Hai, Takaiters!

Ramadan di Indonesia selalu identik dengan kurma. Manfaat kurma memang sangat banyak sehingga tidak salah jika Nabi Muhammad menjadikan kurma makanan favoritnya saat berbuka puasa. Penelitian menunjukkan kandungan nutrisi dan zat pada kurma memang sangat kompleks dan sangat baik untuk kesehatan.

Buat kamu yang suka makan kurma utuh perlu belajar membuat olahan kurma karena sangat lezat dinikmati saat buka puasa maupun sahur, Guys!

Air Nabeez

Foto: sehatq.com

 Air nabeez adalah air rendaman kurma atau kismis. Kurma atau kismis yang dimasukkan ke dalam wadah tertutup yang sudah diisi air matang direndam semalaman untuk diminum saat sahur. Bisa juga dibuat pagi untuk dinikmati saat buka puasa.

Air nabeez ini merupakan minuman kesukaan Rasulullah Saw. Setelah kurma atau kismis di dalam wadah tertutup selama 12 jam, airnya diminum dan buah kurma yang sudah lembut langsung ditelan tanpa dikunyah terlebih dahulu.

Air nabeez mengandung alkali yang berkhasiat untuk mengeluarkan racun berbahaya dari dalam tubuh, membantu proses pembuangan asam berlebih pada perut dan memperbaiki sistem pencernaan tubuh. Kandungan serat pada air nabeez dapat melancarkan proses pencernaan, menajamkan pikiran agar tetap fokus dan tidak mudah lupa.

Overnight Kurma

Foto: youtube.com

Kurma juga sangat baik buat kamu yang sedang diet, tetapi ingin makan enak di bulan Ramadan ini. Disebut overnight karena sering dibuat malam hari dan dinikmati pagi hari. Namun jangan salah, kamu bisa kok menikmatinya saat buka puasa dengan membuat overnight kurma di pagi hari.

Overnight Oats Kurma sangat praktis dan dapat dibuat oleh siapa saja. Bahan yang diperlukan adalah oats, kurma, buah-buahan lain yang disukai, susu bubuk low fat, chia seed, yogurt, madu, dan air matang jika perlu.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Gunakan botol bermulut lebar, ya, Guys, supaya mudah disendoki. Pertama masukkan oats, kemudian di atasnya potongan kurma dan buah-buahan. Setelah itu, masukkan susu bubuk dan chia seed kalo kamu suka. Tuang yogurt dan air matang dengan hati-hati agar bahan-bahan yang dimasukkan tidak bercampur.

Air matang ini opsional, Guys, bisa digunakan untuk mengurangi keasaman jika menggunakan yogurt plain. Setelah siap, masukkan botol dalam kulkas hingga minimal 6 jam. Saat akan dinikmati kamu bisa menambahkan madu, Guys.

Kurma Smoothies

foto: hock.id

Sajian kurma yang tidak kalah enak adalah smoothies. Smoothies kurma juga menyehatkan karena menggunakan bahan seperti oats, susu, kurma, dan buah atau sayur yang disukai. Semua bahan ini kaya akan vitamin serta antioksidan alami untuk tubuh.

Membuat smoothies tidak sulit, kok. Kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan lalu blender hingga menyatu. Kamu juga bisa menambahkan kayu manis bubuk agar rasanya lebih segar dan manis.

Membuat smoothies kurma dengan buah dan sayur menggunakan blender memberikan hasil yang lebih berserat karena serat pada buah dan sayur tidak dipisahkan. Sementara jika dibuat jus menggunakan juicer akan terasa lebih lembut karena seratnya tersaring. Kamu tahu kan kalo serat juga sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh kita? Makanya sesekali buat smoothies, yuk!

Milkshake Kurma

Foto: fimela.com

Berbuka dengan minuman manis pasti sangat menyegarkan, salah satunya dengan milkshake kurma. Kurma mengandung nutrisi yang padat seperti kalium, vitamin B6, niasin, serat, dan zat besi. Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama saat dikonsumsi untuk berbuka puasa.

Minuman ini dapat dibuat dengan mudah dan cepat sehingga cocok untuk menjadi menu berbuka puasa. Kamu hanya perlu menyediakan kurma, susu full cream, susu kental manis, dan es batu secukupnya. Selain bahan itu, kamu  juga bisa menambahkan buah-buahan lain seperti pisang atau oats.

Membuat milkshake sangat mudah, Guys, kamu hanya perlu memblender kurma, oats atau buah lain beserta susu, dan es batunya sampai benar-benar hancur. Setelah itu, tuang ke dalam gelas dan milkshake kurma siap dinikmati. Oh, ya, milkshake berbeda dengan smoothies, ya GuysSmoothies lebih mengenyangkan karena berbahan dasar buah, sedangkan milkshake yang berbahan dasar susu.

Sup Buah Kurma

Foto: cookpad.com

Buka puasa dengan sup buah, pasti nikmat, ya, Guys. Mumpung banyak kurma saat Ramadan, kamu bisa bikin sup buah kurma, lo. Bahannya hanya buah-buahan yang kamu sukai, kurma, susu kental manis, sirup, dan air es.

Potong-potong buah-buahan dan kurma, tata di mangkuk, siram dengan sirup atau air gula, dan air es secukupnya. Terakhir, siram dengan susu kental manis. Tara … Sup buah kurma siap dinikmati.

Sensasi makan sop buah itu beda, Guys, karena kamu perlu ekstra mengunyah hingga isi sup buah semuanya dapat ditelan dan dicerna. Makan sup buah juga serasa makan buah utuh sehingga kamu akan lebih lama kenyang dan serat dalam buah dapat dikonsumsi secara maksimal.

Nah, Takaiters, ayo nikmati kurma dalam bentuk lain supaya kamu tidak bosan dan tetap mendapatkan nutrisi kurma selama Ramadan ini. Alih-alih buka puasa dengan makanan yang full karbohidrat dan gula, kenapa tidak mencobanya, Guys?