Hai, Takaiters!

Tahun ini menjadi tahun yang paling menguntungkan bagi Timnas Italia. Pasalnya Italia berhasil menjuarai piala Eropa 2020. Setelah terkahir kali mengangkat di tahun 1968. Sempat dua kali mengikuti semi final dan berakhir dengan kegagalan. Di tahun  ini Italia berhasil menunjukan permainannya dengan berhasil meraih gelar juara.

Dengan raihan tersebut tentunya menambah koleksi piala dari timnas Italia sendiri. Selain Timnas Italia ada juga negara yang mengoleksi juara piala Eropa terbanyak. Siapa sajakah mereka? Berikut ini ulasanya:

1. Jerman

gelar juara piala eropa terbanyak
Foto: bola.net

Jerman yang dulunya dikenal dengan Jerman Barat berhasil meraih 3 gelar juara piala Eropa. Raihan tersebut membuatnya menjadi negara denga juara piala Eropa terbanyak di benua biru. Jerman juga pernah tampil sebagai runner up piala Eropa sebanyak 2 kali.

Jerman yang dihuni pemain-pemain kelas atas dan memiliki skill yang mumpuni membuatnya menjadi andalan seriap juara piala Eropa berlangsung. Pada tahun 2016 Jerman juga berhasil memenangkan piala dunia. Yang mana pada saat Brazil sebagai tuan rumahnya. Jerman mampu menaklukan Argentina 1-0 dan berhasil membawa pulang trofi piala dunia.

2. Spanyol

juara piala dunia antarklub terbanyak
Foto: tribunnews.com

Negara penghasil pemain berbakat ini memang secara kualitas tidak usah diragukan lagi. Memiliki komposisi pemain yang mumpuni membuat spanyol berhasil mempersembahkan 3 gelar juara piala Eropa. Perolehan tersebut terjadi pada tahun 1964, 2008, 2012.

Spanyol juga menjadi negara pertama yang berhasil menjuarai piala Eropa dua kali berturut turut yaitu pada tahun 2008 dan 2012. Pada piala Eropa 2020 ini Spanyol harus berpuas diri karena tidak bisa melanjutkan ke final setelah dikalahkan Italia pada adu pinalti dengan skor 4-2.

3. Italia

juara piala dunia klub terbanyak
Foto: kompas.com

Italia baru saja memenangkan piala Eropa tahun ini. Italia berhasil setelah mengalahkan Inggris pada final kemarin. Pertarungan kedua tim sangat sengit sekali. Pada babak pertama Timnas Inggris berhasil membobol gawang dari Italia lewat tendangan Luke Shaw. Akibatnya Italia tertinggal 1-0.

Namun pada babak kedua Italia berhasil menyeimbangkan kedudukan dengan mencetak 1 gol lewat Leonardo Bonnuci sehingga kedudukan berubah jadi 1-1. Sampai pada babak kedua berakhir tidak ada perubahan skor. Pertandingan dilanjutakan pada babak perpanjangan waktu namun hasilnya masih tetap sama.

Kemudian pertandingan dilanjutkan dengan adu pinalti. Di momen inilah Italia berhasil keluar sebagi juara setelah mengalahkan Inggris adu pinalti dengan skor 3-2. Raihan ini membuat publik Italia bersorak gembira. Italia terakhir kali juara pada tahun 1968. Dengan torehan tersebut Italia berhasil mengoleksi 2 gelar piala Eropa.

4. Perancis

deretan juara piala eropa
Foto: bola.net

Negara dengan ibu kota Paris ini berhasil memenangkan piala eropa sebanyak 2 kali. Gelar tersebut dicapai pada tahun 1984 dan 2000. Perancis yang dihuni pemain muda berbakat mampu membius penonton di setiap pertandingannya.

Terbukti pada piala dunia 2018 Prancis berhasil keluar sebgai juara pada turnamen akbar empat tahunan tersebut. Pada piala Eropa tahun ini Perancis belum mampu menunjukan permainan terbaiknya.

5. Portugal

Foto: detik.com

Pada piala Eropa 2016, Portugal yang diperkuat oleh Cristiano Ronaldo mampu mempersembahkan gelar juara untuk pertama kalinya. Portugal pernah tampil sebagai runner up sebanyak 1 kali. Raihan tersebut membuat Portugal menjadi negara dengan jumlah piala Eropa terbanyak.

Berikut tadi ulasan mengenai negara dengan juara piala Eropa terbanyak. Turnamen 4 tahunan ini memang layak ditunggu-tunggu oleh pecinta bola.

Pasalnya setiap turnamen tersebut berlangsung ada saja kejutan yang tidak disangka-sangka. Tak ayal hal ini membuat kita sedikit terkejut. Untuk itu mari kita lihat kejutan apa yang terjadi di turnamen berikutnya.