1. Hai, Takaiters!

Virus corona masih menjadi momok yang menakutkan saat ini. Virus ini mengancam jiwa baik tua maupun muda. Menghadapi masalah ini pemerintah menganjurkan masyarakat untuk melakukan gerakan 3 M yaitu, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Namun jangan lupa selain 3 M tersebut, Takaiters juga harus menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu yang diserang oleh virus Corona ini adalah organ paru-paru maka kesehatannya harus dijaga. Agar paru-paru menjadi sehat perlu mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Berikut lima asupan nutrisi yang baik untuk kesehatan paru-paru, dikutip dari healthy.com yaitu:

1. Labu

Nutrisi kesehatan paru-paru manusia
Foto: pixabay.com

Labu parang atau labu kuning kaya akan Kandungan Beta karoten, karotenoid, lutein, zeaxanthin, Unsur ini sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Dalam sebuah studi menjelaskan Jika seseorang Memiliki karotenoid tinggi dalam darah maka akan berpengaruh baik pada kesehatan paru-parunya.

Bahkan bagi perokok dianjurkan untuk banyak mengonsumsi labu parang atau labu kuning ini

2. Buah bit

kesehatan paru paru dan jantung
Foto: pexels.com

Bit buah berwarna merah keunguan mengandung kadar nitrat yang tinggi. Kadar nitrat yang tinggi dapat meningkatkan oksigen dalam darah sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru.

Sejak tahun 2016 pasien chronic obstructive pulmonary disease (COPD) diberikan jus bit 140 ml sekali sepekan selama dua bulan sebagai pengobatannya. Dengan demikian berbagai gejala penyakit paru-paru pada pasien seperti susah bernapas, dan kelelahan dapat berkurang. Penyakit chronic obstructive pulmonary disease disebabkan oleh, rokok, paparan zat kimia, debu.

3. Bawang putih

menjaga kesehatan paru paru
Foto: pexels.com

Seorang ahli onkologi dan perawatan paliatif di Detroit, Michingan, Adil Akhtar, MD, menjelaskan jika bawang putih mengandung anti inflamasi yang dapat mengurangi masalah pada paru-paru akibat radikal bebas.

Mengonsumsi bawang putih mentah selain dapat mengatasi masalah paru-paru akibat radikal bebas dapat juga mengurangi risiko kanker paru-paru.

4. Apel dan tomat

poster kesehatan paru paru
Foto: Pexels.com

Selain bawang putih, apel serta tomat sebagai sumber nutrisi untuk menyehatkan paru-para seperti yang dijelaskan oleh Adil Akhtar, MD, seorang ahli ontologi dan paliatif. Dari penyelidikkan yang dilakukan, apel dan tomat sangat baik untuk mengatasi paru-paru para perokok.

Apel dan tomat mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat melindungi paru-paru dari efek berbahaya polutan atmosfer dan asap rokok.

5. Teh hijau

Nutrisi kesehatan paru-paru
Foto: pexels.com

Pneumonia adalah penyakit radang paru-paru yang disebabkan infeksi pada paru akibat bakteri, virus, atau jamur. Dilansir dari Reuters cara mudah agar terhindar dari pneumonia adalah dengan rajin mengonsumsi teh hijau.

Pasalnya teh hijau mengandung senyawa epigallocatechin gall yang mampu menghancurkan dan menghambat virus dan mikroorganisme.

Takaiters, paru-paru merupakan jendela bagi pernapasan kita. Rawat dan pelihara paru-paru dengan tidak merokok dan menghirup asap dari rokok tersebut.

Dan jangan lupa untuk mengonsumsi asupan nutrisi yang dapat menyehatkan paru-paru. Terutama dalam menghadapi Corona yang sedang mewabah saat ini. Nutrisi kesehatan paru-paru penting, ya, Takaiters!