Hai, Takaiters!!

Tak kenal maka tak tahu. Begitulah kiranya istilah yang tepat untuk orang yang tidak saling mengenal termasuk di media sosial. Apalagi di era modern ini, semua orang bisa kita temui melalui media sosial.

Namun diantara hiruk pikuk media sosial, kualitas diri memiliki nilai dan harga yang tinggi baik untuk kepentingan pribadi, bisnis dan lainnya. Maka tak heran apabila belakangan ini kita tak asing lagi dengan istilah personal branding.

Sebenarnya apa itu personal branding? Personal branding adalah sebuah kegiatan mempromosikan diri beserta karier atau pencapaian diri melalui citra yang dibentuk untuk khalayak umum.

Ada beberapa manfaat personal branding yang bisa kamu dapatkan. Yuk, simak, Takaiters!

  1. Menunjukkan Eksistensi Kamu di Media Sosial

manfaat personal branding yaitu
Foto: Pixabay.com

Namanya saja media sosial, pasti berkaitan dengan banyak orang. Dari sini kamu bisa memberi tahu keberadaan kamu kepada mereka.

Dengan postingan-postinganmu kamu bisa mempromosikan diri dan menunjukkan eksistensimu di media sosial. Kamu bisa dikenal sebagai pribadi yang ceria, mencintai anak-anak, penyayang binatang atau pribadi yang banyak akal.

  1. Mendapat Pengakuan Publik Terhadap Keahlian yang Kamu Miliki

Foto: Pexels.com

Semakin fokus kamu mem-branding diri dengan bidang yang kamu sukai, orang-orang akan mengkredibilitaskan skill atau keahlian kamu. Apalagi dalam prosesnya kamu memiliki pencapaian-pencapaian terkait dengan keahlianmu itu.

  1. Memperluas Jaringan Pertemanan dan Menambah Relasi

manfaat personal branding adalah
Foto: Pixabay.com

Melalui postingan kamu bisa menambah jaringan pertemanan dan relasimu, lho. Bukan hanya mereka yang suka dengan foto atau postinganmu saja tetapi juga bisa mempertemukan kamu dengan orang yang memiliki kesukaan atau bahkan keahlian yang sama. Dari sini kamu bisa membangun sebuah komunitas yang pastinya memiliki keasyikan yang mantap.

  1. Meningkatkan Karir atau Bisnis Kamu

manfaat membangun personal branding
Foto: freepik.com

Kemungkinan ini bisa terjadi ketika kamu fokus mambangun personal branding pada bidang yang sedang kamu tekuni. Bisa saja postinganmu dilirik oleh orang yang tertarik dengan skill atau keahlian kamu dan berminat menawarkan kerjasama denganmu.

Atau ketika kamu sedang merintis bisnis kamu akan mendapat pelanggan baru dari orang-orang yang mengikutimmu dimedia sosial. Bisa saja awalnya tertarik dengan branding dirimu malah menjadi pelanggan setiamu.

  1. Sebagai Ajang untuk Menyayangi Diri Sendiri

manfaat dari personal branding
Foto: sehatq.com

Membranding diri di media sosial pastinya kamu akan memperlihatkan apa yang ada pada dirimu, baik hobi, skill maupun daily activity-mu. Disini kamu akan lebih mengenal dirimu sendiri dengan terus mencari tahu apa yang kamu suka, apa yang kamu inginkan, dan apa yang akan kamu bagikan.

Kamu akan semakin menyayangi dirimu sendiri karena personal branding pada dasarnya mengajak dirimu sendiri untuk tetap membuat dirimu melakukan apa yang terbaik untukmu dan untuk orang-orang disekitarmu

Bagaimana Takaiters? Masih banyak manfaat personal branding di media sosial yang dapat kamu rasakan. Yang terpenting tidak perlu takut orang lain tidak akan menyukaimu. Karena setiap orang memiliki daya tarik tersendiri. Tetaplah menjadi dirimu sendiri dan sayangi dengan sepenuh hati.