Hallo, Takaiters!

Iduladha merupakan hari raya besar kedua bagi umat Muslim dari seluruh dunia. Setiap perayaan pasti selalu ada makanan khas yang disajikan. Kalau di Indonesia, masakan khas yang terbuat dari daging kurban adalah sate atau rendang. Lalu apa saja makana khas dari negara lain saat perayaan Iduladha ?

1. Tagine dari Maroko

Foto: ethnicspoon.com

Tagine adalah hidangan Maroko yang populer di seluruh Afrika Utara dan dinikmati selama perayaan Iduladha. Namanya diambil berdasarkan pot tempat masakan ini dimasak.  Resep super lezat ini terdiri dari rebusan yang dimasak dengan teknik slow-cooked, yang menghasilkan kuah gurih dari campuran bahan-bahan seperti ayam, daging, atau ikan yang dikukus hingga matang sempurna bersama dengan sayuran.

2. Roast Lamb Makanan Terkenal di Timur Tengah

Foto: bbc.co.uk

Domba menjadi salah satu makanan tradisional saat Iduladha. Resep ini bisa dibilang surga dunia. Dagingnya dilapisi dengan rempah-rempah dan mentega, sebelum dipanggang perlahan ke kelembutan gurih, dalam oven.

3. Nalli Nihari dari India

Foto: foodlovers.in

Dengan ciri khas masakan dari India (Delhi), makanan spesial Idul Adha yang lezat dan meleleh ini pertama kali ditemukan di dapur keluarga kerajaan Moghul. Nalli Nihari yang secara perlahan mulai terkenal di seluruh dunia adalah masakan dengan kuah daging yang dimasak dengan teknik slow cooked (terutama domba atau sapi, bersama dengan sumsum tulang) yang dihiasi dengan rempah-rempah, sayuran segar, dan daun ketumbar.

4. Maamoul dari Lebanon dan Jordan

Foto: holidayme.com

Kue tradisional Lebanon yang meleleh di mulut ini bisa mudah ditemukan di setiap rumah masyarakat Timur Tengah saat perayaan Iduladha. Ketika semua tamu telah tiba atau setelah selesai menikmati hidangan pesta Iduladha yang nikmat, saat itulah Maamoul dihidangkan. Biasanya kue ini dinikmati bersama dengan secangkir teh panas atau kopi panas. Berbentuk kubah, bola, atau kue pipih. Roti lapis ini meledak dengan isian kurma, kenari, pistachio, gula dan air mawar. Kue-kue ini disebut Maamoul di Suriah, Yordania, Lebanon, Israel, dan Palestina, tetapi dikenal sebagai Kombe di Turki selatan dan sebagai  Kahk di Mesir.

5. Bolani dari Afganistan

Foto: imgur.com

Di Afghanistan, Bolani adalah makanan populer selama Iduladha. Makanan ini terdiri dari roti pipih yang diisi dengan berbagai isian kentang dan lada hijau. Biasanya dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng untuk membuat kerak tipis, sebelum disajikan dengan yoghurt.

Na, itulah 5 makanan khas Iduladha dari beberapa negara yang bikin ngiler. Kira-kira kamu sudah pernah coba yang mana, Guys?