Aloha, Takaiters!

Jalan-jalan sekaligus menambah pundi-pundi rupiah bukan hal yang mustahil. Di era serba digital seperti sekarang ini, informasi yang selalu update dan terkini berpotensi menjadi viral. Tinggal siapkan peralatan ‘perang’nya seperti laptop, kamera, ponsel pintar, koneksi internet tak terbatas daaaan … voila, kelima profesi ini bisa dilakukan sambil liburan.

Yuk, kita simak profesi apa saja yang dapat menambah penghasilan walaupun sambil berlibur!

1. Travel Blogger

Foto: pexels.com

Suka mengunjungi tempat di dalam dan luar negeri? Tuangkan pengalaman kamu ke dalam tulisan dan pos di blog pribadi sehingga banyak orang yang akan terinspirasi dan mulai mengikuti jejakmu. Buatlah dalam gaya bahasa story telling sehingga pengunjung betah berlama-lama membaca tulisanmu. Sertakan juga gambar kece hasil jepretan sendiri atau vlog sebagai penunjang cerita.

Ulas pelayanan dan fasilitas hotel atau restoran yang dikunjungi selama perjalanan. Semakin banyak pengunjung melihat blogmu, semakin banyak tawaran endorsemen yang akan datang.

2. Jasa Titip (Jastip)

Foto: pexels.com

Suka jalan-jalan sambil belanja? Kesempatan untuk kamu membuka jasa titipan. Pastikan calon pembeli membayar setengah harga sebagai tanda jadi untuk menghindari pembatalan. Kalau ada kesempatan berbelanja dari hasil jasa titipan, kenapa enggak?

3. Pemandu Wisata

Foto: pexels.com

Suka mengunjungi tempat wisata yang sama berkali-kali? Kenapa tidak jadi pemandu wisata saja? Susun itinerari dari awal perjalanan hingga akhir. Lumayan, kan untuk tambahan biaya destinasi liburan berikutnya.

4. Penulis Buku Travel

Foto: pexels.com

Kumpulkan kisah perjalananmu yang terserak di media sosial atau blog pribadi. Buatlah outline dan sinopsis terkait naskah yang telah dikumpulkan. Kirimkan ke penerbit untuk dijadikan buku dengan nama kamu sebagai penulisnya. Wih, kereen ‘kan?

5. Fotografer

Foto: pexels.com

Punya koleksi foto tempat kece hingga ratusan? Jadikan portofolio saja. Buat blog khusus fotografi dan beri tahu kalau Takaiters menerima juga jasa foto perkawinan di tempat-tempat wisata kece tersebut.

6. Kontributor Media Online

Foto: pexels.com

Kalau mau cepat menghasilkan, jadilah kontributor media travel online. Jalan-jalan sambil meliput, kenapa enggak? Buatlah artikel liputan perjalanan lengkap dengan itinerari, foto, dan tips bepergian kece ala Takaiters. Kirim langsung dari lokasi wisata menggunakan bisa berupa artikel atau vlog. Liputan yang masih hangat serta terkini berpotensi dilirik editor.

Ternyata banyak juga ya peluang menghasilkan rupiah dari acara liburan kita. Yuk, Takaiters, jangan sia-siakan kesempatan, maksimalkan peluang yang ada!