Hai, Takaiters!

Sudah bukan rahasia lagi bila buah-buahan dan sayuran mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih karena sayuran hijau diketahui banyak memiliki kandungan vitamin.

Bahkan ada pula beberapa macam sayuran untuk kecantikan kulit. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya kandungan vitamin yang terdapat di dalam sayuran.

Sayuran sudah menjadi salah satu makanan yang sangat penting untuk dikonsumsi. Selain memiliki rasa yang enak sebagai bahan pangan, sayuran juga dipercaya mempunyai banyak keajaiban bagi kulit. Hal ini dikarenakan sayuran memiliki berbagai macam nutrisi yang diperlukan untuk sehari-hari.

Bukan hanya itu saja, ada jenis sayuran tertentu yang ternyata terbukti mampu meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit lho. Seperti beberapa macam sayuran berikut ini!

1. Bayam

Sayuran untuk Kecantikan Kulit
Foto: Kkolosov.com

Bukan hanya baik bagi kesehatan, sayuran hijau seperti bayam ternyata mampu menjaga kecantikan kulit. Bayam memiliki kandungan vitamin K yang baik sebagai nutrisi pembangkit tenaga untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Selain itu bayam juga memiliki berbagai antioksidan seperti vitamin A dan C yang dapat memperkuat jaringan kulit, membantu mengurangi munculnya keriput, dan juga dapat melunturkan racun dari dalam.

Adanya antioksidan alami dalam bayam juga dapat melindungi kulit sehingga warna kulitmu akan merata dan tampak bersinar. Bayam juga mempunyai kandungan seng yang dapat membantu untuk mencegah timbulnya jerawat dan membantu mengurangi adanya peradangan.

2. Wortel

sayur untuk kecantikan kulit
Foto: Pixabay.com

Wortel juga merupakan salah satu jenis sayuran terbaik untuk kecantikan kulit. Diketahui warna oranye tua pada wortel didapatkan dari beta-karoten yang berfungsi sebagai antioksidan dan akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Mangonsumsi makanan yang kaya akan beta-karoten dapat membantu menjaga kesehatan kulit sebab bersifat mencerahkan kulit.

Kandungan vitamin C pada wortel juga sangat dibutuhkan untuk memperbaiki kondisi kulit. Bahkan adanya kandungan vitamin A dari wortel akan membantu meremajakan dan memperbaiki jaringan kulit. Dengan begitu kulit untuk mendapatkan warna yang lebih bercahaya.

3. Kangkung

jus sayuran untuk kecantikan kulit
Foto: Grid.id

Tidak banyak yang tahu bila kangkung menjadi sayuran yang memiliki dampak positif untuk kesehatan kulit. Tak jauh berbeda dengan bayam, kangkung juga berperan penting untuk menjaga kecantikan kulit. Diketahui bahwa kangkung memiliki kandungan vitamin A, beta karoten, dan zat besi yang dapat merawat dan menjaga kesehatan kulit.

4. Kubis dan brokoli

Foto: Pixabay.com

Kubis juga termasuk sayuran yang menyediakan nutrisi penting untuk kulit. Sayuran yang kerap dijadikan lalapan ini mengandung banyak vitamin, seperti B6, vitamin K, dan vitamin C yang mampu mendukung dalam pembentukan kolagen untuk kulit sehat.

Sedangkan brokoli juga memiliki kandungan yang berperan penting untuk meningkatkan kesehatan kulit, meremajakan sel kulit yang mati, dan juga meningkatkan kelenturannya. Hal tersebut didapatkan oleh adanya kandungan antioksidan yang cukup melimpah, seperti vitamin A, B komples, C, E, dan juga vitamin K.

Selain itu, brokoli juga menandung asam lemak Omega 3, folat, dan kalsium yang akan berperan untuk membantu proses penyembuhan serta mengaktifkan sel kulit.

5. Pare

Foto: Pixabay/vitaminamov

Siapa sangka jika pare ternyata menjadi sayuran yang mampu menjaga kecantikan kulit. Meskipun memiliki cita rasa yang pahit, pare ternyata kaya akan antioksidan.

Selain itu terdapat provitamin A dan vitamin C yang dapat membantu dalam proses penyembuhan luka dan juga untuk kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi pare, sama halnya kamu telah berusaha untuk menjaga kecantikan kulitmu secara alami.

Sekarang kamu sudah tahu kan beberapa macam sayuran untuk kecantikan kulit? Sekarang tak ada alasan lagi untuk tidak mengonsumsi sayuran sehat ini. Mulai sekarang kamu juga dapat menambahkan sayuran dalam menu diet harianmu. Dengan begitu kamu akan mendapatkan tubuh yang sehat dan juga kulit yang cantik alami.