Halo, Takaiters!

Sebagai manusia biasa pasti kamu pernah merasa suntuk, capek, bosan, jenuh, hingga pikiran dan mood pun ikut amburadul. Semua yang dilakukan jadi serba salah. Rutinitas sehari-hari yang tidak hanya menguras tenaga namun juga emosi membuat kamu ingin keluar sejenak untuk mengistirahatkan diri dari segala hal. Yup, kamu butuh waktu untuk me time.

Takaiters, jangan sepelekan me time karena itu akan membantu kamu memiliki hati, pikiran bahkan kehidupan yang lebih baik. Dengan me time diharapkan bisa cooling down sehingga semua energi negatif yang terkurung di diri bisa berkurang bahkan hilang.

Berikut 5 manfaat luar biasa jika kamu meluangkan waktu untuk me time.

1. Memberi kesempatan untuk memahami diri sendiri

manfaat me time
Foto: hellosehat.com

Saat berada dalam sebuah kelompok maka akan tercipta berbagai macam pendapat dan sudut pandang. Penilaian setiap orang pun berbeda. Dengan melakukan me time, yaitu dengan memilih untuk menyendiri sejenak, kamu dapat merenungkan banyak hal yang selama ini tidak terpikirkan.

Bonusnya kamu dapat mempertimbangkan lebih dalam mengenai berbagai keputusan yang akan diambil. Kamu bisa memahami kebutuhan diri sendiri, mau seperti apa dan apa yang akan dilakukan ke depannya. Terkadang inspirasi itu bisa datang saat kamu sedang menikmati semangkuk mie instan hangat di kala senja, lo.

2. Menyegarkan tubuh dan pikiran

Manfaat me time bagi karyawan
Foto: hipwee.com

Rasa jenuh dan konflik yang berasal dari kehidupan sehari-hari juga dapat membuat pikiran menjadi kusut, amarah pun berkecamuk. Dampaknya berpengaruh terhadap kemampuan dalam berpikir, mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah.

Waktu me time yang diambil berguna untuk menyegarkan pikiran karena otak terbebas dari berbagai hal yang mengganggu. Sejenak melipir dari kewajiban dan menikmati waktu untuk hang out ke mall sambil ngopi akan membuat tubuh dan pikiran terasa segar.

3. Menjadi lebih produktif

Fungsi me time
Foto: hellosehat.com

Ketika kamu merasa pikiranmu buntu dan jenuh, memaksakan diri untuk melanjutkan pekerjaan bukanlah pilihan yang tepat. Stop dan segera istirahat! Cari kegiatan yang kamu suka, seperti membaca buku, mendengarkan musik, bermain games online atau sekadar tidur siang. Mungkin kamu lelah hingga daya konsentrasi jadi menurun. Jika dipaksakan hasilnya tidak maksimal.

4. Me-recharge tenaga

Foto: sehatq.com

Setiap hari dengan kegiatan yang sama hingga kadang lupa sudah makan atau belum. Dalam kondisi seperti ini, alarm pada tubuh mengisyaratkan butuh waktu untuk me time. Cukup berendam dengan air hangat dan melakukan meditasi selama 15 menit. Dengan begitu akan menenangkan saraf, mengurangi tekanan dan kembali mengisi ulang tenaga yang sudah terkuras.

5. Menjadi lebih percaya diri

Foto: cnnindonesia.com

Pernah dengar ‘bad days can happen anytime’. Mulai dari dikejar deadline, berat badan bertambah dalam waktu singkat, serta sedang ‘ribut kecil’ dengan pasangan. Efeknya tanpa sebab yang jelas rasanya ingin menangis. Yuk, kembalikan mood dan rasa bahagia. Pergi ke salon dan lakukan perawatan diri, seperti creambath, message dan luluran, atau sekedar mengganti model rambut. Hal-hal kecil ini dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Takaiters, meluangkan waktu untuk me time bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana dan murah. Namun kamu akan merasakan dampak luar biasa. Rugi rasanya jika melewatkan berbagai manfaat yang bisa didapat dari me time hanya karena alasan tidak punya waktu. Yuk, jadwalkan segera diminggu ini!