Loha, Takaiters!

Di abad ke-11, agama Islam mulai masuk ke Indonesia melalui para pedagang dari Gujarat, India. Penyebarannya di Wilayah Indonesia terjadi seiring meningkatnya perdagangan antar pulau. Sampai pada akhir abad ke-16, penduduk Indonesia mayoritas memeluk agama Islam.

Salah satu bukti bahwa Islam berkembang di masa itu adalah banyaknya masjid yang ditemukan di seluruh Indonesia, termasuk di pulau Jawa. Meskipun sudah berusia ratusan tahun, tetapi tetap berdiri kokoh dan megah, tidak lekang dimakan waktu. Nah, Guys buat kamu yang ingin menyusuri penyebaran agama Islam di pulau Jawa, bisa dengan berwisata religi dengan mengunjungi masjid bersejarah berikut.

1. Masjid Agung Demak

Foto: pesona.travel

Masjid Agung Demak terletak di Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Kabarnya, masjid ini menjadi tempat pertemuan para Walisongo. Pendiri Masjid Agung Demak adalah Raden Patah, dibangun sekitar tahun 1401 Saka. Di sebelah masjid terdapat komplek pemakaman para raja-raja Demak termasuk Raden Patah yang merupakan raja pertama di kerjaan Demak.

2. Masjid Sunan Ampel

Foto: republika.co.id

Masjid yang terkenal dengan sebutan Masjid Ampel terletak di Surabaya, Jawa Timur. Pendiri masjid Sunan Ampel adalah salah seorang Walisongo yang ikut menyebarkan ajaran Islam di pulau Jawa. Masjid yang bersejarah ini didirikan pada tahun 1421. Sayyid Muhammad ‘Ali Rahmatullah (Raden Rahmat) wafat pada tahun 1481 di Demak dan dimakamkan di sebelah barat Masjid Ampel, Surabaya.

3. Masjid Menara Kudus

Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Masjid Menara Kudus terletak di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Di bangun pada tahun 1549 Masehi atau 956 Hijriah. Pendiri adalah salah seorang Walisongo yaitu Sunan Kudus. Uniknya masjid ini memadukan konsep budaya Islam dengan budaya Hindu-Budha. Di masjid ini juga terdapat menara yang bangunannya mirip dengan bangunan candi agama Hindu dan Budha. Sisi barat kompleks masjid terdapat makam Sunan Kudus.

4. Masjid Agung Banten

Foto: idntimes.com

Masjid Agung Banten dibangun tahun 1556 oleh Sultan Maulana Hasanuddin. Beliau adalah sultan pertama dari kesultanan Banten dan putra dari Sunan Gunung Jati. Masjid Agung Banten terletak sekitar 10 km dari kota Serang, Banten. Sama seperti yang lain, dalam komplek masjid juga terdapat makam para Sultan Banten dan keluarganya.

5. Masjid Mantingan

Foto: gontornews.com

Masjid Mantingan di bangun tahun 1481 Saka atau 1559 Masehi oleh Ratu Kalinyamat. Masjid ini terletak di desa Mantingan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dahulu, Masjid Mantingan menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam di pesisir utara pulau Jawa. Masjid ini juga masjid terpenting ke dua di kesultanan Demak, setelah Masjid Agung Demak. Di sekitar masjid juga terdapat makam Sultan Hadlirin (Sultan Mantingan) dan istrinya Ratu Kalinyamat.

Nah, Guys, inilah beberapa masjid tua yang bersejarah di Tanah Jawa. Cocok sekali untuk kamu yang ingin mengisi waktu dengan wisata religi di bulan depan. Semoga bermanfaat.