Hai, Takaiters!

Provinsi Sulawesi Selatan selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Salah satu kekhasan dari provinsi Sulawesi Selatan adalah kulinernya yang terkenal lezat. Kebanyakan makanan legendaris Sulawesi Selatan ini merupakan makanan berkuah yang berbahan dasar daging sapi, lho.

Karena kelezatan cita rasa kuliner tersebut beberapa diantaranya sudah tidak asing lagi bahkan bagi orang yang bukan berasal dari provinsi tersebut. Mungkin Takaiters pernah mencoba salah satunya, yuk simak 5 makanan berkuah khas Sulawesi Selatan yang berbahan dasar daging sapi dengan masing-masing keunikannya!

1. Coto Makassar

makanan berkuah khas sulawesi selatan beserta gambarnya
Foto: Instagram.com/hanhanny

Salah satu makanan yang sangat populer di seluruh penjuru Sulawesi Selatan ini berbahan dasar daging dan hati sapi. Selain itu, yang menjadikan cita rasa Coto Makassar begitu digandrungi adalah kuah tao-co yang kaya akan rempah. Ketupat merupakan opsi yang paling sempurna untuk dinikmati dengan Coto Makassar.

Fakta uniknya, Coto Makassar merupakan inspirasi dari berbagai makanan berkuah yang serupa di Nusantara, seperti soto Madura dan soto Tegal.

2. Pallubasa

makanan berkuah khas sulawesi selatan yaitu
Foto: Instagram.com/nganre_rong

Makanan berkuah berikutnya sama-sama berasal dari ibukota provinsi Sulawesi Selatan, Makassar. Tentunya berbahan dasar daging atau jeroan sapi yang direbus hingga empuk, namun ada resep tersendiri pada kuahnya yang menjadikan makanan satu ini berbeda dengan Coto Makassar.

Fakta uniknya, pallubasa dihidangkan dengan bubuhan kuning telur ayam kampung mentah dan juga taburan serundeng, lho! Wah, kebayang tidak dengan cita rasa hasil perpaduan makanan berkuah dengan kuning telur mentah? Bagi kamu yang penasaran wajib hukumnya memasukkan pallubasa sebagai bucket list makanan untuk diburu saat berkunjung ke Sulawesi Selatan!

3. Sup Konro

makanan khas sulawesi selatan beserta penjelasannya
Foto: Instagram.com/jackmagnifico

Makanan berkuah berikutnya adalah sup konro, masih bernuansakan daging sapi namun, makanan ini agak sedikit berbeda dengan coto Makassar dan pallubasa. Jika kedua makanan sebelumnya berbahan dasar daging dan jeroan sapi, sup konro berisi tetelan daging sapi dan juga iga sapi, lho! Selain itu kuah konro tidak sekental coto makassar dan pallubasa, namun bukan berarti mengurangi kelezatan kuah konro itu sendiri.

Fakta unik terletak pada cara makan konro itu sendiri, yaitu dengan menyedot isi iga sapi secara langsung maupun menggunakan media seperti pipet, bahkan beberapa kedai konro di Makassar menyediakan pipet khusus untuk menyedot isi iga sapi pada sup konro! Wah, seru juga cara makannya, ya?

4. Sop Saudara

makanan khas dari sulawesi selatan adalah
Foto: Instagram/tastyeateria

Sop Saudara juga merupakan makanan berkuah berbahan dasar daging sapi yang berasal dari kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Hampir serupa dengan coto Makassar, kuah sop saudara juga kental dan kaya akan rempah, yang membedakannya adalah selain daging sapi. Sop saudara juga berisi bihun, perkedel, paru goreng dan tambahan ikan bandeng bakar dengan sambal kacang menambah komplit kelezatan makanan yang satu ini.

Fakta uniknya terletak pada sejarah dibalik nama sop saudara, yang ternyata adalah sebuah akronim dari Saya Orang Pangkep, Saudara! Nama ini diberikan oleh penemu resep sop saudara, yaitu H. Dollahi. Wah, sangat unik ya, Takaiters!

5. Nasu Cemba

Foto: instazu.com

Makanan berkuah daging sapi selanjutnya berasal dari Enrekang, salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan. Nasu cemba hampir serupa dengan sup konro yaitu terbuat dari iga sapi yang dimasak hingga lembut.

Nasu cemba merupakan makanan yang cukup populer bukan hanya di daerah asalnya, namun juga ke seluruh penjuru Sulawesi Selatan tentu saja karena kelezatannya yang tidak perlu diragukan lagi.

Fakta unik makanan khas Sulawesi Selatan yang satu ini terletak pada bahan dasar yang tidak akan terdapat di makanan selain nasu cemba. Sesuai dengan namanya, nasu yang berarti makanan dan cemba yang merupakan tumbuhan yang biasa ditemui di pinggiran gunung di Enrekang, bentuknya serupa dengan tumbuhan meniran namun memiliki tangkai yang berduri.

Daun dari tumbuhan cemba itulah yang kemudian menjadikan kuliner khas Enrekang menjadi nikmat dan memiliki citarasa unik yang tidak akan pernah kamu rasakan pada makanan lain, lho, Takaiters!

Itulah 5 makanan berkuah yang berbahan dasar daging sapi khas provinsi Sulawesi Selatan, selain kelezatannya yang tak diragukan lagi terutama bagi pecinta daging sapi fakta-fakta unik dari tiap kuliner di atas sangat menarik, bukan, Takaiters?