Hai, Takaiters!

Selain menganggu penampilan, telapak kaki yang pecah-pecah akan membuatmu merasa tidak nyaman. Karena seluruh aktivitas menggunakan kaki, maka akan menjadi terasa aneh jika telapak kaki kasar, kering, nyeri, perih, dan pecah-pecah.

Oleh karena itu sebaiknya kamu segera mengatasi permasalahan telapak kaki pecah-pecah ini menggunakan pengobatan secara alami. Sehingga telapak kaki akan menjadi lembab dan sel kulit mati pun akan terkelupas. Selain itu  obat yang alami juga dipercaya dapat menghentikan peradangan lho! Seperti beberapa obat alami telapak kaki berikut ini, Takaiters, check it out!

  1. Garam

obat alami telapak kaki
Foto:Pixabay.com

Garam termasuk salah satu obat alami untuk telapak kaki pecah-pecah. Bumbu dapur yang satu ini akan menjaga kelembapan telapak kaki. Selain itu garam juga dapat membantu melancaran peredaran darah di telapak kaki dengan alami.

Caranya sangat mudah! Cukup campurkan setengah cangkir garam dengan air hangat ke dalam baskom. Kemudian, jadikan baskom tersebut sebagai tempat merendam kaki.  Lakukan perendaman kaki selama kurang lebih sepuluh menit.

Kamu juga bisa menggunakan batu apung untuk menggosok bagian telapak kaki tersebut dan merendamnya kembali selama sepuluh menit. Setelah itu kamu harus mengeringkannya dan gunakanlah pelembab untuk mengunci kelembapannya.

  1. Madu

obat alami telapak kaki sakit saat bangun tidur
Foto: Pixabay.com

Madu tidak hanya bermanfaat dalam aspek kesehatan saja, tetapi madu juga cocok untuk kecantikan. Madu juga sangat efektif untuk mengobati telapak kaki pecah-pecah. Kamu bisa mengoleskan madu pada bagian telapak kaki yang pecah-pecah secara merata hingga ke sudut pecahannya.

Meskipun ada sedikit rasa perih, tetapi hal tersebut tidak akan bertahan lama. Dengan begitu maka madu akan membantu melembapkan kulit telapak kakimu yang kering.

  1. Pisang

obat alami telapak kaki pecah pecah
Foto:Pixabay.com

Ternyata pisang bisa digunakan sebagai obat alami telapak kaki pecah-pecah lho! Pastikan untuk menggunakan pisang yang sudah matang, sebab sifat pelembap pada pisang dapat membantu melembapkan kulit telapak kaki secara alami.

Cara penggunaannya cukup mudah. Siapkan pisang yang sudah matang, lalu hancurkan hingga menjadi adonan berbentuk pasta. Kemudian, bersihkanlah telapak kakimu dan oleskan pasta pisang pada bagian yang kering dan pecah-pecah. Biarkan telapak kakimu terbalut pasta pisang selama kurang lebi lima belas menit sehingga kulit dapat menyerapnya dengan baik.

Setelah itu kamu bisa mencuci telapak kaki menggunakan air hangat dan kembali merendamnya dalam air dingin selama sepuluh menit. Lakukan hal tersebut hingga beberapa kali dalam seminggu.

  1. Alpukat

obat alami telapak kaki sakit
Foto:bobo.grid.id

Buah alpukat juga baik untuk memberikan kelembapan kulit telapak kaki.  Hal tersebut dikarenakan buah alpukat memiliki banyak mineral dan vitamin yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kering, kasar, kusam, dan pecah-pecah.

Caranya dengan menghaluskan buah alpukat, lalu balurkan pada telapak kaki yang pecah-pecah. Oleskan sambil pijat lembut pada area kaki hingga merata. Bilaslah menggunakan air bersih setelah beberapa menit.

  1. Jeruk nipis

obat alami telapak kaki berlubang
Foto:Pixabay.com

Jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat alami untuk telapak kaki yang pecah-pecah. Jeruk nipis dapat membantu mengembalikan telapak kaki yang kasar dan pecah-pecah menjadi halus. Pemakaian jeruk nipis memang dapat menyebabkan rasa perih pada kamu yang memiliki kulit sensitif.

Cara penggunaannya juga terbilang cukup gampang! Siapkan 1-2 buah jeruk nipis tua, lalu belah masing-masing menjadi dua bagian. Kemudian, gosokkan bagian dalam jeruk secara langsung ke bagian kulit telapak kaki yang pecah-pecah. Kamu bisa melakukannya dengan rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Itulah beberapa obat alami telapak kaki pecah-pecah yang dapat Takaiters terapkan. Selamat mencoba.