaya juga gampang di tanam di halaman rumah.  Bagian dari tanaman ini yang kerap dipakai adalah daun, bunga, dan akarnya. Tanaman ini menurut data farmakologis, bagian daunnya, punya efek obat urus-urus sehingga bisa digunakan untuk mengobati orang yang susah BAB. Juga dipercaya sebagai ramuan untuk mengatasi kencing manis, batuk rejan, sifilis, cacingan, luka terpukul, luka dalam, kencing darah, wasir, dan sembelit. Lidah buaya juga banyak digunakan untuk menyuburkan rambut.

Namun, ramuan obat dari lidah buaya ini  jangan dikonsumsi oleh wanita hamil atau penderita gangguan pencernaan dan diare. Kalau pun hendak dikombinasikan dengan obat lain, bahan dari lidah buaya jangan direbus, tetapi dibuat pil atau bubuk.

Tanaman Lengkuas

Sumber foto: Harapanrakyat.com

Rimpang lengkuas, biasanya lebih banyak dipakai untuk bahan masakan. Padahal, lengkuas juga bisa jadi ramuan obat. Rimpang lengkuas ini kaya aka saponin, tanin, flavonoida, dan minyak atsiri. Dipercaya jadi obat anti jamur, anti bakteri, ramuan penghangat badan, penambah nafsu makan, mempermudah pengeluaran gas, pengencer dahak, merangsang otot, dan menambah gairah seksual.

Tanaman Daun pandan

Sumber foto: Dream.co.id

Tanaman pandan juga gampang di tanam. Biasanya daun pandan dipakai sebagai pengharum untuk kue. Ternyata daun pandan mengandung kandungan kimia yang baik untuk kesehatan seperti alkoloid, flavonoid, saponin, polifenol dan tanin. Jadi, bisa jadi obat herba untuk mengatasi demam, darah kotor, susah kencing, bisul, dan borok.

Itulah beberapa tanaman yang bisa kamu tanam di halaman rumah, Takaiters. Jika kamu tadi sudah mencari informasi bagaimana cara menanam dan sebagainya, kini tinggal kamu praktikkan. Berkebun bisa jadi  cara untuk menghilangkan bosan juga saat harus di rumah saja.