Resep panjang umur
Photo by Greg & Lois Nunes on Unsplash

5 Resep Panjang Umur yang Perlu Kamu Ketahui! Yuk, Kita Terapkan!

Hi, Takaiters

Siapa diantara kamu semua yang ingin panjang umur? Pasti banyak ya yang ingin hidup lama dan sejahtera. Apa saja ya resep panjang umur? Yuk simak!

Karena hidup ini hanya satu kali maka dengan berumur panjang kita bisa mendapatkan banyak sekali pengalaman. 

Seorang peneliti dari Amerika bernama Dan Buettner, melakukan penelitian ke berbagai daerah dimana penduduknya memiliki rentang usia yang panjang. 

Daerah yang ia kunjungi mulai dari Okinawa yang berada di Jepang, Loma Linda di California, Nicoya Peninsula di Costa Rica sampai dengan Icaria di Yunani. 

Di daerah-daerah tersebut Buettner menemukan bahwa penduduknya berumur panjang. Kamu pasti penasaran bukan apa resep panjang umur yang mereka miliki? 

Jadi menurut penelitian, resep agar panjang umur sebagai berikut, Takaiters!

1. Aktif Bergerak

resep panjang umur dalam islam
Foto: Unsplash.com

Resep panjang umur pertama yang perlu kamu lakukan adalah aktif bergerak secara fisik. Nah ini warning nih bagi kamu kamu rebahan garis keras. Karena jika kamu ingin berumur panjang sebaiknya kamu cari aktivitas yang mampu menjauhkan kamu dari sofa atau kasur. 

Tidak harus olahraga berat atau gym kok. Kamu bisa memulai dari aktivitas fisik ringan seperti membersihkan kamar, mencuci sepeda motor kesayangan kamu, berkebun, bersepeda atau bernyanyi sambil melompat pun juga bisa, Takaiters!

2. Menghindari Stres

 resep panjang umur sehat dan sembuh
Foto: Unsplash.com

Mungkin ini klise dan sudah sering Takaiters dengar, namun jika kamu ingin berusia panjang maka stres adalah hal yang sebisa mungkin kamu hindari. 

Kamu bisa memulainya dengan mengenali apa saja penyebab stres. Misalnya saja kamu sering tidak bisa tidur setelah membaca komentar di media sosial. Maka solusinya adalah hindari mengakses medsos menjelang tidur. 

Atau kamu stres jika mendengar suara bising, maka kamu bisa membeli perangkat ear plug untuk menutup telingamu. 

Lalu bagaimana jika kamu stres karena tidak punya uang? Nah, ini menarik! Agar tidak stres karena uang maka kamu harus mencari uang. Bagaimana caranya? 

Kamu bisa mencari uang tambahan secara online, lho! Tetapi jika harus dijabarkan disini akan terlalu panjang. Bagaimana jika dibuatkan artikel terpisah tentang hal ini? Jika kamu setuju boleh lho untuk komentar di kolom pada bagian bawah yang sudah disediakan oleh situs Takaitu ini!

3. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

resep panjang umur sehat dan sembuh pdf
Foto: Pexels.com

Dari penelitian yang dilakukan, Dan Buettner menemukan jika salah satu resep panjang umur adalah prinsip hara hachi bu atau berhenti makan sebelum kenyang. 

Mereka yang memegang prinsip ini mengatakan bahwa kamu harus makan namun hanya sebanyak 80% kapasitas lambung kamu saja. 

Kamu harus menghindari perut terisi penuh mencapai 100% atau lebih. Ini adalah hal yang sederhana namun di era modern ini terkadang kita lalai. Karena banyak sekali pilihan makanan yang tersedia. 

Mulai dari sekarang cobalah untuk hindari makan sampai kekenyangan ya, Takaiters!

4. Lingkungan Sosial yang Sehat

Foto: Pexels.com

Resep panjang umur berikutnya adalah lingkungan sosial yang sehat. Jika kamu ingin panjang umur maka kamu dapat memulainya dari lingkungan sosialmu. Misalnya saja lingkungan pertemanan yang dekat dengan dirimu. 

Mereka yang berumur panjang memiliki lingkungan sosial yang mengusung kebiasaan sehat. Kebiasaan sehat ini dalam artian cara bergaul, gaya hidup dan lain sebagainya, ya. 

Contohnya adalah lingkungan sosial yang menghindari minuman keras atau tidur terlalu larut. Dengan lingkungan seperti ini maka kebiasaan hidup kamu juga akan terpengaruh menjadi sehat pula. 

5. Hubungan yang Dekat Bersama Keluarga

Foto: Pexels.com

Dari penelitian ini juga diungkapkan bahwa salah satu resep umur panjang adalah dengan menjalin keeratan hubungan di dalam keluarga. 

Coba kamu ingat-ingat lagi, seberapa dekat hubungan kamu bersama keluarga? 

Bagaimana interaksi yang terjalin baik dengan orang tua, kakak atau adik, paman dan tante dan keluarga besar lainnya? Memang tidak semua orang mampu dekat dengan seluruh anggota keluarga. Namun jika kamu mencoba, kamu dapat memulai dari seseorang yang paling dekat dahulu. 

Jika dengan anggota keluarga tersebut kamu bisa menjalin hubungan yang erat, maka kamu dapat melakukannya juga dengan anggota keluarga yang lain. 

Resep panjang umur ternyata bukanlah hal-hal mewah dan besar. Karena jika kamu ingin berumur panjang maka kamu cukup melakukan hal-hal sederhana ini. 

Selamat mencoba, Takaiters!

Panjang umur dan bahagia selalu ya!