Halo, Takaiters!

Ah, Cuma menulis, sih, gampang! Demikian beberapa orang berpendapat tentang profesi penulis baik itu purnawaktu maupun paruh waktu. Untuk menjadi penulis artikel andal, kamu wajib selalu meng-upgrade¬†keterampilan menulis. Selain juga memperkaya referensi melalui bacaan-bacaan “kaya gizi”.

Profesi penulis artikel freelance kini makin menggeliat dan digandungi, lho, guys. Tetapi sebelum terjun jadi penulis artikel freelance, alangkah baiknya melakukan beberapa persiapan seperti berikut ini.

Mengasah Keterampilan Menulis

Persiapan pertama tampaknya klise, ya, guys. Tapi langkah ini penting bagi kamu yang hendak menjajal dunia penulis artikel freelance. Kamu harus tekun mengasah keterampilan merangkai kata-kata. Beberapa cara yang dapat dilakukan ialah dengan mengikuti aneka tantangan menulis yang berseliweran di media sosial atau rajin mengisi blog pribadi. Bila kamu merasa tulisanmu sudah layak untuk menghiasi media online maupun cetak, kamu bisa naik kelas dan mencoba mengirimkan karyamu ke media-media tersebut, guys. Kalau beruntung dan memang layak terbit, kamu bakal mendapatkan honor, lho.

Memperbanyak Referensi

Makin banyak referensi yang dipunyai, maka kian kaya juga kosa kata serta penguasaan tema seorang penulis. Yups, artikel khususnya untuk media online, mempunyai beragam tema yang bisa dipilih untuk kamu tulis, guys. Sehingga sangat penting update informasi terbaru dan memperkaya bacaan bermacam tema.

Spesialisasi Tulisan

Penting bagi kamu memiliki spesialisasi tulisan, misalnya lebih banyak menulis tema parenting dan rumah tangga, atau lifestyle serta hiburan. Ini bukan berarti mengesampingkan tema lainnya ya, guys. Sesekali kamu boleh mengambil tema tulisan lain, selagi mampu dan dapat dipertanggung jawabkan.

Keuntungan bagi kamu yang memiliki spesialisasi tulisan, tentu akan lebih dilirik klien. Hal ini dikarenakan klien yang hendak memakai jasamu pasti berpendapat kamu sudah mahir, familier, punya pengetahuan lebih, dan memiliki kemampuan yang baik dalam menulis topik tersebut.

Memperluas Jaringan Pertemanan

Jangan dikira jaringan pertemanan yang luas tidak penting bagi seorang penulis, guys. Ketika hendak menjual jasa sebagai penulis artikel freelance, tentunya kamu akan mencari target pasar yang tepat. Mereka adalah orang-orang yang berpotensi menggunakan jasamu. Dengan mempunyai jaringan pertemanan yang kuat, peluangmu pun lebih besar dalam mendapatkan lebih banyak klien.

Ciptakan Branding

Orang tidak akan tahu kamu penulis, bila dirimu tidak menciptakan branding. Cara termudah yang bisa dilakukan ialah dengan senantiasa memposting karya, hingga update status berupa tulisan di beranda media sosial. Promosikan diri. Buat orang lain mengenalmu sebagai penulis andal, maka namamu pun akan kian diperhitungkan para klien tidak terduga.

Di samping membutuhkan konsistensi, seorang penulis pun perlu ketekunan dalam berkarya. Terlabih apabila kamu ingin menjadi penulis artikel freelance yang notabene salah satu profesi yang sedang melesat saat ini. Persiapkan diri agar bisa menang di tengah persaingan, ya.