Hai, Takaiters!

Di musim pandemi ini, kita terlalu banyak menghabiskan waktu bermalas-malasan di kasur sambil mendengarkan musik. Selera musik pun bermacam-macam, mulai dari musik pop Indonesia tahun 2000-an, sampai soundtrack drama dan grup band Korea, nah sekarang saya lagi jatuh cinta dengan musik Broadway.

Apa itu Broadway? Broadway yaitu teater pertunjukan drama musikal yang paling terkenal di Amerika. Kebetulan saat sedang menjelajahi youtube, saya menemukan salah satu video rekomendasi musik Broadway.

Karena penasaran, saya mencoba mendengarkannya dan langsung jatuh cinta, jadi saya ingin berbagi beberapa daftar playlist soundtrack album Broadway.

Berikut 5 rekomendasi soundtrack musik Broadway terbaik menurut versi saya, Takaiters!

1. Hamilton

 

Di urutan paling atas ada Hamilton, musikal tahun 2015 ini bercerita tentang tokoh sejarah Amerika Serikat Alexander Hamilton. Penulis musik dan lirik juga naskah di musikal ini adalah Lin-Manuel Miranda, dia juga memainkan peran utama sebagai Hamilton.

Hampir tidak ada satupun lagu yang saya tidak suka di album ini, apalagi saya jatuh cinta dengan suara Les Odom Jr. yang sexy dan merdu. Lagu di album Hamilton ini kebanyakan bergenre hip hop tapi ada juga genre lainnya seperti soul dan pop. Album soundtrack Hamilton merupakan album yang paling banyak terjual di tahun 2015, dan juga menduduki urutan pertama Billboard di tahun yang sama.

2. Wicked

 

Pada urutan kedua yaitu Wicked, musikal ini berdasarkan novel Wicked: The Life and Times of the Wicked Witch of the West karya Gregory Maguire. Musik dan lirik diciptakan oleh Stephen Schwartz. Album soundtrack ini dirilis bulan Desember tahun 2003.

Dengan pemeran utamanya yaitu Idina Menzel sebagai penyihir jahat, fakta lainnya Idina terkenal sebagai pengisi suara Elsa di film kartun Disney Frozen juga perannya di musikal Broadway ‘legenda’ Rent. Selain Idina ada juga Kristin Chenowet sebagai pemeran penyihir baik.

Wicked juga berhasil meraih penghargaan Grammy untuk album musikal terbaik di tahun 2005. Lagu favorit saya ada No One Mourns the Wicked, What Is This Feeling? , Dancing Through Life, Popular, Defying Gravity, dan For Good.

3. If/Then

Di urutan ketiga ada musikal If/Then, diperankan juga oleh Idina Menzel. Lagu-lagu dari musikal ini diciptakan oleh Tom Kitt. Mungkin musikal ini tidak sesukses dua musikal yang di atas, tapi soundtracknya tidak kalah bagus, apalagi saya suka dengan suara Idina Menzel di lagu What the F**k? dan I Hate you.

Di lagu tersebut saya bisa merasakan emosinya dari suaranya. Selain dua lagu itu ada What If?, Surprise, This Day / Walking by a Wedding, The Moment Explodes yang juga favorit saya.

4. Finding Neverland

Peringkat keempat ada musikal Finding Neverland yang terinspirasi dari cerita Peter Pan. Untuk musik dan liriknya ditulis oleh Gary Barlow, Eliot Kennedy, dan Scott Frankel. Di tahun 2015 album soundtrack Finding Neverland rilis dan debut di urutan 114 US Billboard 200 juga urutan pertama di Billboard Cast Albums chart. Lagu favorit saya di musikal ini yaitu All of London is Here Tonight, Sylvia’s Lullaby, Circus of Your Mind dan Neverland” (Reprise).

5. Frozen : The Broadway Musical

Di urutan kelima yaitu Frozen, ada yang tau kalau Frozen juga diangkat jadi musikal? Untuk soundtrack musikal ini ditulis oleh pencipta asli lagu di film Frozen, yaitu pasangan suami istri Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez. Dan penulis naskahnya yaitu Jennifer Lee, yang merupakan penulis sama yang menciptakan film kartun Disney Frozen.

Di musikal ini ada beberapa lagu yang tidak dimunculkan di film aslinya, misalnya Vuelie” / “Let the Sun Shine On, A Little Bit of You, Hans of the Southern Isles, Dangerous to Dream, What Do You Know About Love?, Monster, True Love, Colder by the Minute, When Everything Falls Apart dan tambahan lagu baru I can’t lose you.

Sayangnya pengisi suara asli di film kartun Frozen tidak mengambil peran di musikal ini. Album Frozen The Original Broadway Cast ini rilis pada tahun 2018.

Sebenarnya masih banyak lagi album soundtrack musikal Broadway yang ingin saya rekomendasikan selain lima yang di atas, misalnya His story the musical, Little shop of horrors, Rent, Nevermore, The last ship, Les Miserables, Little women, Anastasia, The phantom of the opera, Jekyll and hyde, Next to normal, The hunchback of notre dame, Legally Blonde, dll.

Sampai sekarang saya juga masih berpetualang mencari lagu-lagu musikal Broadway lainnya untuk menambah daftar playlist saya, jadi para pencinta musik, jangan sampai melewatkan lagu bergenre musikal Broadway ini ya! Sayang sekali kalau masih ada yang belum mendengarkan.

Itulah 5 rekomendasi soundtrack musik Broadway terbaik menurut saya. Bagaimana, Takaiters? Penasaran? Langsung dengar musiknya ya.